Batu angkek-angkek, Batu Ajaib yang Bisa Mengabulkan Permintaan

Konon siapapun orang yang sanggup mengangkat batu angkek-angkek akan dikabulkan permintaannya, apapun itu mau penyakit, jodoh, pekerjaan maupun rezeki. Masa iya ada batu ajaib model begituan cuy? Palingan juga Cuma mitos gak jelas ?Yess terlepas dari kebenaran ceritanya buat kamu yang tertarik dengan Wisata mistis ini dapat mengunjungi lokasinya di Nagari Balai Tabuah, Batusangkar kec Sungayang Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Padang). Berjarak sekitar 108 km atau cukup menempuh perjalanan selama 3 jam saja dengan menggunakan bus umum ke kota Padang.

Asal usul batu ajaib Angkek-angkek yang Bisa Mengabulkan Permintaan Apa Saja (image by cumilebay.com)

Batu angkek-angkek

Batu angkek-angkek yang dapat mengabulkan apa saja permintaan kita ini berada di dalam rumah keturunan Datuk Bandaro Kayo, sesepuh terpandang disana. Kata angkek yang dalam terjemahan bahasa Indonesia artinya angkat alias batu yang diangkat-angkat.

Asal usul batu ajaib angkek-angkek pertama kali dikenal di Minangkabau yang ditemukan oleh Datuk Bandaro Kayo. Dimasa itu ada ritual batagak tiang yaitu upacara sakral untuk mendirikan rumah secara bergotong royong. Setelah bahan-bahan untuk membangun rumah lengkap maka diadakan musyawarah bersama warga untuk menentukan langlah selanjutnya.

Ritual Sebelum Angkat Batu Ngehek, ups sorry maksudnya Batu Angkek Cuy (image by antarasumbar.com)

batu ajaib angkek

Belum ada se jam pembahasan,sayup-sayup terdengar suara anak kecil yang menangis, makin lama suara tangisan misterius itu semakin keras. Kemudian Datuk Bandara Kayo sang empunya rumah bersama warga mencari keberadaan sumber suara tersebut.

Didapatilah kalau suara itu bukan berasal dari manusia melainkan dari tempat tiang yang akan dipancang. Aneh tapi nyata memang! Warga yang penasaran berat kemudian mengggali lokasi tanah tersebut. Ditemukanlah sepasang batu yang saling berdekatan seolah tak ingin dipisahkan.

Si mbak ini ngangkat batunya kelihatan enteng yah? Berarti tanda-tanda dikabuli nih!! (image by kompasiana.com)

batu angkek batu sangkar

Satu batu berhasil terangkat, anehnya batu yang satu lagi tiba-tiba terhisap ke dalam tanah. Sempat melakukan penggalian untuk menemukan batu itu, namun lagi-lagi ia semakin masuk ke dalam tanah. Hingga warga pun akhirnya cuek bebek membiarkan kelakuan aneh batu tersebut dan tak mencarinya lagi.

Nasib batu yang satu lagi kemudian dimasukkan ke dalam bilik berkelambu. Dan batu inilah yang dikemudian hari mendadak jadi artis, dicari-cari banyak orang dari segala penjuru wilayah Indonesia dan bukan hanya dari kota Padang setempat saja.

Versi Cerita lain Batu angkek-angkek Si Peramal Masa Depan (image by winnymarlina.com)

batu ajaib angkek-angkek

Versi cerita lain tentang batu angkek-angkek sedikit mirip-mirip. Masih Datuk Bandaro Kayo, orang yang pertama kali mendapatkan batu ajaib tersebut. Dirinya sebagai kepala suku kaum Piliang suatu hari bermimpi didatangi sosok berbaju putih yang mengaku sebagai Syech Ahmad. Kemudian makhluk tak kasat mata dalam mimpinya tersebut berkata hendak mendirikan perkampungan yang sekarang dikenal dengan nama Kampung Palangan.

Dalam pendirian kampung tersebut, saat pemancangan tonggak pertama mengalami kejadian aneh tak masuk akal. Tiba-tiba saja terjadi gempa hebat kemudian disusul hujan lebat berganti cuaca panas selama 14 hari 14 malam tanpa henti dengan kondisi cuaca yang sering berubah-ubah semaunya. Masyarakat pun akhirnya berembug dan mengajak musyawarah di rumah Datuk Bandaro Kayo.

Lagi berdebat seru dalam musyawarah tiba-tiba terdengar suara misterius dari dalam lubang tempat pemancangan tiang tersebut. Belum habis rasa kaget mereka, suara misterius itu semakin terdengar jelas dan berpesan tolong kalian jaga batu pemberianku itu baik-baik. Sejak itulah batu itu dikemudian hari hingga hari ini dikenal dengan nama batu angkek-angkek.

Lebih dari 8 keturunan langsung keluarga Datuk Bandaro Kayo yang sampai kini masih menjaganya. Diyakini penuh oleh masyarakat sekitar kalau batu angkek-angkek memiliki kemampuan ghaib untuk melihat masa depan seseorang, apakah hajat atau cita-cita keinginan mereka dapat tercapai. Dan bukan hanya dapat mengabulkan permintaan saja, batu angkek-angkek juga bisa mengobati kemandulan sampai penyakit apapun yang mustahil disembuhkan. Berat asli dari batu inipun ini tidak pernah diketahui pasti sampai saat ini, konon beratnya selalu berubah-ubah seenak udelnya.

Dimasa lalu batu angkek-angkek banyak menyimpan kejadian mistis yang aneh dan tak masuk akal logika kita. Konon menurut cerita orang-orang tua warga setempat, batu angkek ajaib pernah diambil paksa oleh Kompeni Belanda, namun sesampainya di depan rumah mereka tidak bisa mengangkatnya ke atas mobil, padahal tadinya bisa. Dicoba lagi – dicoba lagi tetap saja tidak bisa padahal mereka beramai-beramai.

Cerita mistis lainnya, sekalinya batu angkek ini dipindahkan oleh turunan keluarga pemiliknya pun suka balik sendiri ke dalam kelambu di Sungayang. Sedangkan dalam acara tahunan pameran seni dan kebudayaan, batu angkek juga tidak pernah dipamerkan karna tidak ada satupun orang yang sanggup membawanya.

Tata Tertib Mengangkat Batu Bertuah Angkek-angkek (image by nurulmotret.wordpress.com)

batu angkek padang

Lalu bagaimana proses ritual batu angkek-angkek ini? Bagi para wisatawan yang datang ke lokasi rumah tempat batu angkek ini berada, sebelumnya diwajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu, sedangkan bagi yang non muslim cukup bersih-bersih kaki dan tangannya saja. Setelah itu kuncen alias penjaga batu akan menyuruh wisatawan untuk duduk bersimpuh sila di dekat batu. Setelah membaca doa surat pendek dan sholawat nabi 3 kali, wisatawan kemudian mengucap hajat/keinginannya dalam hati, dan yakin kalau permohonannya tersebut akan dikabulkan.

Langkah selanjutnya mengangkat batu sekuat tenaga dengan berbagai cara, boleh diletakkan ke paha terlebih dahulu atau langsung mengangkatnya ke atas dada. Jika permintaannya dikabulkan maka batu ajaib angkek-angkek mau mudah ataupun sulit akan tetap terangkat, Sehabis mengangkat kita cukup memberikan uang seikhlasnya saja, dimasukkan ke dalam ketiding.

Ngantrinya lumayan juga cuy (image by jasatamawisata.com)

Batu angkek-angkek, Batu Ajaib yang Bisa Mengabulkan Permintaan

Sedangkan jika permohonannya ditolak biarpun berusaha mengangkat sampai berak di celana keluar biji semangka dan batang kangkung pun mustahil akan terjadi. Itulah kesaksian dari orang-orang yang pernah melakukan ritual mengangkat batu angkek-angkek. Sahabat kejadiananeh.com, kamu tertarik untuk mengunjungi wisata mistis di Batusangkar Padang ini? Seru banget loh, disana juga banyak cindera mata khas masyarakat Minang yang bisa kita bawa pulang untuk bekal oleh-oleh.