Fakta Unik Koala, Hewan Lucu Menggemaskan dari Australia

Koala adalah satu hewan mirip boneka yang dijamin lucu abis dan bikin kita gemes banget melihatnya, walaupun hewan ini bukan endemik Indonesia alias impor dari negara tetangga yaitu Australia. Semua orang tau kalau koala adalah hewan yang menggemaskan karena kebiasaan mereka yang suka tidur lama. Dan bukan hanya itu saja, karena masih banyak fakta unik tentang koala yang mungkin belum pernah kamu dengar, Check this out!

Koala dewasa aja udah lucu banget, gimana yah dengan koala yang masih bayi?

fakta unik koala

Ketika masih bayi, ukuran koala hanya seukuran 2,54 cm saja loh, kecil banget dan imut-imut pastinya. Bayi koala dilindungi dan menyusui langsung di kantung sang induk sampai di usianya yang ke enam bulan. Oleh sebab itu kita tidak akan pernah melihat penampakan bayi koala yang bermain sendirian tanpa bersama ibunya.

Koala Ternyata juga punya sidik jari seperti Manusia

Tau nggak sih kalau koala itu punya sidik jari yang mirip sama sidik jari manusia? Saking miripnya, sidik jari koala sama sidik jari manusia susah banget dibedainnya sekalipun dengan pengujian alat mikroskop/alat tes sidik jari.

Kerjaannya tidur Melulu

Koala adalah hewan dengan waktu tidur yang sangat lama. Waktu tidur koala bisa mencapai 18 jam sehari. Kalau lagi nggak tidur, koala biasanya makan atau main lompat-lompatan dari satu pohon ke pohon yang lainnya. Biarpun badannya kecil dan gak segede monyet ataupun kakaknya king kong. Lompatan koala bisa mencapai jarak 45,72 meter loh. Jauh banget yah..

Koala jarang minum

Koala adalah hewan yang jarang sekali terlihat sedang minum. Mungkin ini ada hubungan dengan asal usul nama koala yang memiliki arti ‘tidak minum’. Julukan nama koala ini diberikan pada hewan tersebut karena dia hampir jarang sekali terlihat sedang minum.

Tapi sebenernya, koala itu tetap minum kok seperti hewan lainnya, yakni lewat air di dalam daun-daun eukaliptus (kayu putih) yang sekaligus sebagai makanannya.

Hewan penyendiri

Koala nggak suka rame-rame apalagi nongkrong. Beda sama hewan-hewan lain yang sukanya hidup berkelompok kalau pergi kemana saja selalu bersama-sama, koala lebih suka diem sendirian di atas pohon sambil tidur. Dan oleh karena itu juga, koala nggak suka keramaian. Makanya kalau kita ingin deketin koala, kita harus tenang dan nggak boleh berisik.

Koala juga bisa galak

Walaupun kelihatannya diem dan nrimo hidup ini apa adanya, tapi koala ngga akan sungkan-sungkan menggeram dengan keras dan menjadi agresif kalo dirinya merasa terancam. Jadi jangan coba-coba gangguin koala ya, karena mereka sangat suka kedamaian dan jangan sampai kamu apes digigit olehnya.

Koala jarang bergerak

koala

Hal ini nggak aneh, soalnya Koala suka banget tidur makanya jarang dan kelihatan malas untuk bergerak. Koala hanya bergerak dan beraktivitas selama dua jam sehari.

Koala punya ekor

Walaupun nggak begitu keliatan, koala ternyata juga punya ekor lohh. Fungsi ekor pada koala ini adalah sebagai tempat untuk duduk ketika berada di ranting pohon selama berjam-jam. Nah mungkin karena ini, koala betah duduk berlama-lama yang di pohon dan jarang bergerak tanpa harus takut pantatnya kapalan seperti kamu, ups maaf maksudnya si Nyemot 😀

Koala bisa lari kencang

Walaupun koala keliatannya hewan yang pemalas dan mageran alias males gerak, ternyata jangan menyepelekan keahlian koala kalau lagi lari. Karena Koala bisa cepat sekali ketika berlari, hampir seperti kelinci.

Hewan Bodoh yang Ternyata Cerdas

Dari dulu sosok Koala selalu digambarkan sebagai hewan yang super bodoh dan selalu hidup sepanjang hari bermalas-malasan di kayu putih eukaliptus. Padahal dalam penelitian baru-baru ini berhasil mengungkap fakta unik tentang kecerdasan koala.

Sebanyak 86 ekor koala yang sengaja ditempat tinggalkan di enam lokasi penyeberangan hewan yang dibuat oleh pemerintah Australia ternyata mampu beradaptasi dengan cepat.

Dengan kecerdasannya mereka bisa menggunakan jalur penyeberangan hewan melintasi jalan raya Queensland. Mereka selalu bergerak di malam hari untuk melewati jalur penyeberangan tersebut untuk menuju ke tempat-tempat habitat Koala yang lain.

Karena takut menjadi korban tabrak dari mobil yang lewat. Pemerintah pun akhirnya membuatkan jalanan gantung diatas jalan raya khusus perlintasan Koala. Lagi-lagi mereka dengan cepat beradaptasi untuk selalu melintasi jalan baru tersebut.

Hewan yang dilindungi

Koala adalah salah satu satwa hewan yang dilindungi oleh Undang-undang. Di negaranya Autralia, jika salah satu masyarakat disana atau warga negara asing kedapatan memelihara koala dapat dikenakan sanksi hukuman penjara, karena jumlah hewan ini sudah sangat langka di habitat aslinya sendiri.

fakta hewan koala

Jadi apapun hewan yang termasuk satwa liar dan dilindungi seperti Koala, sangat tak pantas untuk kita pelihara di rumah. Jika kita menyayangi mereka, biarkan saja mereka hidup merdeka di habitat aslinya, karena alam lebih tahu apa yang terbaik bagi kehidupan mereka 😀