8 Kerajaan Ghaib Makhluk Halus Tak Kasat Mata di Indonesia

Kamu penggemar cerita mistis? Sudah tahu tempat-tempat angker yang konon jadi markasnya makhluk-makhluk halus? Di era modern seperti saat ini, masih ada beberapa kepercayaan leluhur yang masih bertahan tentang keberadaan kerajaan ghaib. Walaupun sulit dibuktikan secara logika maupun sains karena kerajaan tersebut tidak kasat mata, namun sebagian kecil masyarakat masih meyakini keberadaannya hingga kini. Berikut 8 kerajaan ghaib makhluk halus di Indonesia yang mungkin belum pernah kamu dengar.

Kerajaan Gaib Laut Selatan

Kisah kerajaan ghaib laut selatan memang sudah terkenal dan sangat kontroversial di Indonesia. Beberapa kecelakaan laut akibat keganasan ombak pantai selatan kerap dikaitkan dengan mitos keberadaan kerajaan ghaib ini.

Cerita mengenai asal-usul dan penguasa kerajaan tersebut memiliki beberapa versi berbeda-beda. Salah satu kisah yang paling terkenal adalah versi penguasa kerajaan ghaib pantai selatan, Ratu Nilakendra.

 Kerajaan Ghaib Makhluk Halus

Ratu Nilakendra adalah permaisuri dari prabu Siliwangi (Sri Baduga Maharaja), penguasa kerajaan Pajajaran (Kerajaan Sunda Galuh). Pada saat pemerintahan Pakuan Pajajaran runtuh karena konflik internal antar kerajaan-kerajaan Hindu serta ajaran agama Islam mulai masuk ke nusantara.

Prabu Siliwangi kemudian mendapatkan ‘desakan’ keras dari pihak lain, agar meninggalkan ajaran leluhurnya untuk memeluk agama Islam.

Di masa-masa sulit ini, Prabu Siliwangi akhirnya memutuskan untuk melakukan tapa brata mencapai moksa (mencapai kelepasan dari ikatan duniawi dan terbebas dari putaran reinkarnasi kehidupan).

Sebelum ia pergi meninggalkan kerajaannya, Sang Prabu hanya berpesan kepada keluarga dan para pengikutnya untuk bebas memilih agama menurut keyakinan mereka sendiri, tanpa harus mengikuti jejak hidupnya.

Berbeda dengan pilihan jalan hidup dari ratu Nilakendra, ia lebih memilih untuk bunuh diri dengan menceburkan diri ke tengah-tengah laut. Konon, karena sang ratu sangat sakti, dia tidak meninggal di laut malahan melakukan ritual yang dinamakan ritual mekso, berubah menjadi makhluk ghaib dan menjadi penguasa di laut tersebut.

kerajaan gaib di indonesia

Dipercaya pada saat menceburkan diri, ratu Nilakendra sedang hamil. Ratu Nilakendra kemudian melahirkan 2 putri kembar, yaitu Nyi Nilamsari yang konon menjadi penguasa pantai selatan Jawa dengan nama lain Nyi Roro Kidul, dan Nyi Rantamsari yang menguasai pantai utara Jawa dengan nama lain dewi Lanjar.

Banyak peristiwa-peristiwa kematian tragis dan orang menghilang tanpa jejak yang terjadi di pantai Jawa ini dikaitkan dengan keberadaan kerajaan ghaib laut selatan akibat orang-orang tersebut melanggar aturan yang sudah lama dihormati masyarakat asli di sekitar wilayah pantai jawa.

Masalembo, Segitiga Bermuda Indonesia

Perairan Masalembo berada ditengah-tengah Pulau Bawean, Kepulauan tengah dan Kota Majene. Di tempat ini sering terjadi pertemuan arus laut dengan angin kencang sehingga menimbulkan tekanan hebat yang keduanya menjadi penyebab Angin Tornado, badai, ataupun fenomena Hurricane.

Di wilayah perairan ini terkenal angker dan sudah menyebkan banyak jatuh korban ribuan jiwa. Setidaknya dua insiden kecelakaan tragis pertama terjadi pada tanggal 27 Januari tahun 1981 yakni peristiwa tenggelamnya kapal laut Tampomas II dan Kapal Laut Senopati Nusantara pada 29 Desember tahun 2006 lalu.

Setelah itu menyusul tragedi kelam lainnya pada tanggal 1 Januari 2007, kecelakaan pesawat udara Adam Air 574 kemudian hanya berselang beberapa bulan saja terjadi lagi tenggelamnya Kapal KM Fajar Mas di tanggal 27 Juli 2007.

Anehnya berselang satu bulan lagi-lagi terjadi musibah pada KM Sumber Awal tanggal 16 Agustus 2007. Dan insiden yang terakhir (semoga tidak terulang lagi) terjadi pada KM Teratai Prima di tanggal 11 Januari 2009 masih berada di wilayah perairan yang sama yakni segitiga bermuda Masalembo.

Kerajaan Jin di Uwentira

Uwentira dipercaya oleh sebagian masyarakat sebagai kerajaan jin terbesar di Sulawesi Tengah. Berlokasi di daerah Kebon Kopi, di tengah hutan dimana terletak diantara kota Palu dan Parigil Mutong, Sulawesi Tengah.

Pada tempat yang dipercaya merupakan gerbang masuk menuju kerajaan tersebut dibangun monumen berbentuk persegi panjang berwarna kuning keemasan. Kenapa diberi warna demikian?

Karena konon kerajaan Uwentira merupakan kerajaan yang indah dimana tiap bangunannya dilapisi warna kuning keemasan.

Walaupun penguasa kerajaan jin ini masih belum banyak diketahui, namun Uwentira dipercaya memiliki pasukan atau bala tentara ghaib dari mahkluk-makhluk astral yang jika semuanya dikerahkan dapat memenuhi seluruh pantai di Indonesia yang dipimpin oleh 7 panglima perang tanpa tanding.

Misteri Gunung Merapi

Salah satu gunung paling aktif di Indonesia ini juga memiliki cerita mistis yang sudah terkenal. Dipercaya di dalam gunung tersebut terdapat kerajaan ghaib yang memiliki pemimpin bernama eyang Merapi.

Dahulu kala, Kerajaan ghaib ini dipercaya membantu kerajaan Mataram dalam memenangkan perang dengan kerajaan Pajang sehingga berhasil menghancurkan sebagian pasukan Pajang dengan menghujani abu vulkanik dari gunung Merapi.

Banyak tempat yang menjadi tempat keramat dan dipercaya sebagai tempat aktifitas kerajaan ghaib ini. seperti gerbang utama menuju keraton Merapi yang berada di gunung Wutoh dengan penjaga gunung yang setia yakni Nyai Gadung Melati yang melindungi gerbang dan daerah sekitarnya termasuk tanaman dan hewan di dalamnya.

Kemudian ada daerah batuan dibawah puncak merapi yang merupakan letak pasar Bubrah.

Ada juga beberapa hutan angker seperti hutan tempat menggembala hewan peliharaan keraton Merapi di hutan Pato Alap-alap. Beberapa hewan mistis peliharaan keraton Merapi juga dipercaya menghuni beberapa hutan seperti macan putih di hutan Blumbang, kuda di hutan Pato Alap-alap, serta beberapa hewan mistis yang tak kalah menyeramkan lainnya.

Kerajaan Ghaib Paloh

Kerajaan Paloh merupakan kerajaan ghaib yang dihuni oleh kaum bunian dengan raja yang memimpin adalah raden Sandi. Pemimpin kerajaan yang dipercaya berada di kecamatan Paloh, kabupaten Sambas, Kalimantan Barat ini, konon masih memiliki ikatan darah dengan raja terdahulu dari kerajaan Sambas dan kerajaan Brunei.

Kerajaan ini terkenal sangat megah dan sering muncul secara tiba-tiba di tengah hutan, namun setelah akan didekati kerajaan tersebut menghilang entah kemana. Masyarakat sekitar percaya bahwa kerajaan tersebut masih tetap ada namun tidak mau menampakan diri kepada sembarang orang.

Sering terjadi kejadian mistis tidak masuk akal di desa setempat yang kerap kali dikaitkan dengan keberadaan kerajaan ghaib tak kasat mata ini.

Kerajaan Makhluk Astral Padang 12

Kerajaan ghaib Padang 12 juga merupakan kerajaan ghaib yang dihuni oleh kaum bunian, yaitu kaum kebenaran yang dipercaya memiliki kekayaan yang sangat banyak. Kenapa disebut Padang 12? Karena banyak kejadian ganjil di padang ini yang hanya terjadi di jarak km 12 saja.

Lokasi Padang 12 ada di daerah Ketapang, antara kecamatan Pendawangan dan kecamatan Pesaguhan. Banyak cerita berkembang bahwa penghuni kerajaan ini adalah para makhluk astral yang baik hati dan senang membantu orang baik namun kebalikannya suka menyerang orang yang berniat jahat.

Kerajaan Ghaib Pulomas

Kerajaan ghaib Pulomas berlokasi di rawa-rawa besar daerah Indramayu yang konon hanya dapat dilihat keberadaannya oleh orang-orang yang memiliki penglihatan khusus alias supranatural. Kerajaan megah ini memiliki tembok kokoh berlapis emas murni.

Pemimpin kerajaan ini adalah jin sakti yang bernama raden Werdinata dengan mahapatihnya yang terkenal adalah mahapatih Jongkara yang memiliki gelar Kalasrenggi.

Dalam kisah yang beredar di masyarakat, kesaktian Werdinata yang melegenda pernah terbukti. Saat itu terjadi pembabatan hutan oleh raden Wilaodra, raden Werdinata yakni Raja Jin sang penguasa hutan tidak terima dan menginginkan berperang hingga 11 bulan lamanya.

Namun, mereka akhirnya berdamai dengan bantuan dari raja kerajaan ghaib lain bernama Kalacungkring. Syarat perdamaian tersebut adalah raden Wilaodra harus menikahi putri dari raden Werdinata. Sampai saat ini, kepercayaan mengenai keberadaan kerajaan Pulomas masih ada dan dipercaya masih dipimpin oleh raja jin raden Werdinata.

Kerajaan Ghaib Tak Kasat Mata Alas Purwo

Alas Purwo adalah nama sebuah hutan lindung (taman nasional) yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Di Alas Purwo ini dipercaya sebagai tempat keraton alias singgasana kerajaan jin terbesar di Indonesia.

Walaupun pemandangan yang disuguhkan di hutan lindung ini sangat indah, namun memiliki kesan angker dan bikin bulu ketek kita merinding. Hal ini disebabkan karena sering terjadi penampakan makhluk-makhluk mistis tak kasat mata di hutan tersebut.

Di Alas Purwo ini dipercaya terdapat gerbang menuju dimensi lain dan merupakan tempat berkumpul jin-jin, dan makhluk astral dari seluruh dunia. Raja-raja hindu jaman dahulu yang tidak mau memeluk agama Islam konon melarikan diri dan mencari perlindungan ke Alas Purwo ini juga.

Kerajaan Ghaib Makhluk Halus Tak Kasat Mata di Indonesia

Memasuki jaman modern, Alas Purwo yang memiliki 40 goa salah satunya yang terkenal adalah Goa Istana, sering dijadikan orang-orang sebagai tempat wingit atau mencari wangsit. Dari pejabat, artis sampai bapak proklamator kita dahulu Bung Karno, katanya pernah juga bertapa dan mencari ketenangan di tempat ini menurut cerita masyarakat asli setempat dan bukan statement dari Bung Karno sendiri loh hehehe 😀