Apakah Anjing Bisa Berkeringat dan Apa Itu Heat Stroke?

Apakah anjing bisa berkeringat? Dan bagaimana cara ia melepaskan suhu panas di tubuhnya, sementara seluruh bagian tubuhnya dipenuhi bulu tebal. Jangan kaget, kalau nyatanya masih banyak orang yang penasaran dengan jawaban tersebut, terutama orang-orang yang tidak suka memelihara hewan peliharaan di rumah.

Sahabat kejadiananeh.com, Anjing sebagai hewan karnivora alias pemakan daging akan mengeluarkan suhu panas dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan hewan herbivora seperti Jerapah, Gajah, Unta dan Kuda Nil.

Saat merasakan tubuhnya kepanasan, mereka akan mengeluarkan keringat melalui pori-pori kulitnya seperti halnya manusia. Maka tak jarang kalau kita sering melihat gajah menyiramkan air ke tubuhnya atau seperti kuda nil berendam di kubangan lumpur.

Sedangkan anjing sama seperti singa, ia akan menjulurkan lidahnya dan meneteskan banyak air liur. Tapi sedikit perbedaan bukan hanya mengeluarkan lidah saja, di bagian hidung dan telapak kaki anjing khususnya di bagian bantalan juga akan mengeluarkan sedikit ‘kelembapan’. Itulah sebabnya anjing sering meninggalkan jejak basah di lantai ubin.

Apakah Anjing Bisa Berkeringat dan Apa Itu Heat Stroke

Dan saat mengalami kondisi suhu panas ekstrim seperti habis berlari-larian atau dijemur siang terik kelamaan oleh majikan kejam. Anjing akan memperluas pembuluh darah dibagian telinga dan wajah mereka tentunya sambil mengeluarkan lidah dengan nafas berat terengah-rengah alias ngos ngosan.

Saat berada di kondisi ini, ada batas toleransi panas yang bisa diterima oleh tubuh anjing untuk penyesuaian diri. Sangat mungkin mereka bisa terkena serangan Heat Stroke, yakni kematian mendadak. Mengerikan bukan?

Fenomena Heat Stroke pada Anjing

Sahabat kejadiananeh.com, sedikit saya menjelaskan tentang fenomena heat stroke agar jangan sampai terjadi pada hewan kesayangan kamu. Tanda-tanda gejala heat stroke yang umum ditemui pada anjing adalah mengalami gusi dan lidah mereka berwarna sangat merah cerah terkadang lidah juga tidak keluar menekuk ke dalam mulut kemudian mengalami kesulitan bernafas dan terkadang muntah.

Tahap berikutnya yang lebih mengerikan akan mengalami shock, gemetaran, kejang-kejang, pingsan disertai bintik-bintik merah di kulit. Dan ending terakhir muntah darah, diare berdarah sampai kematian.

Terkadang juga serangan Heat Stroke tidak ditandai gejala-gejala seperti diatas. Untuk itu harus melakukan pemeriksaan lebih detail ke dokter hewan, agar dokter bisa melakukan diagnosa uji laboratorium seperti pemeriksaan laju endap darah (LED) dan activated coagulation time (ACT) akibat komplikasi disseminated intravascular coagulopathy (DIC) dari serangan heat stroke.

Sangat kecil kemungkinan bila anjing terkena serangan heat stroke nyawanya dapat diselamatkan. Tapi setidaknya kita bisa melakukan upaya-upaya pencegahan dan mengatasi serangan heat stroke pada anjing sebagai berikut:

anjing berkeringat

Yang pertama, jangan pernah mengajaknya bermain, latihan atau berlari-larian dibawah terik panas matahari siang bolong, terkecuali di dalam ruangan rumah (yailah keleus).

Dan yang kedua juga tak kalah penting, jangan pernah meninggalkan anjing kamu berada di dalam mobil dengan kondisi kaca tertutup, meskipun mobil sedang diparkir dibawah atap dan cuaca tidak panas. Terakhir, saat habis memandikan anjing kita dan ingin menjemurnya jangan terlalu lama, jauh lebih baik ketika pagi hari saat sinar matahari masih ‘bersahabat’.

Sebenarnya mengajak anjing berjalan-jalan di siang hari boleh saja, asalkan jangan lupa membawa sebotol air mineral. Kalau-kalau sampai terjadi gejala serangan heat stroke pada anjing kita, bisa meminimalisir mungkin sebelum membawanya ke dokter.

Caranya amankan anjing kita terlebih dahulu ke tempat yang tidak panas (kalau bisa malah ruangan ber AC atau kipas angin), berikan air minum sambil menyiram seluruh tubuhnya dengan air, direndam dalam bak juga boleh.

heat stroke pada anjing

Ingat jangan gunakan air dingin atau air es batu justru bisa menyebabkan kontraksi pada pembuluh darahnya alias hypothermia. Langkah terakhir cek suhu tubuh anjing kita dengan menggunakan temperatur khusus hewan, ituloh yang dicolokkan ke dalam anus bukan ketek, emangnya manusia hehehe.

Kalau suhu tubuh sudah menunjukkan 39,5 derajat celcius kebawah berhenti mendinginkan anjing, nanti malah masuk angin. Kemudian silahkan bawa ke dokter hewan terdekat, untuk lebih memastikan apakah serangan heat stroke sudah benar-benar aman dan tidak berbahaya lagi 😀