9 Fobia Paling Aneh dan Langka di Dunia

Setiap orang pasti memiliki rasa takutnya masing-masing. Ada yang takut binatang, takut ketinggian, atau takut dengan hantu. Sebenarnya tidak salah jika kita merasakan takut, yang salah adalah jika kita merasakan takut/ kecemasan berlebihan. Ketakutan yang dialami secara berlebihan oleh manusia disebut dengan fobia. Fobia paling umum yang banyak dialami oleh manusia adalah takut gelap, takut akan ketinggian ataupun dengan hewan-hewan menggelikan seperti kecoak dan cicak.

Ngomong-ngomong soal fobia, tahukah kamu kalau sekarang sudah ada beberapa fobia terbaru akibat perkembangan zaman yang semakin modern. Hal ini bisa jadi penyebabnya karena salah satu dampak gaya hidup yang negatif dan tidak sehat serta bisa juga oleh trauma psikilogis. Contohnya 9 fobia paling aneh dan langka di dunia yang sulit disembuhkan ini;

1. Anthropophobia

Anthropophobia adalah salah satu fobia yang aneh dan juga langka. Orang yang mengidap Anthropophobia ini memiliki rasa takut sosial yaitu takut terhadap orang. Pengidap fobia ini akan mencoba untuk menghindar dan menjauh sejauh mungkin dari orang-orang. Penyebab dari fobia ini bisa jadi karena trauma yang dialami saat masih kecil seperti kekerasan, di bully atau penindasan.

2. Lalophobia

Itu wajar ketika kamu merasa nervous saat maju ke depan entah itu untuk presentasi atau disuruh menjawab soal oleh Guru. Namun jadi tidak wajar ketika kamu benar-benar takut untuk bicara. Lalophobia adalah fobia dengan ketakutan untuk bicara. Orang yang mempunyai Lalophobia cenderung kesulitan saat ditengah orang banyak atau saat berada di tengah-tengah masyarakat.

fobia aneh langka

3. Urophobia

Urophobia adalah fobia akan takut untuk buang air kecil. Loh kok bisa? Buang air kecil doang kok takut? Hal ini bisa terjadi karena penderita pernah mengalami trauma saat berada di kamar mandi.

Bisa jadi karena kotornya kamar mandi atau pernah mengalami pengalaman buruk dikamarnya. Untuk menyembuhkan Urophobia, penderita bisa membuat kamar mandi yang terlihat lebih menyenangkan.

4. Somniphobia

Somniphobia juga masuk dalam daftar fobia teraneh dan paling langka di dunia. Tidur yang seharusnya merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan bisa mengistirahatkan tubuh justru malah jadi momok yang menakutkan bagi penderitanya. Somniphobia adalah ketakutan akan tidur.

Fobia ini sangat berbahaya karena dapat mengganggu kesehatan penderitanya. Penderita tidak akan pernah bisa beristirahat karena takut akan tidur.

5. Phagophobia

Selain Somnipobia, ada lagi fobia yang berbahaya bagi kesehatan yaitu Phagophobia atau takut akan makan. Walaupun fobia ini berbahaya bagi kesehatan, namun untungnya yang biasanya terjadi adalah ketakutan untuk makan makanan berat. Jadi penderita bisa mengatasi fobianya dengan makanan cemilan namun dalam jumlah banyak agar tidak kelaparan.

6. Anemophobia

Anemophobia juga merupakan fobia yang berbahaya bagi kesehatan. Orang yang mempunyai Anemophobia akan mengalami takut terhadap udara. Tentunya mereka juga akan takut untuk bernapas.

Jika tidak segera diobati maka akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan pernapasan penderitanya. Walaupun penderita masih bisa bernafas, namun penderita akan selalu dihantui oleh rasa takut akan udara yang dihirupnya.

7. Xanthophobia

Masih ada ketakutan yang aneh dan langka berikutnya yaitu Xanthophobia. Ini adalah fobia aneh karena pederita Xanthophobia memiliki ketakutan yang berlebihan dengan warna kuning. Pengidap Xanthophobia bisa pingsan jika melihat benda yang berwarna kuning. Mengapa ini bisa terjadi?

Biasanya pengidap Xanthophobia pernah mengalami trauma yang berhubungan dengan warna kuning saat kecil. Lebih jelasnya, tanya aja sendiri om 😀

Fobia Paling Aneh dan Langka di Dunia

8. Triskaidekaphobia

Ketakutan ini cenderung aneh karena berhubungan dengan takhayul. Penderitanya memiliki rasa takut yang berlebihan pada angka 13, 4 dan hal-hal berbau ghaib dan takhayul lainnya.

9. Ombrophobia

Ombrophobia adalah ketakutan terhadap air hujan. Penderita Ombrophobia bisa menjerit histeris bahkan mengalami pingsan, saat terkena hujan atau hanya diam terpaku di rumah saja saat ada hujan, padahal kan gak kena air hujan sama sekali.