Hindari Tersambar Petir dengan Cara Berikut

Saat ini kita sudah memasuki musim hujan dimana petir akan lebih sering kita jumpai. Biasanya petir diawali dengan kilatan cahaya lalu disusul dengan suara yang menggelegar. Kadang ada petir yang tidak bersuara namun tak lama kemudian baru terdengar guruhnya. Hal ini disebabkan oleh perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.

Petir terjadi guna untuk menyeimbangkan alam dengan tujuan untuk membuang elektron yang berlebihan di udara. Namun terkadang petir dapat membahayakan nyawa seseorang walaupun petir cenderung menyambar objek yang tinggi dan menjulang.

Dikutip dari berbagai sumber, Mengapa petir lebih sering terjadi saat musim hujan? Hal ini terjadi karena pada saat hujan, udara mengandung kadar air yang tinggi dan daya isolasinya menurun sehingga arus akan lebih mudah mengalir. Dan di langit ada awan dengan muatan listrik negatif dan positif, maka petir bisa terjadi karena perbedaan muatan listrik pada awan. Lalu bagaimana cara agar tidak tersambar petir?

cara menghindari petir

Menghindari Sambaran Petir saat Berada di luar ruangan

1. Cari tempat berlindung

Jika kita sedang berada diluar ruangan dan terdapat petir yang besar, maka kita harus berlindung di dalam gedung atau mobil. Mobil menjadi pilihan yang aman karena arus petir akan berjalan mengelilingi permukaan mobil dan akhirnya arus akan hilang menuju tanah. Kita tak perlu khawatir karena resiko disambar petir akan lebih kecil jika berada di dalam mobil.

Petir yang menyambar mobil akan langsung dinetralkan ke tanah di sekitar mobil. Begitupun halnya dengan transportasi Pesawat, kita akan aman juga saat berada di dalam pesawat karena bahan pesawat adalah bahan yang dapat melindungi penumpang dari petir.

2. Jangan berlindung di bawah benda logam yang menjulang tinggi.

Jika kita berada di sebuah bangunan dengan banyak bahan logam seperti menara, maka kita harus segera masuk kedalam menara tersebut guna menghindari petir. Peringatan keras untuk tidak menyentuh struktur logam.

3. Jika kita bekerja di bandara, jangan berlindung di dekat roda atau di bawah sayap pesawat ketika hujan lebat. Karena dikhawatirkan Petir bisa menyambar posisi ekor pesawat yang tinggi dan dapat mengalir langsung ke badan pesawat. Ujung-ujungnya manusia yang berada di dekatnya akan tersambar sampai gosong.

4. Jika kita ditempat terbuka, hindari tersambar petir dengan cara berikut, yaitu jongkok dan rapatkan kedua kaki lalu tundukan kepala serendah-rendahnya namun jangan sampai menyentuh tanah. Jika kaki kita terbuka, maka petir dapat loncat ke badan kita. Konyol bener kan? Alasannya kaki yang rapat hanya membuat satu titik kontak dengan tanah.

5. Cara selanjutnya menghindari bahaya petir menyambar. Jika kita sedang berada di tempat terbuka adalah segera dekati objek yang lebih tinggi namun jangan berada terlalu dekat dengan objek tersebut. Jarak ideal adalah sekitar 2,5 meter bila lebih dari itu maka resiko tersambar petir akan jauh lebih meningkat.

6. Dilarang keras untuk berlindung dibawah pohon saat ada petir. Peringatan ini bukanlah hoax, sudah banyak korban yang meninggal dunia akibat tersambar petir dimana sebelumnya para korban sempat berlindung dibawah Pohon.

Alasannya, karena jika petir menyambar pohon, maka bisa meloncat ke tubuh kita. Kuatnya arus listrik Petir bisa dihantarkan hanya melalui sulur-sulur pohon. Aneh bukan, meskipun kayu dan bukan besi tapi tetap bisa menghantarkan arus listrik.

7. Jika kita sedang berenang dan langit terasa mendung maka segera keluar dari kolam renang dan masuk ke bangunan disekitar kita. Ingat, kolam renang menjadi salah satu target paling strategis alias beresiko tersambar petir.

8. Jika kita sedang berada di kapal laut, segera masuk kedalam ruangan dan hindari tiang layar agar tidak ikut disambar petir.

Melindungi diri agar tidak tersambar Petir saat berada di dalam ruangan (Rumah)

tersambar petir

1. Jauhi kontak listrik, pintu, jendela, lokasi yang berair seperti kamar mandi, dan tanah basah.
2. Matikan barang elektronik dan cabut stop kontak listrik
3. Jangan berada di dekat telepon. Jika terpaksa harus menghubungi seseorang, maka gunakan handphone saja. Karena Petir bisa menyambar jaringan telepon dan arus listrik bisa melewati sambungan telepon.
4. Gunakan kaos kaki atau sandal jepit agar tubuh kita tidak kontak langsung dengan tanah. Yups ini jalan paling terbaik, sekalipun apes tapi tegangan arus listrik tidak seganas saat kita tidak memakai alas kaki. Semoga informasi tentang mengenal bahaya petir dan cara untuk menghindari tersambar petir ini cukup bermanfaat.