7 Peternakan Babi Paling Unik, Mewah dan Menakjubkan

Jika kita mendengar tentang peternakan babi, maka hal pertama yang terlintas di kepala kita adalah kumpulan kandang hewan ternak yang kotor, berbau tak sedap bahkan menjijikkan. Mungkin itu adalah gambaran tipikal dari sebuah peternakan babi jadul dan tidak semuanya begitu. Ada alternatif peternakan babi modern yang ramah lingkungan, bersih, dan tentunya nyaman untuk para babi sendiri. Sahabat kejadiananeh.com, berikut 7 peternakan babi paling unik, mewah dan menakjubkan di dunia

1. Wim Delvoye’s Beijing (Art Farm)

Peternakan Babi Paling Unik

Wim Delvoye adalah seorang seniman penganut vegetarian. Ia menjalankan bisnis ternak yang ia namakan “Art Farm”. Art Farm adalah peternakan babi modern yang didirikan di dekat Kota Beijing, China. Secara umum tidak ada yang aneh di sana, babi-babi disana dirawat dan dijaga sebagaimana mestinya.

Namun Delvoye yang dikenal sebagai seorang vegetarian tentu saja tidak memakan daging babi, ia hanya menghiasi tubuh mereka agar menjadi lebih cantik dan menarik.

Delvoye mentato kulit babi dan memberi trademark Delvoye pada babi yang akan disembelih atau dijual. Untuk sekali pentatoan, harganya mencapai 1 juta Yuan atau sekitar $ 150.000. Delvoye mentato babi dan memberikan kesan artistik pada babi, bahkan sekalipun si babi pada akhirnya akan disembelih juga.

babi paling unik dan aneh

Tato yang dibuat pun bermacam-macam dan tentu mentato babi tidak semudah mentato kulit manusia. Delvoye menganggap ini bagian dari seni, bagaiamana ia bisa menemukan outlet untuk kreativitasnya. Dari idenya itulah ia memberi nama peternakan babinya Art Farm. Cantik tapi sadis, kalau ujung-ujungnya nanti dipotong juga yah, Kasihan 😀

2. Pig Paradise Farm (Mangalitza Pig)

Tony York, si pendiri Pig Paradise Farm di Eccleshall, Staffordshire, Inggris tidak memfokuskan peternakannya untuk memelihara babi yang dimanfaatkan bagian dalamnya seperti daging, jeroan dan semua bahan yang biasa dijadikan konsumsi makanan. Melainkan Tony York hanya mengambil bagian ‘luar’ dari babi-babinya, yakni menjual bulu mereka untuk dijadikan bahan pakaian.

babi unik

Contoh menarik dari kesuksesan pengembangbiakan babi ‘cantik’ nya ialah si moncong pendek berbulu yang menggemaskan, dengan rambut keriting berlapis, yaitu Mangalitza si babi. Mangalitza merupakan satu-satunya spesies babi berbulu keriting kribo yang menakjubkan dan hanya ada di Inggris semenjak spesies babi langka Lincolnshire Curly Coat punah pada tahun 1972.

Dengan cara tertentu Tony York berhasil mengembangkan spesies baru ini dan menciptakan babi stylish berbulu domba. Pig Paradise Farm kini tidak hanya menjadi peternakan babi biasa, namun sudah dikenal sebagai salah satu peternakan babi paling unik dan menakjubkan di dunia, dimana banyak pengunjung setiap harinya termasuk anak-anak kecil yang ingin melihat keunikan babi Mangalitza.

3. Babi Penyelam di China

Ada lagi peternakan babi yang tak kalah aneh dan unik berada di negeri tirai bambu China. Tepatnya di Provinsi Hunan, Huang Demin. Seperti layaknya penduduk di Huang, mendirikan peternakan babi untuk industri konsumsi babi di China Tang memang tengah meningkat. Namun ada yang berbeda dari peternakan milik Huang Demin dibanding peternakan babi lainnya.

Di peternakannya, para babi dilatih untuk menyelam selama 3 kali dalam sehari. Kandang juga didesain agar nyaman dan memberikan kebebasan bagi para babi. Babi dituntun untuk loncat dari papan yang berjarak sekitar 3 meter dari kolam.

Kegiatan ini bukan hanya sebagai hiburan untuk dia dan juga para babi, namun Huang Demin mengklaim bahwa daging babi yang menyelam setiap hari memiliki tekstur rasa daging yang lebih nikmat dan juga lebih laku saat dijual di pasar, tentu saja harga daging babi penjualannya sedikit lebih mahal.

babi unik

Katanya, latihan penyelaman dan berenang ini berfungsi seperti olahraga yang melenturkan otot-otot dan membuat babi menjadi lebih sehat. Ah elah alasan aja, ini mah penyiksaan hewan namanya. Bilang aja biar dagingnya nanti lebih empuk dan lebih krispy di mulut saat dimakan hahaha.

4. Peternakan Babi Modern di Kibbutz Lahav, Israel

Kibbutz Lahav merupakan satu-satunya peternakan babi modern dan sah yang ada di Israel, meskipun orang Israel yang rata-rata penganut agama Yahudi sendiri mengharamkan daging babi, dan daging ini hanya untuk konsumsi para wisatawan asing atau agama minoritas lain di Israel.

Sejak didirikan pada tahun 1953, Kibbutz Lahav awalnya hanyalah peternakan babi yang ditujukan untuk tujuan riset penelitian. Meskipun begitu, daging-daging surprlus dijual dan hasil risetnya dimanfaatkan untuk penyiapan produk olahan babi berkualitas untuk toko, hotel dan tempat penjualan babi lainnya.

Di peternakan modern ini, babi dirawat dan diperlakukan ekstra jika dibandingkan dengan babi-babi di peternakan lain. Nasibnya juga sedikit lebih baik, Babi dimandikan dengan susu dan dijaga kesehatan serta mentalnya oleh dokter hewan.

Babi-babi disini memang tidak dengan dijual bebas, namun babi dengan kategori surplus biasanya boleh dibeli dan siapa tahu saja kamu salah satu dari sekian orang yang ingin merasakan bagaimana rasa daging babi mewah hasil percobaan sebuah peternakan ekslusif di Israel.

5. Happy Farm di China

Ada sebuah peternakan di Suining County yang meniru konsep online game Happy Farm dan menjadikan ternak babi seperti permainan yang menyenangkan. Bukannya kandang biasa, yang digunakan disana malah apa yang mereka katakan sebagai villa babi.

Villa-villa itu berupa rumah kecil yang warna-warni dengan lukisan yang cerah. Ada 500 villa disana. Villa villa itu di desain sebagai rumah yang bersih dan ramah lingkungan untuk para babi.

Meskipun ada beberapa pihak yang memprotes cara ternak seperti ini karena dianggap tak lazim. Namun banyak juga yang mendukung peternakan ceria ini. Peternakan babi Happy Farm mengklaim villa-villa itu membantu kualitas daging babi terbaik di dunia dan kesemua babi disana ditujukan untuk babi organik.

Meskipun terlihat terlalu mewah untuk sebuah peternakan babi, tidak dapat dipungkiri keuntungan yang di dapat dari bisnis babi organik jauh lebih besar. Hal inilah yang mungkin membuat si empunya peternakan tidak merasa keberatan untuk merawat babi babinya dengan fasilitas ‘mewah’ alias berlebihan.

6. Cagar Alam Babi Damai (Pigs Peace Sanctuary) Washington, USA

Sahabat kejadiananeh.com, Inilah satu-satunya Pig Lovers alias komunitas penyayang babi. Lain dari peternakan lainnya, cagar alam babi damai tidak bertujuan untuk menjual daging olahan babi, melainkan bertindak seperti penampungan untuk para babi yang terlantar, dibuang dan disiksa.

Disini para babi-babi dengan kisah haru birunya dirawat dan dijaga dengan penuh kasih sayang bagaikan hidup di surga.

Pendiri cagar alam Pigs Peace Sanctuary berpikir seperti apapun industri babi, babi tetaplah makhluk hidup yang mempunyai hak untuk bebas dan menentukan pilihan hidup. Meskipun kita sudah merawat dengan baik tapi endingnya akan dipotong juga, tetap saja namanya kejam.

Ada sekitar 200 babi yang terlantar dan 600 babi gemuk yang tumbuh subur berkembang biak di tempat ini, dimana para keluarga babi beserta anak cucunya akan di sayang dan masing-masing diberikan rumah mewah, makanan enak serta tidak akan pernah disembelih meskipun ia sudah mati.

Untuk sebagian orang mungkin ini terdengar aneh dan nyeleneh, namun itulah konsep yang dibawa oleh ‘cagar alam’ babi unik Pig Peace Sanctuary di Amerika Serikat.

7. Peternakan Babi Unik Moroko

Meskipun mayoritas masyarakat Maroko merupakan penganut agama Islam, anehnya bisnis ternak babi di negeri ini sangat berkembang pesat. Salah satu peternakan babi unik disana adalah peternakan-peternakan yang dimiliki para peternak Islam.

Meskipun babi haram bagi penganut Islam, mereka beranggapan beternak babi tidak sama dengan mengkonsumsi babi, jadi sepertinya sah-sah saja menurut mereka.

Salah satu peternak babi terkenal di Maroko bernama Said Samouk mengatakan bahwa ia tidak memakan babi dari peternakannya, ia seorang muslim dan tidak ada yang melarang Muslim untuk memelihara babi.

Babi-babi di Moroko sendiri didistribusikan sebagian besar untuk hotel dan tempat-tempat yang memiliki banyak populasi warga asing non Muslim dan para wisatawan manca negara. Said Samouk memiliki sekitar 250 babi dan kesemuanya untuk konsumsi luar dan bukan untuk dirinya ataupun keluarganya sendiri.

7 Peternakan Babi Paling Unik Mewah dan Menakjubkan

Berternak merupakan suatu kegiatan untuk mengembangkan biakkan suatu hewan dan peternakan babi bagi kita bukanlah terdengar seperti hal yang luar biasa. Namun 7 peternakan babi unik paling mewah dan menakjubkan di dunia ini membuktikan bahwa beternak babi tidak hanya sekedar memperbanyak babi dan menjualnya begitu saja.

Karena masing-masing memiliki tujuan tersendiri, dari hanya untuk bersenang-senang, mengembangkan spesies baru yang belum ditemukan, meningkatkan kualitas daging babi, hingga meningkatkan kesejahteraan hidup babi, agar mendapatkan kehidupan layak yang sama-sama sebagai makhluk ciptaan Tuhan 😀