Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

Cara Membedakan Es Batu dari Air Matang dan Air Mentah

26 Nov 2016

Minuman yang segar dan mengandung es batu memang sangat menggiurkan apalagi disaat cuaca panas terik. Namun ada baiknya kamu membatasi diri dalam mengonsumsi minuman mengandung es seperti soda. Lebih baik perbanyak air putih biasa yang lebih bermanfaat bagi kesehatan. Dibanding berbagai minuman lainnya, manfaat air putih memang sudah terbukti sebagai minuman yang terbaik untuk dikonsumsi tubuh manusia.

Bukan berarti kamu tidak boleh minum es. Minum es sesekali tak ada salahnya, namun dalam mengonsumsi es batu kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal salah satunya yaitu apakah es batu dalam minuman es yang kamu minum adalah es batu dari air mentah atau air matang. Pasalnya jika yang kamu konsumsi adalah es batu yang terbuat dari air mentah maka bukan hanya kurang baik untuk kesehatan tapi juga sangat berbahaya.

cara membedakan es batu dari air matang dan mentah

Perbedaan Es Batu dari Air Matang dan Air Mentah

Es batu yang berasal dari air mentah mengandung bakteri E.coli. Bakteri ini biasanya memang ada di dalam air oleh karena itu akan beresiko jika kamu mengonsumsi air mentah, apalagi es batu dari air mentah karena air tersebut tidak melewati proses perebusan. Bakteri E.coli ini merupakan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai gangguan serius pada sistem pencernaan lambung.

Selain itu dapat pula merusak ginjal dan melemahkan dinding usus pada anak kecil. Maka akan berbahaya jika sampai kamu mengonsumsi es batu dari air mentah, resiko buruk bagi kesehatanmu akan semakin tinggi.

Untuk itu perlu untuk kamu ketahui "cara membedakan es batu dari air matang dan air mentah". Karena disekitar kita banyak yang menjual minuman dengan menggunakan es dari air mentah. Kamu harus lebih waspada jika kamu adalah salah satu orang yang suka mengonsumsi minuman yang mengandung es batu.

Es Batu yang Terbuat dari Air Matang

es batu dari air matang

Untuk membedakan es batu dari air matang dan air mentah maka harus diketahui seperti apa ciri-ciri dari masing-masing es batu tersebut. Sebenarnya cukup mudah dalam membedakannya. Untuk es batu dari air matang ciri-ciri paling mudah dikenali adalah dari warnanya yaitu berwarna bening. Hal ini karena telah adanya proses perebusan sehingga gas-gas dalam air sudah terlepas dengan begitu sedikit sekali gas yang terjebak dalam proses pembekuan es batu.

Jika kamu perhatikan, es batu dengan warna bening biasanya merupakan es batu yang berbentuk cube dan kadang ada juga yang berupa es batu bungkus plastik, mungkin dijual oleh tetanggamu. Selain dari segi warna, kamu juga bisa mengenalinya melalui bau dan kejernihannya. Es batu dari air matang ketika dicium akan terasa segar dan jernih tanpa kotoran. Kemudian dari segi rasa juga sangat mudah dibedakan, es batu yang dibuat dari air matang juga terasa matang airnya.

Ciri-ciri Es Batu yang Terbuat dari Air Mentah

Selanjutnya setelah kita mengetahui ciri-ciri es batu dari air matang, perlu kita ketahui pula ciri-ciri es batu dari air mentah. Untuk mengetahui ciri-ciri es batu dari air mentah bisa kita lihat juga dari warna, bau, dan juga rasanya. Sama seperti es batu dari air matang, ciri-ciri yang paling mudah dikenali adalah dari warnanya. Es batu dari air mentah memiliki warna putih susu. Warna tersebut ada karena masih banyaknya gas atau oksigen dalam es batu. Kebanyakan es batu dari air mentah berupa es batu balok.

perbedaan es batu yang terbuat dari air mentah dan air matang

Namun tak jarang pula es batu bungkus plastik juga terbuat dari air mentah. Mudah bukan cara membedakan es batu dari air matang dan air mentah? Kini kamu harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi es. Sekali lagi perhatikan baik-baik apakah es batu yang kamu minum bukan terbuat dari air mentah. Tapi kalau lagi kehausan berat ya apa boleh buat tenggak saja langsung, daripada matek kehausan hehehe.

Related Article