Kasihan! Pemuda Difabel Kaki Satu Shalat Berjamaah di Masjid Kena Tipu Orang

Keterbatasan fisik tak menjadi penghalang seorang muslim untuk menunaikan kewajiban shalat. Ini juga yang dilakukan oleh Adri, pemuda difabel kaki satu yang tak absen shalat berjamaah di Masjid. Video pria shalat dengan kaki satu itu  pertama kali direkam oleh pengguna Facebook bernama Mohamad Gunadi. Dalam postingannya di facebook, Gunadi menceritakan pertemuannya dengan pemuda difabel menakjubkan tersebut.

Cerita bermula pada tanggal 22 Juli 2017, saat itu Adri yang asli orang Banyuwangi baru 12 hari tiba di Kota Balikpapan. Keduanya sama-sama ingin menunaikan shalat di Masjid Al-Aman Polresta Balikpapan. Sebenarnya saya bertemu dia sudah sejak Shalat Dzuhur, Ashar dan ketika Maghrib di hari Sabtu itu. Namun kami baru membuka percakapan menjelang waktu sholat Isya, ungkap Gunadi.

Pemuda Difabel Kaki Satu Shalat Berjamaah di Masjid

Kemudian saya sempat berbincang sedikit dengan Adri selagi melepas sepatu untuk wudhu. Dirinya menanyakan apakah Adri bekerja di sekitar daerah ini Polres Balikpapan?

Adri, pemuda dengan keterbatasan fisik itu menjawab, ‘Belum pak, masih mencari-cari kerja. Saya sendiri baru tiba di Balikpapan 12 hari lalu karena diajak kenalan untuk bekerja disini, tapi rupanya saya ditipu dan bukan hanya itu saja, barang-barang berharga saya dari Dompet sampai HP dicuri oleh teman saya. Seketika terdengar suara Azan berkumandang dan terpaksa percakapan kami hentikan.

Video Adri Sang Pemuda Difabel Berkaki Satu Saat Sedang Shalat Berjamaah di Masjid Al-Aman Balikpapan

Posted by Mohamad Gunadi on Wednesday, 26 July 2017

Sehabis Shalat Adri melanjutkan cerita bahwa dulu ia sebenarnya seorang supir Truk gandeng Fuso, namun mobilnya naas mengalami kecelakaan sekitar bulan April 2016. Akibat kecelakaan itu kakinya pun terpaksa diamputasi sampai ke pangkal paha. Jujur ia sangat sulit mencari pekerjaan lagi karena kaki buntung cacatnya itu, setiap ia melamar kerja ia langsung ditolak mentah-mentah dengan alasan yang dibuat-buat.

Mohamad Gunadi sangat salat dengan kegigihan pemuda difabel asal Banyuwangi itu. Meski hidup dalam serba kekurangan baik fisik maupun ekonomi. Ia selalu istikamah salat ke masjid setiap waktu salat, di sela-sela dia berusaha mencari pekerjaan. Yang lebih menakjubkan lagi, Pemuda itu selalu berusaha untuk shalat tetap berdiri meskipun hanya mengandalkan satu kaki saja.

Sempat Gunadi bertanya kenapa Adri sebaiknya tak menunaikan Shalat sambil duduk saja? Dirinya menjawab karena masih kuat menjalankan Shalat berdiri dengan satu kaki. Saya hanya akan duduk ketika sangat sangat terpaksa, biasanya saat kondisi tubuh drop karena capek berjalan jauh mencari pekerjaan ungkap Adri.

Posted by Mohamad Gunadi on Wednesday, 26 July 2017

Tak ingin melewatkan moment luar biasa itu, Gunadi pun memvideokan Adri yang sedang Shalat. Namun tak lupa juga ia menunjukkan rekaman itu sekaligus minta izin untuk menyimpannya sebagai penyemangat agar Gunadi sendiri selalu semangat untuk menunaikan Shalat, terutama ketika salat berjemaah di Masjid.

Kisah tentang Adri, pemuda difabel yang shalat dengan kaki satu ini memang sederhana untuk kita lihat, tapi makna yang luar biasa ditunjukkan pada hambanya yang begitu berusaha untuk menunaikan kewajiban kepada sang pencipta meski dalam keterbatasan fisik. Satu doa teriring untuk Mas Adri, semoga segera mendapatkan pekerjaan, dapat Bos yang baik hati juga 😀