Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

Tips Merawat Tas Kulit Asli, Ketahui Caranya agar Tidak menyesal!

09 Aug 2016

Tas kulit sebagai salah satu perlengkapan fashion yang keberadaannya terbilang sangat penting, terutama untuk pendongkrak penampilan seorang wanita. Khusus buat kamu penggemar fanatik tas-tas yang terbuat dari bahan kulit asli, kita akan kupas tuntas tentang tas kulit dari kelebihan dan kekurangannya, serta bagaimana sih cara yang benar untuk merawat tas kulit agar tetap awet dan tahan lama. Sayang dong sudah beli mahal-mahal tapi gara-gara gak becus merawatnya jadi cepat rusak.

Kelebihan tas berbahan dasar dari kulit

Memang sudah sejak dulu, kulit di jadikan komoditi sebagai bahan dasar pembuatan berbagai aksesoris keperluan manusia. Mulai dari pakaian, sandal, sepatu, tas, aksesoris maupun barang-barang lainnya. Salah satu daya tarik jenis bahan ini, selain kuat juga terlihat lebih fashionable dan seakan 'berkelas'.

Tas ransel, tas dompet atau tas tangan wanita yang semuanya terbuat dari bahan dasar kulit tentu saja memiliki ketahanan yang sangat luar biasa, apalagi yang bahan dasarnya menggunakan kulit asli dan diproses dengan cara yang tepat.

Sangat cocok untuk digunakan dalam situasi apapun dan dimana pun. Kamu tidak usah khawatir tas kamu akan cepat rusak? Karena bahan ini lebih tahan lama jika dibandingkan dengan tas dari bahan lainnya, seperti kain, kulit sintetis atau pun bahan kanfas.

tips merawat tas kulit asli

Selain itu, tas yang terbuat dari kulit akan tetap terlihat mengkilap meski jarang dicuci. Kamu tidak perlu khawatir dengan tas ransel kulit ini, sebab meski hanya dilap saja akan seperti baru. Tidak mudah pudar, apalagi jika terbuat dari kulit asli.

Kelebihan lain dari jenis tas yang berbahan kulit adalah, tidak mudah tergores. Ketika kamu bepergian jauh ke suatu tempat, walaupun itu dengan kondisi lingkungan yang ekstrim, masih tetap aman-aman saja.

Tidak perlu khawatir bahwa tas ransel kulit ini mudah rusak. Karena kulit ini memiliki tekstur yang kuat, dan tentu saja tidak mudah tergores, bahkan mengalami sobek.

Kekurangan tas kulit

Selain memiliki seabrek kelebihan, ada juga berbagai kekurangan dari penggunaan tas jenis ini. Yang pertama adalah masalah perawatan. Tas berbahan kulit memiliki perawatan yang cukup sulit, di bandingkan jenis bahan lain.

Jika kamu mempunyai tas dengan berbahan kain, tentunya kamu bebas mencucinya jika sewaktu-waktu kondisinya sudah terlihat kotor.

Tapi lain dengan tas yang terbuat dari kulit. Karena jenis ini, tidak bisa di cuci dan terkena air. Jalan satu-satunya hanya membersihkannya dengan lap basah, kemudian menjemurnya. Atau kamu bisa memakai pembersih khusus yang diciptakan untuk tas kulit.

Selain karena masalah perawatan, kekurangan lainnya, jenis tas kulit sangat rawan dipalsukan. Jika kamu kurang teliti dalam memilih, maka kamu bisa saja mendapatkan tas kulit yang palsu (kw) meskipun penjualnya bilang bahwa tas tersebut terbuat dari kulit asli, sampai-sampai diperlihatkan aksi bakar membakar tas kulit :D

Selain hal di atas, kelemahan lainnya dari jenis tas kulit, adalah dari sisi harga. Karena mahalnya harga bahan baku, maka mau tidak mau, produsen akan mematok harga yang lumayan tinggi agar bisa mendapatkan untung dan balik modal pastinya.

Harga tas kulit memang tergolong mahal, jika dibandingkan dengan tas-tas yang terbuat dari bahan lain atau sintetis kulit sejenisnya.

Alasan paling masuk akal kenapa tas kulit bisa sangat mahal harganya, meskipun mereknya belum cukup terkenal, karena memang sangat berkualitas, kuat, awet, tahan lama dan sulit dalam proses pembuatannya.

Cara Merawat Tas Kulit

Dibalik keistimewaan tas kulit ia dikenal sangat sensitif. Tanpa melakukan perawatan yang tepat, mau semahal seasli apapun tas kulit yang kita beli akan cepat rusak begitupun dengan tas kulit sintetis.

Sebelum terlambat, ada baiknya kamu mengetahui bagaimana cara merawat tas kulit agar tetap awet, dan tahan lama meskipun sudah bertahun-tahun usianya.

Sebaiknya disimpan terpisah dengan Sarung Pembungkus (dastek)

Jika kamu punya beberapa tas kulit, sebaiknya disimpan terpisah jangan dibiarkan satu sama lain saling bersentuhan.

Misalkan dibungkus dengan dastek atau sarung pembungkus tas. Alasannya, pada tas kulit sangat mungkin terjadi warna kulit menempel, luntur dan terkena bercak warna dari tas lain. Terlebih jika tas tersebut berbahan dari kulit sintetis.

Dan fungsi lain dari dastek adalah menjaga tas dari pengaruh kelembaban udara. Yang lama kelamaan bisa membuat kulit menjadi retak dan pecah-pecah. Belum lagi terkena serangan jamur, masa iya pakai kalpanax emangnya orang :D

Menjaga agar Bentuk Tas Tidak berubah

Percaya gak percaya, tas kulit juga bisa berubah tergantung bagaimana cara kita memperlakukannya. Sesuaikanlah kebutuhan barang-barang apa saja yang ingin dimasukkan ke dalam tas dan jangan pernah dipaksakan, karena bisa merusak tekstur dan keelastisan kulit sehingga menjadi mudah melar dan pecah-pecah.

Jika sudah bosan dan tidak ingin memakainya untuk jangka waktu lama, cobalah untuk memadatkan isi tas dengan busa atau kertas Koran. Hal ini mencegah bentuk tas berubah, misalkan disimpan dalam keadaan dilipat atau tertumpuk dengan tas lain.

Gunakan Kapur Barus Ditempat Penyimpanan

Salah satu musuh bebuyutan tas kulit adalah kecoak dan kutu. Mereka sangat senang untuk bertamasya k etas kulit kita.

Sudah dapat ditebak, mereka akan menggerogotinya yang lama-kelamaan tas andalan kamu bisa jadi butut. Untuk mencegah serangan mereka gunakanlah kamper atau kapur barus disekitar tempat penyimpanan tas.

Jangan Pernah Mengoleskan Pelembab Tas Kulit secara Langsung

Fenomena salah kaprah yang masih dilakukan oleh para pemilik tas kulit, biasanya untuk perawatan tas kulit mereka langsung mengoleskan pelembab di permukaannya.

Padahal cara memakai pelembab yang benar tidak boleh langsung, harus dioleskan ke tangan atau kain terlebih dahulu sambil digosok-gosok kemudian baru mengoleskannya. Dan gunakanlah kain lain atau busa untuk mengeringkannya, jangan menggunakan kain yang sama.

cara merawat tas kulit

Jangan Menjemur Tas Kulit Terlalu Lama 

Niatnya sih baik biar tas kulit tetap kering dan mencegah lembab agar tidak mudah rusak. Untuk itu kebanyakan orang menjemur tas mereka lama-lama. Padahal paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa membuat kulit tas kering dan dampak buruknya mudah pecah-pecah dan terkelupas.

Ini juga berlaku saat kita sedang menggunakannya, misalkan jalan-jalan ke pantai atau sedang panas-panasan di atas motor.

Sebelum berangkat pergi, cobalah untuk menggunakan pelembab terlebih dahulu. Karena tas kulit asli tidak jauh berbeda dengan kulit pada tubuh kita, sangat rentan mengalami kerusakan akibat efek buruk radiasi sinar matahari.

Ok kayanya itu saja tips tentang perawatan tas kulit, kalau mau tahu lebih lengkap tanya aja langsung sama abang-abang penjual tas :D

Related Article