Foto Memilukan Betapa Air Lebih Berharga Dari Emas Berlian

Bersyukurlah bagi kita yang terlahir di Indonesia, negeri yang melimpah harta kekayaan alamnya. Meskipun terkadang tuntutan hidup membuat kita bokek berat tapi kita tidak pernah kekurangan yang namanya air. Mau mandi tinggal nyemplung, mau minum tinggal masak, pokoknya serba gratiss, Malahan seringkali kita menghambur-hamburkan air yang menjadi salah satu sumber kehidupan makhluk hidup. Keistimewaan di negeri tercinta kita ini tentu tidak dimiliki oleh setiap negara di belahan dunia lain.

Sahabat kejadiananeh.com, tahukah kamu kalau di India, Kenya, Siria, Afrika sampai negeri Ethiopia, masyarakatnya menganggap air lebih bernilai penting dan saking langkanya air jauh lebih mahal dibandingkan memiliki emas, batu berlian, dan semua harta perhiasan yang menyilaukan umat manusia di muka bumi ini.

Berikut foto-foto memilukan krisis air bersih dan kekeringan air di seluruh dunia, yang membuktikan betapa air lebih berharga daripada emas berlian

Potret Mengharukan Masyarakat Desa Allahabad di India

Mau tak mau, masyarakat desa Allahabad yang tinggal di pinggiran perkotaan Uttar Pradesh, India harus memanfaatkan air kotor bercampur limbah untuk mengisi keperluan hidup mereka sehari-hari.

Foto Memilukan Betapa Air Lebih Berharga Dari Emas Berlian

Air yang menjadi sumber vital bagi kehidupan mereka tak hanya dipakai untuk minum saja. Dari rutinitas mandi sehari-hari, mencuci pakaian sampai membersihkan hewan ternak seperti babi, kambing dan sapi juga dilakukan di tempat ini.

Dibelahan wilayah India lainnya, orang-orang juga rela mengantri panjang untuk menimba air dalam sumur yang nyaris kering. Entah sampai kapan sumur itu bisa terus memberikan harapan hidup bagi mereka.

Tak kalah memilukan dengan potret kehidupan di India. Baghdad ibu kota dari negara Irak juga mengalami krisis kekurangan air berkepanjangan. Lihatlah anak-anak kecil ini, mereka rela mengantri meski harus menutup hidungnya dan tak memperdulikan apakah air yang mereka ambil kotor dan mengandung kuman penyakit.

krisis air bersih

Warga Rohingya yang tak menyia-nyiakan kesempatan emas, karena tahu hujan begitu langka hadir dalam kehidupan mereka. Bergegas mereka mengumpulkan air hujan yang jatuh dari langit, dan bertanya dalam hati apakah hujan ini akan segera berakhir dan kapankah ia akan datang kembali untuk menyejukkan hati mereka yang remuk karena sudah tak punya tempat tinggal lagi setelah dideportasi paksa dari Myanmar.

Anak Kecil Ethiopia yang Tak Punya Kesempatan Memilih

Kalau saja anak kecil ini diberikan pilihan, tentu ia tidak akan meminum air keruh berwarna cokelat tersebut. Tapi apa daya, seakan tidak ada pilihan lagi. Ia pun tahu air ini kotor dan bisa berdampak buruk pada kesehatannya. Tragis memang, tapi itulah kenyataan hidup yang harus mereka hadapi.

Tak Kalah Menyedihkan dengan Nasib Bocah Afrika 

Mencari Sumber Air di Rel Kereta Api

Kerasnya hidup tak lagi mampu menjernihkan akal sehat Ibu ini. Baginya dimanapun air yang ia temukan adalah berkah dari Tuhan, termasuk air yang menggenang di sela-sela rel kereta api ini. Apakah kita akan berbuat seperti itu jika dalam kondisi yang sama? Jawabannya sudah pasti 😀

Harapan Terakhir Warga Siria dari Sebuah Sumur Kering

Sepertinya lebih mudah menemukan uang dibandingkan menemukan seteguk air segar. Dengan penuh kesabaran, warga Siria ini menunggu tukang sumur menggali sumber kehidupan milik mereka. Tapi raut wajah dari penggali sumur ini seakan sudah mengartikan bahwa tidak ada lagi air di sumur itu. Semua sudah kering tak ada harapan lagi!

Mandi di Air Tercemar Limbah dan Lautan Sampah

Mungkin bagi penduduk kota Kolkata di India, nasib mereka jauh lebih beruntung. Mereka bukan hanya bisa minum saja, untuk mandi pun mereka tak perlu bersusah payah. Padahal kita bisa melihat jelas, tentu tahu sumber air itu berasal dari mana. Yups, air yang bercampur limbah dan lautan sampah.

Masihkah kita belum sadar betapa air lebih berharga dari emas berlian?

kekeringan air

Stop penggunaan air berlebihan mulai dari sekarang, jangan lagi buang sampah sembarangan dan mencemari sungai, sebelum negeri tercinta kita ini mengalami krisis kekurangan air bersih dan bernasib sama seperti mereka 😀