Sensasi Berselancar di Ombak Bono Sungai Kampar

Serunya berselancar menaklukkan ombak ganas di lautan dengan ketinggian puluhan meter bagi kita mungkin sudah terlalu mainstream. Namun Bagaimana jika gelombang ombak tersebut berada di area sungai, Haa masa iya disungai ada ombak cuy? Yups, salah satunya adalah sungai Kampar yang berada di daerah Teluk Meranti, kabupaten Pelalawan – provinsi Riau.

Air di sungai kampang ini tidak ‘tenang’ dan sangat berbeda dengan sungai yang biasa kita jumpai. Malahan persis seperti berada di tengah-tengah lautan, karena bila sedang musim air pasang, ombak di sungai kampar bisa mencapai ketinggian 7 sampai 10 meter lebih dengan panjang gelombang hingga 388 meter.

sensasi berselancar di ombak bono sungai kampar

Tentu pemandangan ini bukan lagi menjadi hal yang menakutkan bagi penduduk setempat, karena banyak para wisatawan lokal dan turis asing berdatangan ingin merasakan sensasi menegangkan berselancar di atas ombak ganas bono di sungai kampar. Dengan laju kecepatan ombak yang mencapai 45 km perjam tentu tidak mudah untuk berselancar, terlebih air sungai membuat papan surfing lebih sulit digerakkan ketimbang surfing di lautan.

Foto Berselancar Ombak Bono di Sungai Kampar  (image by Barry Kusuma via kompas.com)

selancar ombak bono sungai kampar riau

Belum lagi angin kencang yang bisa melempar tubuh kita ke tebing bebatuan curam yang berada di sebelah kanan dan kiri kita. Itulah sebabnya para peselancar yang berani uji nyali di Ombak bono ini bukanlah seorang amatiran, rata-rata mereka dikenal sebagai peselancar profesional yang sudah memiliki skill dan keahlian tingkat dewa.

Asal Usul dan Legenda Ombak Bono di Sungai Kampar Riau (image by fitriiwulandarii19.wordpress.com)

ombak bono sungai kampar riau

Mengutip dari wikipedia.org, Bono adalah julukan gelombang atau ombak besar yang terjadi di muara sungai kampar kabupaten Pelalawan dan sungai Rokan Hilir, Indonesia. Sebenarnya penyebab fenomena ombak bono ini akibat terjadinya pertemuan arus sungai menuju laut serta arus laut menuju sebaliknya, sehingga menyebabkan timbulnya air pasang.

Biasanya gelombang tinggi bono berlangsung sekitar awal bulan November hingga Desember yang bisa mencapai ketinggian ombak 7 sampai 10 meter.

Konon, menurut warga setempat asal usul ombak Bono diyakini merupakan perwujudan 7 hantu yang menunggangi 7 ombak besar. Ia terkenal sering menghancurkan sampan maupun menenggelamkan kapal para nelayan sampai berkeping-keping yang berani melintasi daerah Kuala Kampar.

Surfing Ombak Bono di China

surfing ombak bono

Cerita dimulai pada era penjajahan kolonial Belanda, dahulu kapal-kapal pengangkut transportasi milik kompeni sangat sulit untuk memasuki wilayah Kuala Kampar. Katanya, 7 ombak bono ini dipercaya sebagai penjaga wilayah perkampungan mereka.

Entah benar atau tidak, sampai-sampai Kapal belanda menembak dengan meriam salah satu dari 7 ombak bono ini hingga tersisa hanya 6 saja gulungan ombak bono sampai sekarang.

Namun jika dilihat dari sudut kacamata ilmiah, fenomena Ombak Bono hanya suatu fenomena alam saja meskipun sangat langka terjadi. Penyebabnya tak lain akibat benturan tiga arus air yang bersumber dari Selat Malaka, Sungai Kampar dan Arus dari Laut Cina Selatan.

Akibat benturan antar arus tersebut itulah membuat gelombang air di muara Sungai Kampar bercampur dan menjadi ombak dahsyat setinggi 7 sampai 10 meter.

river surfing

Sahabat kejadiananeh.com, terlepas dari cerita mitos atau sudut pandang sains diatas, yang pasti berselancar menunggangi ombak bono di Sungai Kampar, tentu sangat seru dan menguji adrenalin kita, khususnya bagi kamu para peselancar ekstrim. Ingin mencoba?