12 Penampakan Makhluk Cryptids yang Dianggap Ada dan Nyata!

Apakah kamu pernah mendengar tentang fenomena Cryptids? Criptid dipercaya sebagai spesies makhluk aneh dan misterius yang hidup di muka bumi meski pada dimensi ruang berbeda. Contohnya Big foot yang pertama kali dikenal oleh kalangan ilmuwan dari 12 penampakan makhluk cryptids yang dianggap ada dan nyata keberadaannya di dunia

1. Makhluk Aneh Ri dan Ilkai di Papua Nugini

Kisah makhluk aneh yang dijuluki sebagai Ri dan Ilkai di Papua Nugini sempat dianggap sebagai cerita dongeng saja. Namun setelah diadakan penelitian lanjut oleh dua imuwan asal Amerika Serikat di tahun 1983 menemukan fakta-fakta baru keberadaan makhluk misterius Ri dan Ilkai. Adalah Richard Greenwell seorang ahli zoologi dan Roy Wagner ahli antropologi.

Awalnya mereka menduga kalau Ri dan Ilkai hanyalah sebuah hewan anjing laut seperti kehebohan yang di ceritakan masyarakat setempat. Namun setelah menunggu waktu yang cukup lama, tim ekspedisi mereka berhasil melihat penampakan asli dari Ri dan Ilkai.

Penampakan Makhluk Cryptids

Buntutnya memang seperti anjing laut, namun tubuhnya mirip manusia dan memiliki rambut panjang seperti wanita dengan mimik wajah rata. Ri dan Ilkai diceritakan berenang sangat cepat saat sedang mengejar ikan-ikan kecil, hingga mereka tidak sempat memfoto penampakan tersebut sebagai bukti dokumentasi penemuan mereka. Diduga, Ri dan Ilkai ini masih satu spesies dengan ikan duyung.

2. Penampakkan Bigfoot

Seperti namanya, makhluk Kriptid ini memiliki badan yang besar yaitu sekitar 2 sampai 3,5 meter dengan berat badan sekitar 245 kg. Layaknya seperti kera raksasa, Bigfoot memiliki tubuh yang dipenuhi dengan bulu lebat. Dipercaya bahwa Bigfoot hidup di dalam pedalaman hutan liar yang jarang dijamah tangan manusia.

Makhluk Cryptids yang Pernah Menampakkan diri

Beberapa kesaksian orang yang pernah melihat Bigfoot berhasil menemukan bekas jejak telapak kaki misterius dengan ukuran hingga 60 cm. Konon, keberadaannya dapat di deteksi, yaitu dengan baunya yang sangat menyengat hidung. Selayaknya manusia, Bigfoot juga memiliki liam ruas jari dengan cakar yang lumayan panjang dan tajam.

3. Goatman of Maryland

Penampakan makhluk Cryptids lainnya adalah the Goatman of Maryland, atau bahasa kerennya manusia kambing. Seperti namanya, makhluk ini memiliki tubuh setengah manusia dan setengah kambing, masak iya ayam coy. Mungkin kamu bisa membayangkan bentuk dari Goatman ini seperti pada film-film fantasi.

Dengan tubuh yang hampir 2 meter dan berat badan ebih dari 100 kg, Goatman ini memiliki tanduk yang sangat panjang selayaknya seekor kambing pada bagian kepala dengan 2 kaki seperti manusia sambil membawa sebuah kapak besar.

Penampakan Makhluk Cryptids yang Dianggap Ada

Awalnya, makhluk ini ditemukan di dalam hutan di Maryland oleh para pemburu. Namun ketika dikejar, tiba-tiba menghilang dan hanya meninggalkan sebuah korban anjing yang sudah dalam keadaan mati, terpisah kepala dan tubuhnya bersama tubuh majikannya dan kedua mayat mereka tidak jauh dari lokasi Goatman of Maryland itu berdiri. Tapi untungnya sebelum ia kabur para pemburu sempat memotretnya.

4. Chupacabra

Chupacabra adalah makhluk Cryptid terkenal lainnya yang sangat melegenda. Dipercaya bahwa makhluk ini memiliki kesamaan dengan mamang vampir. Ternyata keberadaan makhluk ini tidak hanya sebuah mitos belaka, karena makhluk aneh penghisap darah ini telah ditemukan bangkainya. Beberapa foto bangkai dari Chupacabra ini telah beredar sebagai bukti keberadaannya.

Ada banyak desas-desus tetang makhluk Kriptid ini. Ada yang melansir bahwa Chupacabra adalah sejenis anjing yang terkena mange atau menderita parasit kulit. Adapun kabar lainnya mengatakan bahwa Chupacabra adalah hewan aneh berwujud seperti alien yang memiliki duri-duri panjang di bagian punggungnya.

Makhluk Cryptid

Kesimpangsiuran tentang keberadaan Chupacabra ini masih berlanjut hingga kini dikarenakan banyaknya deskripsi berbeda tentang wujud asli Chupacabra. Ada yang meyakini ia hanya sebuah anjing atau sejenis hewan buas, tapi pendapat lainnya mengatakan ia berasal dari luar bumi.

5. Misteri Yeti

Mirip-mirip wujudnya dengan Bigfoot si kera raksasa, dan ada kemungkinan mereka masih besanan meskipun tinggal di iklim yang berbeda. Jika Bigfoot tinggal di iklim tropis, Yeti berhabitat di iklim dingin, tepatnya di daerah Humalaya Pakistan dan Nepal. Makhluk aneh Cryptids ini pertama kali ditemukan oleh tim pendaki yang dipimpin oleh B.H. Hodgson.

Yeti pesek wujudnya dikatakan memiliki tubuh yang sangat besar dengan bulu putih yang sangat lebat dan tajam bagaikan bulu ketek. 

Keberadaan yeti semakin dipercaya seiring dengan perkembangan zaman. Pada abad 20 an, keberadaannya semakin dipercaya dengan bukti-bukti foto kemunculan Yeti, dari sebuah peninggalan jejak kaki yang besar sampai penampakan tubuhnya di pegunungan Everest.

6. Ebu Gogo

Eksistensi makhluk Cryptids tak hanya ada di luar negeri. Ebu Gogo juga menjadi salah satu makhluk Kriptid paling fenomenal yang pernah ditemukan di Flores, Indonesia. Keberadaan makhluk ini sudah dipercaya sejak abad ke 19. Jika dilihat, Ebu Gogo memiliki bentuk seperti Leprechaun yang memiliki tubuh kecil, gendut, pendek, dan berbulu dengan telinga yang sangat mencolok.

Dengan bentuk yang dikira-kira sangat menyeramkan ini dapat berlari dengan sangat cepat namun berbicara dengan sangat tidak jelas. Ebu Gogo merupakan makhluk pemakan segalanya, seperti tumbuhan dan daging mentah baik hewan maupun manusia.

Awalnya keberadaan Ebu Gogo dibiarkan oleh masyarakat sekitar karena dianggap cuma gosip murahan, namun saat ditemukan fakta baru bahwa Ebu Gogo telah memakan bayi manusia, maka barulah masyarakat mengusir Ebu Gogo dari tempat tinggal mereka.

7. Kemunculan makhluk pra sejarah 

Pernahkah kamu melihat dinosaurus bertubuh penyu? Tenyata makhluk jenis ini tidak hanya ada di dunia animasi. Nessie merupakan hewan Kriptid lainnya yang juga popular. Hewan ini awalnya muncul di Danau Lock Ness, Skotlandia pada tahun 1930-an. Menurut legenda masyarakat setempat, Nessie memiliki tubuh sebesar 6 meter berwarna abu-abu.

Banyak orang yang menyangsikan keberadaan makhluk ini, karena ternyata foto-foto yang beredar merupakan hasil rekayasa meskipun di zaman itu belum diciptakan photoshop. Namun, sebagian orang lainnya masih mempercayai keberadaan Nessie sebagai salah satu spesies peninggalan dari zaman dinosaurus sampai sekarang.

8. Mothman

Mothman pertama kali ditemukan keberadaannya di Point Pleasant, West Virginia, Amerika Serikat. Dengan wujud makhluk bersayap berwarna abu-abu dan kedua matanya serta dadanya berwarna merah menyala.

Dilansir bahwa makhluk ini memiliki tinggi yang lebih besar dari manusia, sekitar 2 meter. Seiring dengan waktu, banyak laporan dari masyarakat yang pernah melihat keberadaan Mothman ini bahkan mereka juga pernah dikejar hingga ke jembatan Point Pleasant.

Makhluk Cryptid Aneh

Anehnya, kejadian ini dihubungkan dengan rubuhnya jembatan Point Pleasant yang merenggut nyawa sekitar 46 orang. Sejak insiden tersebut, Jembatan Point Pleasant ditutup, dan kisahnya masih fenomenal sampai kini, karena masyarakat asli disana masih mengkait-kaitkan kisah korban yang tewas akibat menjadi tumbal dari makhluk Cryptids Mothman menyeramkan ini.

9. Spring-Heeled Jack

Sekelebat bayangan hitam melompat-lompat dari atas rumah ke rumah lain, pernah menjadi berita viral di London pada tahun 1837.Dijuluki sebagai Spring-Heeled Jack yang memiliki ciri-ciri seperti manusia bertubuh kurus dan tinggi, berjubah hitam serta bertopi. Namun pada kedua tangannya memiliki cakar panjang melengkung serta matanya berwarna merah menyala.

Menurut kesaksian masyarakat London di masa itu, ada seorang pria misterius mendatangi sebuah rumah penduduk. Ketika pemilik rumah ke luar untuk menanyakan maksud pria tersebut datang ke rumahnya. Tanpa menjawab ia langsung menyerang dengan menyemburkan api berwarna putih kebiruan serta mencakar-cakar sang pemilik rumah.

Beruntung nyawanya masih dapat diselamatkan karena segera dilarikan ke rumah sakit. Insiden aneh itu ternyata tidak hanya terjadi sekali dua kali saja, rata-rata para korban yang diserang oleh Spring-Heeled Jack selalu menceritakan ciri-ciri yang sama. Dan kejadian ini bukan hanya terjadi di London saja tapi mulai meluas ke Meksiko, Argentina hingga wilayah Massachusetts.

10. Kurcaci (Elf/Elves)

Elf atau dijuluki juga dengan Elves sudah menjadi legenda menyeramkan bagi masyarakat asli di Negara Islandia. Diceritakan ia adalah kurcaci berjenis kelamin perempuan dengan bentuk tubuh boncel sampai super mini hanya sebesar kepalan tangan dan rata-rata mereka memiliki kuping caplang yang menjulang.

Anehnya, seorang pianis terkenal bernama Erla Stfansdottir memiliki kemampuan supranatural yang bisa mengantarkan pergi orang-orang ke dunia kurcaci Elf.

Sampai kini jasanya masih laris manis disewa oleh para wisatawan lokal dan asing yang penasaran ingin melihat sosok Elf. Dengan Erla sebagai mediator penghubungnya para wisatawan mengakui bahwa kebenaran legenda Elf memang benar-benar ada dan nyata.

11. Fenomena Atmospheric Beast

Makhluk Kriptid terbang lainnya adalah Atmospheric Beast. Dari beberapa ahli Cryptozoology, mempercayai bahwa makhluk ini berukuran 20 kaki, memiliki tubuh padat, tidak bersayap, sangat ringan di udara dan juga tidak dapat dilihat dengan mata. Makhluk ini diyakini hidup di antara lapisan atmosfer bumi kita.

Selain dapat melayang di atas udara, Atmospheric Beast ini juga dapat hidup di air laut. Penasaran dengan makhluk Kriptid ini? Kamu bisa membaca asal usulnya di artikel saya sebelumnya, Misteri makhluk atmosfer yang tinggal di atmospheric beasts

12. Beast of Bray Road (Werewolf)

Awalnya makhluk Cryptids Beast of Bray Road ditemukan di Wisconsin pada tahun 1936. Dengan tubuh yang sangat besar hingga 2 meter lebih, menyerupai seperti serigala berbulu onta dengan kedua matanya yang merah menyala.

Penampakan Makhluk Cryptids yang Dianggap Ada dan Nyata

Begitu viralnya Beast of Bray Road di era periode 90 an sampai kisahnya diangkat ke sebuah buku berjudul The Beast of Bray Road: Trailling Wisconsin’s Werewolf oleh seorang reporter bernama Linda gofrey. Apakah ini bukti penampakan manusia serigala alias si ganteng-ganteng asu di jaman modern?