Patung Dewa Tuban Menjadi Patung Terbesar di Indonesia

Patung Dewa Kong Co Kwan Sing Tee Koen di Tuban bukan hanya menjadi patung terbesar di Indonesia tapi juga memecahkan rekor se Asia Tenggara. Patung raksasa setinggi 30 meter ini berdiri dengan gagahnya di bagian selatan Komplek Kelenteng Kwan Sing Bio tempat umat Konghucu beribadat, namun peruntukan patung dewa Kong Co Kwan Sing Tee Koen ini bukanlah patung untuk keperluan sembahyang umat melainkan hanya sebagai monumen saja sebagai daya tarik wisatawan.

Untuk pembangunan patung Dewa di Tuban ini tentu membutuhkan biaya yang sangat mahal yakni lebih dari 2,5 miliar. Didominasi dengan warna hijau, kulit merah, tatapan mata patung yang menyala serta sosok Dewa Kong Co Kwan Sing Tee Koen yang memegang sebuah golok besar yang mirip seperti golok pembunuh naga milik Thio Bu Ki. Sedangkan Pesona kemegahan patung dewa raksasa ini tentu membuat para wisatawan berdecak kagum melihatnya dan pasti ingin berfoto selfie di dekatnya.

Gambar Patung Dewa Kong Co Kwan Sing Tee Koen di Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban (image by tribunnews.com)

patung dewa tuban

Tapi sayang seribu sayang, Patung Dewa Kelenteng Tuban ini nampaknya menjadi polemik. Pertama ada isu beredar di Medsos yang mengatakan kalau ini adalah patung panglima perang China, tentu saja isu ini sengaja dibuat untuk membuat rusuh Indonesia terutama di daerah Tuban, padahal jelas-jelas Patung Kong Co Kwan Sing Tee Koen adalah simbol Patung Dewa Keadilan yang mempunyai makna setia dan bijaksana.

Ini penjelasan langsung dari Umat Konghucu sendiri yang jelas-jelas lebih paham, umat lain minggir cuy gak usah ikut-ikutan sotoy masalah dapur orang. Patung juga didirikan masih berada di area Kelenteng Umat Konghucu bukan di tengah-tengah pasar apalagi jalan tol, jadi sudah jelas gak usah ngeyel cari-cari masalah lagi.

Gosip Beredar katanya Patung Raksasa ini Patung Dewa Perang Cina (image by bbc.com)

patung dewa perang

Cuma satu yang jadi masalah berat sampai detik ini, Patung Dewa Kong Co Kwan Sing Tee Koen ternyata belum ada izin dari Pemda setempat padahal sudah diresmikan oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan pada tanggal 17 Juli 2017 kemarin bertepatan dengan ulang tahun Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban. Nah lu kok bisa begitu yah, padahal itu patung gedong banget bukan unyu-unyu ukurannya, masa iya baru sekarang ditegurnya sama Pemda.

Tapi ada penjelasan dari pihak kelenteng sendiri kalau mereka sebenarnya juga sudah mengajukan izin pembangunan ke Pemkab Tuban sejak bulan Maret 2016 dan disertai juga lampiran persetujuan oleh warga sekitar, namun belum ada jawaban dari pihak Pemkab Tuban sampai sekarang.

Karna masih Polemik Patung Terbesar di Indonesia ini harus Ditutup Kain Dulu, Entah Maksudnya Apa? (image by detik.com)

Kong Co Kwan Sing Tee Koen

Ok terlepas dari kontroversi tersebut, pembangunan patung dewa raksasa di Tuban ini memang eksotis banget dan bisa menambah daya tarik destinasi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Keren kan kalau Indonesia juga punya patung terbesar di dunia.

Semoga Pemda setempat bisa bijaksana dan tidak ada niat untuk membongkar keberadaan patung itu karena alasan yang dibuat-buat alias mendapat tekanan dari kaum bumi datar. Mari kita saling menjaga Toleransi antar umat beragama di Indonesia, jangan ganggu keyakinan umat lain…nanti giliran dibalas ngambek. 😀