Kejadian Aneh Tapi Nyata

Kejadian Aneh Tapi Nyata

9 Sumber Energi Alternatif Masa Depan Bumi

15 Jan 2017

Bumi yang kita tempati saat ini sudah semakin tua saja, para ilmuwan memperkirakan usianya sudah 4,54 miliar tahun. Sadar gak sadar, sumber daya alam kita sudah diambang krisis energi akibat eksploitasi manusia yang berlebihan. Akankah bumi kita yang sudah tua-tua keladi ini menuju kepunahan? Tapi tenang saja, jauh sebelum itu para ilmuwan sudah menemukan 9 sumber energi alternatif masa depan bumi, yang tentu saja dapat menjadi harapan baru bagi seluruh makhluk hidup.

1. Energi Terbarukan Hydropower

Sahabat kejadiananeh.com, Air sudah menjadi sumber energi paling umum yang sering kita temui. Biasanya sumber energi dari air ini memanfaatkan langsung energi kinetik dan potensial yang dimilikinya.

Contohnya pada pembangkit listrik tenaga air yang hampir dimanfaatkan penggunaannya oleh seluruh dunia. Namun selain itu pernahkah kamu mendengar tentang energi terbarukan Hydropower?

sumber energi alternatif

Dengan memanfaatkan kekuatan air, terciptalah energi listrik Hydropower yang dibuat dari bendungan air. Melalui saluran pipa air yang terhubung langsung ke turbin, jumlah air yang jatuh ke turbin akan menghasilkan seberapa besar power listrik yang dihasilkan. Biasanya tempat penampungan ini memanfaatkan fungsi danau ataupun waduk buatan.

Kelebihan lain dari konstruksi Hydropower dapat menghasilkan energi yang konstan, tidak melepaskan gas rumah kaca yang berdampak buruk pada pencemaran atmosfer serta bisa menjadi sumber daya alternatif yang awet dan tahan lama.

2. Energi Alternatif Biomassa, Harapan Baru Masa Depan Manusia

Ada benarnya pepatah yang berkata, Tak ada yang tak berguna di dunia ini semuanya pasti bermanfaat. Sisa-sisa pembuangan limbah pertanian, kotoran manusia ataupun hewan serta sampah ternyata masih bisa kita manfaatkan sebagai energi pengganti sumber daya alam. Selain itu Biomassa juga bisa didapatkan dari bahan biologis yang bersumber dari organisme yang belum lama mati.

Energi Terbarukan

Namun bahan yang paling banyak digunakan berasal dari limbah, alkohol serta sisa penyerutan dan pembakaran kayu. Sedangkan manfaat Biomassa yang dibuat dari gas kotoran manusia atau pupuk kandang disebut sebagai biogas.

Dan contoh lain dari bahan sumber Biomassa bisa juga didapatkan dari tanaman jagung, kedelai, gandum serta rami yang bisa memproduksi bahan bakar butanol, etanol, propanol serta biodiesel. Keren kan :D

3. Hidrogen

Hidrogen menjadi salah satu sumber gas paling banyak dan mudah ditemukan di alam semesta ini, bukan hanya di bumi saja tapi seluruh jagat raya yang menguasai lebih dari 80 persen. Selain bisa dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar kendaraan yang jauh lebih ramah lingkungan alias tidak terlalu membawa dampak buruk polusi.

Energi Alternatif Masa Depan

Persediaan sumber energi Hidrogen ini juga sangat mustahil untuk habis dan cara pembuatannya hanya mengandalkan air (H2O) yang gratis dan mudah untuk mendapatkannya. Manfaat lain dari Hidrogen sering juga digunakan dalam industri pupuk, industri minyak goreng, industri makanan serta dalam bidang kimia organik.

4. Biofuel

Masih besanan dengan Biomassa, sumber energi alternatif terbaru ini juga memanfaatkan produksi dari bahan-bahan nabati. Misalkan tanaman jarak, jagung, minyak sayur, kayu, arang, manur kering dan jerami minyak biji Rapa.

Bahan bakar nabati (BBN) ini bisa dijadikan cadangan bahan bakar mobil ataupun motor yang sudah dibentuk menjadi bioetanol dan biodiesel.

5. Energi pasang surut (Energi Tidal)

Kuatnya gelombang ombak pasang surut air laut dapat menghasilkan energi yang sangat bermanfaat di masa depan, salah satunya adalah listrik. Negara-negara maju di wilayah Eropa serta Amerika utara sudah banyak yang menggunakan energi tidal atau energi pasang surut ini.

Air laut merupakan fluida yang memiliki massa jenis 800 kali lebih tinggi dibandingkan dengan udara sehingga bisa diubah menjadi energi mekanik yang mampu menjadi sumber terbaru pembangkit tenaga listrik.

Rance Tidal Power Station yang berlokasi di negara Perancis menjadi salah satu contoh yang sudah memanfaatkan energi pasang surut sebagai sumber penghasil listrik terbesar di negara mereka.

6. Geothermal (Panas Bumi)

Aktifitas vulkanik tinggi pada gunung berapi aktif juga bisa dijadikan sebagai sumber daya alam alternatif di masa depan. Terlebih bahan yang didapatkan masih berlimpah ruah di alam kita ini.

Namun sayangnya pemanfaatan ini masih jarang, karena terkendala dengan terbatasnya teknologi yang mampu menjangkau area di sekitar lempeng tektonik. Ditambah lagi dengan faktor resiko dan biaya yang cukup mahal.

energi terbarukan masa depan

Ada 3 sumber utama panas bumi yang bisa dijadikan energi cadangan masa depan yakni bebatuan kering panas, kawah air panas serta uap alam dari gunung berapi.

Di negara kita sendiri Indonesia sudah terdapat cukup banyak pembangkit listrik yang bersumber dari tenaga panas bumi yaitu PLTP Lahendong di Sulawesi Utara, PLTP Sibayak di Sumatera Utara, PLTP Dieng di Jawa Tengah dan PLTP Salak Jawa Barat.

Keren kan, bikin kita bangga jadi orang Indonesia, tinggal bagaimana cara memanfaatkan sumber daya alam melimpah di negeri kita ini saja sebaik-baiknya :D

7. Piezoelectricity

Piezoelectricity adalah tekanan elektrik yang bisa menghasilkan medan listrik mekanik melalui pijakan kaki manusia. Di negara Jepang dan Inggris sudah menerapkan energi alternatif ini meski masih dalam skala kecil.

Terdapat di lantai stasiun kereta serta lantai ubin tempat berdansa, pijakan-pijakan kaki manusia itu bisa dikonversi menjadi sumber tenaga listrik yang gratis, ramah lingkungan dan selalu bisa diperbaharui.

8. Nuklir

Bagai dua mata pisau, tenaga nuklir bisa sangat bermanfaat sekaligus mendatangkan kepunahan massal bumi yang kita tempati ini. Penggunaan Nuklir sebagai senjata pembunuh monster memang masih dilarang keras sejak tragedi bom atom Hiroshima dan Nagasaki di Jepang dan tragedi Nuklir Chernobyl yang menewaskan lebih 500 ribu jiwa akibat dampak radiasinya.

Terlepas dari insiden kemanusiaan itu, nuklir juga memiliki manfaat luar biasa selain penggunaannya untuk senjata militer yakni dalam bidang medis sebagai terapi radiasi untuk penderita penyakit kanker, di bidang Industri untuk mengeksplorasi keberadaan minyak dan gas alam. Dan sebagai proses Irradiasi makanan dalam pertanian serta pembangkit tenaga listrik yang tidak menghasilkan gas berbahaya.

9. Cahaya Matahari (Tenaga Surya)

Cahaya panas matahari bukan hanya berguna untuk menjemur pakaian kancut kita saja. Tapi juga bisa dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber energi terbarukan masa depan makhluk hidup.

Melalui paparan panas sinar matahari dan radiasi cahayanya dapat di konversi menjadi bentuk baru energi listrik, tergantung dengan teknologi yang digunakan misalkan teknologi passive solar dan active solar.

Sumber Energi Alternatif Masa Depan Bumi

Sahabat kejadiananeh.com, Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa contoh yang mengeksploitasi tenaga surya ini, diantaranya PLTS Raijua, Solor Barat di Kupang dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Kabupaten Karangasem Bali.

Selain pemanfaatannya untuk tenaga listrik, energi matahari juga sudah banyak di gunakan dalam industri otomotif yakni mobil bertenaga surya, sebagai alternatif bahan bakar mobil masa depan.

Related Article