Fobia Ketakutan dengan Wanita Cantik (Caligynephobia)

Ada berbagai macam fobia aneh dialami oleh manusia, dimana para penderita fobia ini akan merasakan ketakutan yang amat sangat ketika melihat sesuatu hal yang ditakutinya. Salah satu fobia yang dianggap aneh dan tak masuk akal yaitu caligynephobia, fobia ketakutan dengan wanita cantik. Dalam istilah medis kedokteran juga dikenal sebagai venustraphobia atau venustaphobia yang terkait dengan Gynophobia, perasaan horor takut wanita. Ini bukanlah lelucon apalagi hoax, karena fobia tersebut memang benar-benar ada dan tak jarang di dunia ini kaum pria yang menderita fobia caligynephobia.

Mulai dari keluhan merasa grogi berat, gemeteran saat melihat seorang wanita cantik sampai susah ngomong aa uu, keringat dingin, pengen boker di celana dan nyaris pingsan jika diajak berbicara tatap mata dengan perempuan berparas wajah cantik. Ini baru ketemu yang cantik gimana kalau diajak mojok berduaan sama cewek seksi montong, bisa langsung stroke di tempat kali hahaha seram bener udah kaya dikepung Densus 88.

Gejala dan Kondisi Pengidap Caligynephobia, Fobia Pada Wanita Cantik

Seperti pada fobia atau gangguan anxietas fobik yang lazim ditemui, rasa takut yang berlebihan akan memicu reaksi yang sangat histeris bagi sang penderita phobia jika dia melihat sesuatu yang dianggap sangat menakutkan. Begitupun fobia pria takut dengan wanita cantik caligynephobia ini diciptakan oleh pikiran pada alam bawah sadar sebagai perisai perindungan.

Penyebab dari fobia tersebut bisa berupa pengalaman kejadian buruk pada masa lalu seseorang yang berkaitan dengan seorang wanita. Pada masa lalunya tersebut mungkin pernah dilecehkan atau disakiti oleh wanita yang menyebabkan trauma psikologis mendalam pada pria penderita fobia caligynephobia.

fobia ketakutan wanita cantik

Contohnya di riwayat hidup masa lalu, pria tersebut mungkin pernah dibentak, dihina-hina karena dianggap jelek oleh seorang wanita yang menjadi idamannya. Namun kasus paling besar ditemukan, saat mereka masih anak-anak kecil, misalnya sering dimarahi oleh Ibu guru cantik saat masih bersekolah dahulu. Atau bisa juga karena sering diomeli oleh tantenya sendiri.

Dan ketika menjelang usia Abg/remaja, Para penderita fobia ini akan sangat takut dan sangat sensitif jika bertemu atau berhadapan dengan wanita cantik. Penderita fobia ini lebih memilih untuk menghindari kontak fisik, berdekatan dengan wanita, dan bahkan tidak suka untuk berada diantara kerumunan wanita cantik.

caligynephobia

Jika penderita mengalami hal-hal tesebut diatas yang dibencinya maka akan timbul gejala dari fobia ketakutan pada wanita cantik yang aneh dan tak masuk akal. Gejala-gejala yang tampak jelas terlihat jika seorang pria mengidap fobia ketakutan dengan wanita cantik (caligynephobia) diantaranya sebagai berikut.

  • Penderita akan mengalami sesak napas dan napas menjadi lebih cepat dan pendek, jika kondisi tubuh sedang lemah tak jarang penderitanya akan mengalami pingsan di tempat.
  • Detak jantung penderita tidak stabil dan tidak teratur.
  • Tubuh sang penderita fobia akan mulai gemeteran, berkeringat dingin dan akan merasakan mual-mual sampai mencret di celana.
  • Penderita akan mengalami ketakutan secara menyeluruh anatomi tubuh dari sulit berbicara, mulut seperti dibekap setan sampai pikiran tak bisa fokus, ditanya apa jawabnya apa hehehe.

Gejala-gejala yang sudah disebutkan diatas tersebut memang berbeda-beda pada tiap penderita, namun efeknya akan jelas membuat penderita tidak dapat berkonsentrasi dan benar-benar akan membuat penderita mengalami masalah yang cukup besar bila bertemu dengan wanita cantik.

Yang lebih parahnya lagi, para penderita fobia tingkat akut ini juga akan merasa terancam hidupnya, padahal hanya melihat paras wajah wanita cantik melalui TV, video, ataupun foto-foto yang tersebar di sosial media. Aneh banget bukan?

Terdengar menyedihkan memang, sebenarnya para laki-laki penderita fobia wanita cantik ini tentu menginginkan kesembuhan agar dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan normal. Tentunya ada kok beberapa cara penyembuhan dengan menjalani perawatan yang bisa dilakukan.

fobia wanita cantik

Perawatan yang dianggap efektif untuk menyembuhkan fobia aneh ini antara lain pengobatan hipnoterapi, neuro-linguistic programming (NLP), sampai dengan energy psychology untuk memastikan bahwa penderita dapat benar-benar di sembuhkan total 100 persen.

Tentunya perawatan tersebut harus dilakukan bersama dokter psikologi atau ahli terapi hipnosis yang tepat dan berkompeten di bidangnya. Dan si pria penderita fobia ketakutan dengan wanita-wanita cantik harus datang sesuai jadwal yang telah dipastikan. Karena pengobatan ini harus dilakukan secara rutin, teratur dan membutuhkan waktu yang cukup lama.