Viral! Wajah Patung Pancoran Asli Dilihat dari Dekat dengan Drone

Buat kamu warga Jakarta asli termasuk para warga pendatang yang sudah menetap lama di Jakarta pasti sudah tidak asing dong dengan Patung Pancoran? Yap salah satu patung ikonik kebanggaan ibu kota kita ini memang hampir setiap hari kita melewatinya, saat pergi kuliah ataupun bekerja, khususnya buat kita yang kerja melewati rute kawasan pancoran.

Dengan pose laki-laki berotot sambil mengangkat tangan ke arah utara, kita pasti sudah hapal betul yah gaya dari patung pancoran ini? Tapi pernahkah kamu bertanya dalam hati, kira-kira seperti apa yah wajah asli dari patung pancoran? Hayoo baru kepikiran kan? Hehehe gak usah sedih saya juga baru kepikiran kok, padahal lahir dan besar di kota Jakarta juga 😀

patung pancoran

Patung pancoran yang bernama asli Patung Dirgantara ini memiliki ketinggian 11 meter dan belum termasuk tiang penyangga patung yang mencapai 27 meter. Jadi wajar kalau mustahil bagi kita yang melintas dibawah  Jalan Fly Over Pancoran untuk melihat jelas muka patung pancoran itu seperti apa.

Untungnya ada seorang Netizen bernama Rudy Sunandar pada tanggal 8 april 2017 kemarin sedang iseng bermain pesawat Drone diatas wisma Aldiron, kebetulan jarak gedung tersebut dengan lokasi patung pancoran hanya sekitar ratusan meter saja.

Dengan bantuan Drone, Rudy bisa memotret wajah patung pancoran dari dekat dan dengan hasil gambar yang sangat jelas, seperti yang sudah kamu lihat dalam foto berikut. Btw nanti Rudy juga punya rencana untuk memfoto patung Pak Tani dan Patung Selamat datang, pasti kamu juga penasaran berat kan pengen tahu seperti apa wajah asli patung-patung tersebut.

Begini Penampakan dari Dekat Wajah Asli Patung Pancoran (image by Instagram ryu_rudy)

wajah asli patung pancoran

Sejarah dari Patung pancoran merupakan inspirasi yang pertama kali dicetuskan oleh Bung Karno, Bapak Proklamator sekaligus Presiden pertama kita dulu. Beliau terinspirasi dari Yuri Gagarin, astronot pertama dari Rusia. Sebab itu Wajah patung pancoran yang dipahat oleh seniman  Edhi Sunarso mengambil sosok dari Gatot Kaca, dan bentuk tangannya seakan terbang ke arah atas langit yang memiliki filosofi, agar para generasi penerus anak-anak muda dapat memiliki cita-cita setinggi langit untuk kemajuan Indonesia.

Meskipun sempat ada mitos beredar kalau tangan patung pancoran yang menunjuk ke arah utara adalah tempat harta karun misterius yang disimpan oleh Soekarno. Tapi sudah jelas ini semua hanya mitos saja, dan tidak pernah terbukti kebenarannya. Beda dengan misteri yang baru terungkap kalau kita semua kini sudah tahu seperti apa wajah asli dari patung pancoran 😀