Uniknya Buah Anggur Brazil yang Tumbuh di Batang Pohon

Keunikan Jabuticaba, buah anggur asal Brazil. Ia tumbuh tidak lazim dan berbeda seperti tanaman anggur yang kita kenal, karena biasanya anggur merambat dengan buahnya menggantung diatas cabang atau ranting. Sedangkan buah Jabuticaba, tumbuh lebat diseluruh batang pohon, dari ujung sampai pangkalnya.

Buah anggur Jabuticaba dikenal juga dengan nama guaperu, jabuticabeira, jaboticaba, brazilian grape tree, eugenia cauliflora berg dan hipavuru.

Bentuk pohonnya mirip seperti buah jambu, memiliki banyak batang-batang tebal. Jika kita sekilas melihatnya dari kejauhan, tampak seperti sebuah pohon yang sedang dikerubutin ribuan serangga kumbang hitam.

Hasil panen buah ini sendiri berlangsung selama satu atau dua kali dalam setahun dan biasanya digunakan sebagai fermentasi minuman wine, meskipun aman juga jika kita memakannya langsung dari pohonnya.

buah anggur tumbuh di batang pohon

Habitat aslinya berada Minas Gerias dan Sao Paulo, Brazil Selatan dengan kondisi iklim tropis. Dan tak hanya disana saja kita bisa menjumpainya. Di Indonesia pun, buah anggur Jabuticaba asal Brazil ini sudah lama berhasil dibudidayakan di daerah Ponorogo, Jawa Timur.

Bentuk buahnya kecil kira-kira hanya 3 sampai 4 cm, ketika masih muda kulitnya berwarna hijau dan saat matang warnanya akan berubah menjadi ungu. Jika dikupas dagingnya berwana putih putih kemerah-merahan. Rasanya sangat nikmat, seperti buah anggur di mix dengan buah leci berpadu alpukat.

Biasanya, buah anggur ini akan diproduksi menjadi selai makanan atau sebagai bahan baku minuman wine. Dan uniknya jika pohon ini semakin bertambah tua usianya, maka buah-buah yang dihasilkan selanjutnya akan berbeda pula rasanya. Keren kan 😀

Foto Buah Anggur Brazil yang Sedang Tumbuh Lebat di Batang Pohon

buah anggur brazil

Selain nikmat untuk dijadikan santapan langsung, khasiat buah anggur Jabuticaba asal Brazil ini sudah lama dipercaya ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti anti aging alias penuaan dini, memperbaiki pencernaan perut serta kandungan anti oksidannya yang tinggi juga ampuh untuk membunuh pertumbuhan sel kanker.

Wahh Luar biasa yah sahabat kejadiananeh.com, tertarik untuk membeli buah anggur yang tumbuh di batang pohon ini, buat nyenengin hati calon mertua kamu 😀