3 Tempat Wisata Berenang Bersama Ubur-ubur di Indonesia

Tak perlu jauh-jauh traveling ke negeri orang kalau kita ingin merasakan sensasi unik dan berbeda. Salah satunya wisata berenang bersama ubur-ubur. Ada 3 tempat wisata di negeri kita sendiri Indonesia, dimana kita bisa menyelam di permukaan laut dengan ubur-ubur jinak tanpa perlu khawatir tersengat oleh racunnya. Danau Kakaban yang berada di Kalimantan Timur, Danau Mariona di Togean Sulawesi Tengah serta Pulau Sembilan di Flores sudah lama terkenal sebagai tempat wisata unik untuk kita sekedar berenang atau merasakan sensasi seru snorkeling bersama ribuan ubur-ubur. Yuk kita garukk satu persatu si ubur-ubur temannya sponge bob ini 😀

1. Pulau Kakaban, Kalimantan Timur (Samarinda)

Sahabat kejadiananeh.com, Jika kamu sempat jalan-jalan ke kalimantan timur di liburan akhir tahun 2016 ini, jangan sampai melewatkan tempat wisata unik yang berada di pulau Kakaban. Ada sebuah danau tempat habitat gerombolan ubur-ubur yang hidup subur disana, orang biasa menyebutnya sebagai danau Kakaban. Untuk menuju ke tempat wisata ini terlebih dahulu kita harus melewati Kepulauan Derawan kurang lebih menempuh perjalanan darat selama satu jam.

berenang bersama ubur-ubur

Banyak pemandangan alam indah yang bisa kita lihat di Danau Kakaban, dimana airnya sangat jernih berwarna biru dan dasar laut pun kita bisa melihatnya dengan jelas. Tak kalah mengagumkan dengan kejernihan airnya, kita pun akan disuguhkan dengan pemandangan pohon bakau yang mengelilingi pulau Kakaban saat berjalan dengan menggunakan tangga kayu untuk menuju tempat tersebut.

Tak perlu takut akan kelelahan karena jaraknya tidak begitu jauh, namun kita harus ekstra hati-hati terutama saat di musim hujan, karena tangganya cukup licin. Setelah sampai disana pasti kamu akan dibuat takjub melihat ribuan ubur-ubur yang berenang di permukaan danau Kakaban. Tak perlu khawatir akan terkena sengatan beracunnya, karena ubur-ubur disini sangat jinak, tidak beracun apalagi sampai menyengat tubuh kita.

Justru kitalah para turis yang datang ke tempat ini harus mematuhi aturan yang berlaku disana seperti jangan menggunakan kaki katak (fin), karena penggunaan Fin bisa membuat ubur-ubur langka ini mati tak sengaja terinjak atau tertendang saat kita asyik berenang bersama mereka. Selain itu spesies ubur-ubur di danau kakaban ini sudah termasuk langka dan hanya ada 2 tempat saja yang bisa ditemui yakni di Pulau Kakaban dan Kepulauan Palau, Mikronesia di kawasan tenggara Laut Pasifik.

Jenis ubur-ubur langka ini tidak akan dapat ditemukan lagi di negara lain yakni ubur-ubur bulan (Aurelia Aurita) dan ubur-ubur terbalik (Cassiopeia Ornata) yang jumlah mereka sangat sedikit dan hampir punah di seluruh dunia, untuk itu wajib kita turut melestarikan bersama-sama.

2. Surga Ubur-ubur di Danau Mariona Sulawesi Tengah (Kota Palu)

Tak seperti Danau Kakaban yang sudah ramai dikunjungi para turis lokal dan mancanegara. Tempat wisata menyelam dengan ubur-ubur tak bersengat di Danau Mariona ini sangatlah sepi seakan tidak pernah terjamah oleh manusia. Mungkin karena kurangnya informasi ataupun promosi dari pemerintah daerah setempat.

Padahal Danau Mariona ini sangat pantas direkomendasikan sebagai salah satu tujuan wisata paling unik untuk para wisatawan. Danau ubur-ubur Kakaban ini berlokasi di Togean, kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah (Kota Palu).

menyelam dengan ubur ubur

Namun akses jalannya sedikit membutuhkan perjuangan, harus menggunakan perahu itupun bisa mengalami kendala, dan memaksa para wisatawan untuk berenang karena di pinggiran laut sering kali terjadi ombak pasang sehingga membuat perahu tidak bisa merapat.

Tapi dibalik kesusahan itu ada keajaiban dunia yang akan segera kita rasakan. Betapa menakjubkannya keindahan Danau Mariona yang berada di tengah-tengah pulau ini. Airnya sangat bening berwarna hijau, hanya dengan menengok saja ke bibir danau kita bisa melihat puluhan ribu ikan-ikan kecil yang berlenggak lenggok kesana kemari.

Dan saat kita menyelam kita bisa berkenalan dengan ribuan ubur-ubur jinak tanpa takut disengat oleh mereka. Ada yang berwarna orange, putih susu, ungu, serta kuning jagung kemerah-merahan. Meskipun di tempat ini tidak ada aturan baku untuk kita menyelam, akan sangat pantas jika kita tidak menggunakan pakaian selam seperti penggunaan kaki katak (fin) agar jangan sampai ‘tidak sengaja’ melukai ubur-ubur yang baik hati ini 😀

3. Taka Makassar di Nusa Tenggara Timur (Flores)

Mendengar Taman wisata nasional Komodo pasti kamu sudah tidak asing lagi mendengarnya. Yaa objek wisata di tempat ini sangat kaya akan keindahan pulau-pulaunya seperti Gili Laba, Pulau Rinca, Gili Padar serta Pulau Komodo dimana menjadi tempat surga para komodo yang hidup merdeka tanpa takut diburu oleh manusia.

Kita tak hanya dibikin takjub melihat habitat ratusan komodo raksasa yang hidup bebas beranak pinak di sana. Masih ada pulau yang tak kalah seru sensasinya yakni Taka Makassar, sebuah pulau berukuran kecil yang jaraknya tidak begitu jauh dari lokasi pantai merah muda di Pink Beach tepatnya di kawasan Manta Point. Hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja untuk menuju ke tempat tersebut dengan menggunakan perahu kecil.

Tempat Wisata Berenang Bersama Ubur-ubur di Indonesia

Di tempat ini kita bisa sepuasnya untuk melakukan aktivitas diving, beach hopping serta snorkeling bersama ribuan ubur-ubur jinak tanpa harus takut terkena sengatan racun berbahayanya. Namun tidak setiap waktu kita bisa mendatangi pulau Taka Makassar yang dihuni ribuan ubur-ubur lucu dan menggemaskan ini. Karena pasir pantai yang berada di Taka Makassar dikenal sering mengalami pasang surut air. Dan kita hanya bisa berkunjung saat dipastikan air laut telah benar-benar surut.

Sahabat kejadiananeh.com selain ke tiga tempat wisata yang dikenal untuk menyelam bersama ubur-ubur diatas, mungkin masih ada lagi wisata ubur-ubur di kawasan wilayah Indonesia lainnya, yang belum saya sebutkan.