Pengobatan Asma Aneh Telan Ikan Hidup-hidup di India

Ingin sembuh dari penyakit asma, batuk menahun, sinus, polip, tenggorokan berlendir dan semua masalah saluran pernapasan. Coba saja pengobatan asma aneh telan ikan hidup-hidup di India ini. Meski tak lazim, nyeleneh sekaligus tak masuk akal bagi kita melihatnya, namun bagi warga India sendiri metode pengobatan ini sudah lama diyakini ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit akut dari asma, paru-paru bengek sampai THT alias telinga hidung dan tenggorokan.

Adalah nganu..maaf maksudnya Keluarga Tabib bernama Bathini Goud di Hyderabad, India yang memprakarsai pengobatan herbal massal untuk penyembuhan asma ini. Tiap tahunnya pengobatan asma dengan menelan ikan  hidup-hidup ini dilakukan sebanyak 2 kali dan lebih dari puluhan ribu masyarakat India rela mengantri panjang dari pagi sampai malam berharap mendapatkan kesembuhan dari terapi pengobatan asma yang terbilang aneh itu.

Kalau dengan menelan ikan hidup-hidup bisa menyembuhkan penyakit asma lalu kenapa tidak melakukannya sendiri dirumah? Ngapain capek-capek ngantri panjang coba! Ini dia rahasia yang disembunyikan oleh keluarga Tabib Bathini Goud, karena ada ramuan ajaib dalam pengobatan asma itu.

pengobatan asma aneh

Sebelum ikan ditelan dan masuk ke dalam kerongkongan, ikan itu akan diolesi ramuan herbal India berwarna kuning. Ramuan ini sudah dipercaya sejak 178 tahun lalu, peninggalan dari leluhur desa mereka, salah satu keluarga yang masih menjaga keaslian resep itu adalah keluarga tabib Bathini Goud. Ikan yang digunakan biasanya ikan mas dan ikan gabus kecil minimal berukuran 5 cm.

Tidak main-main dalam pengobatan unik asma ini, akan dihadirkan seorang Pendeta yang mencari hari baik dulu sesuai ramalan perbintangan. Dari anak-anak kecil sampai orang tua lanjut usia mereka wajib menelan ikan masuk ke dalam kerongkongan tanpa di kunyah saat masih di mulut. Jadi mulut dingangakan lebar, kemudian ikan dicolok/disentil dan lubang hidung pasien ditutup sambil sang tabib memastikan kalau ikan sudah masuk langsung ke dalam lambung.

Setelah itu pasien harus menjalani diet ketat makanan selama 48 hari, selama waktu tersebut mereka tidak boleh memakan apapun yang disajikan dengan cara digoreng, hanya boleh direbus ataupun dibakar saja. Dan hanya ada 27 jenis daftar makanan saja yang boleh disantap. Kalau sampai melanggar maka penyakit asma, paru-paru atau THT yang mereka derita bisa kambuh kembali.

Video Aneh Pengobatan Asma di India, Telan Ikan Hidup-hidup

Meski rentan dengan resiko berbahaya tersedak di tenggorokan akibat menelan ikan masih hidup namun pengobatan asma aneh ini masih laris manis dikunjungi puluhan ribu masyarakat Hyderabad, India tiap tahunnya.

Mungkin karna faktor kemiskinan, mereka tak mampu membayar mahalnya berobat ke Dokter maupun ke Klinik, masyarakat lebih memilih telan ikan hidup-hidup untuk menyembuhkan penyakit asma mereka. Karena biaya dalam pengobatan tradisional asma ini sangat rendah kalori, cukup membayar 15 Rupee saja atau sekitar 3 ribu rupiah.