Penyebab Kapalan dan Cara Mengobatinya Tanpa Harus Operasi

Kapalan atau yang akrab juga dengan sebutan mata ikan merupakan fenomena yang dialami hampir setiap orang, umumnya terjadi pada bagian kaki atau tangan. Kapalan seringkali membuat tidak nyaman sehingga penyebab kapalan dan cara mengobatinya tanpa harus operasi perlu diketahui oleh orang awam. Penyebab kapalan bermacam-macam, namun secara umum adalah karena aktivitas tertentu yang membuat kulit mengalami penebalan.

Penebalan tersebut merupakan mekanisme perlindungan alami agar jaringan yang ada dibawah kulit tetap terlindungi. Kulit yang mengalami kapalan biasanya menebal dan mengeras sehingga terasa kasar.

Sayangnya, mekanisme diri yang satu ini membuat kita tidak merasa nyaman karena selain membuat beberapa bagian tubuh mengeras, “kapalan” juga mengurangi rasa percaya diri kita. Apalagi jika orang-orang tahu bahwa tangan, kaki dan ujung jari  kita dipenuhi dengan kapalan, kulit pecah-pecah, fantad burikan dan terasa kering wuihh suram banget 😀

Mengapa Kita Bisa Kapalan?

penyebab kapalan dan cara mengobati

Penyebab kapalan sangat bermacam-macam, namun yang paling umum adalah karena tekanan berlebihan yang diberikan berat badan pada area kulit. Kapalan dengan sebab seperti ini sangat umum dan sangat sering dijumpai yaitu kapalan pada area telapak kaki. Meskipun umumnya kapalan terjadi karena adanya tekanan yang berlebihan pada kulit, tetapi kapalan juga bisa terjadi karena faktor usia misalnya pada manula karena jaringan lemak yang terdapat pada kulit telah berkurang.

Selain disebabkan oleh tekanan yang berlebihan, kapalan juga bisa terjadi karena kulit menerima banyak gesekan. Misalnya saat tidak memakai kaus kaki atau sarung tangan atau karena memainkan alat musik seperti gitar maupun mengangkat barbel. Menggunakan sepatu yang kurang nyaman bagi kaki juga dapat menimbulkan kapalan misalnya penggunaan sepatu hak tinggi. Kapalan juga bisa muncul karena jari kaki palu atau ceker (bunion).

Untuk mengobati kapalan, tidak harus melalui prosedur operasi yang mahal. Pasalnya, ada banyak cara lain selain operasi yang bisa dilakukan untuk mengobati kapalan pada tangan atau kaki. Untuk lebih lengkapnya ada pada artikel saya sebelumnya, cara alami menghilangkan kapalan tangan dan kaki paling cepat

Cara Mencegah Kapalan pada Kaki

Pada dasarnya, kapalan adalah penebalan dan pengerasan di area kulit tertentu sehingga seharusnya bisa diobati dengan cara mengikis kulit yang menebal tersebut, tentu saja langkah ini harus dilakukan oleh Dokter dan jangan nekat untuk melakukannya sendiri karena bisa menyebabkan infeksi, tetatus, radang dan komplikasi penyakit lainnya.

Melalui penanganan yang benar, Dokter akan melakukan operasi bedah pemotongan kulit yang keras, penggunaan plester anti kapalan, salep antibiotik dan alas sepatu khusus. Penggunaan alas sepatu khusus hanya diberikan pada pasien yang memiliki kelainan bentuk kaki. Sedangkan cara pengobatan lainnya bisa diberikan pada orang-orang yang mengidap kapalan pada umumnya.

Meskipun dapat diobati dengan cara menghilangkan atau mengikis kulit yang keras dan menebal, namun karena kapalan merupakan mekanisme alami tubuh untuk melindungi jaringan dibawah kulit, maka pengobatan kapalan tidak cukup hanya dengan mengikis kulit yang mengalami penebalan dan pengerasan tersebut. Kamu juga harus menghentikan aktivitas berat yang menyebabkan timbulnya kapalan atau kalau terpaksa cobalah untuk selalu memakai sarung tangan dan kaus kaki sebagai solusi.

cara mengobati kapalan kulit tanpa operasi

Untuk mencegah agar kapalan tidak lagi muncul pada kulit kamu, sebaiknya kamu melakukan beberapa hal yang bisa mencegah timbulnya kapalan. Misalnya dengan cara menggunakan krim pelembab pada kaki setelah kamu mencuci kaki. Selain itu, kamu juga harus memakai sepatu yang nyaman agar kaki kamu tidak kapalan.

Kapalan juga bisa dicegah dengan cara memakai sarung tangan jika pekerjaan kamu menuntut pengunaan peralatan tangan. Ok begitu saja, semoga informasi tentang penyebab-penyebab kapalan kulit tebal dan bagaimana cara untuk mengobatinya ini cukup bermanfaat.