Turki Surganya Anjing dan Kucing Jalanan, Mereka Boleh Tidur di Rumah Warga, Mall Bahkan Bioskop

Tahukah kamu? Di negara Turki anjing dan kucing jalanan boleh tidur di rumah-rumah warga, menginap di toko, mall, kafe, restoran bahkan di dalam bioskop. Tak berlebihan memang jika Turki diibaratkan surganya hewan-hewan terlantar yang bernasib malang. Begitu perdulinya masyarakat Turki akan nasib-nasib hewan yang kurang beruntung ini.

Tak ada pengusiran apalagi sampai tega menendang atau mengusir mereka dari depan toko. Saking belas kasihnya, warga pun memperbolehkan anjing, kucing dan hewan terlantar lainnya seperti burung merpati, burung camar, entok untuk menginap/bersarang di tempat tinggal makhluk yang namanya manusia.

Potret Kehidupan Anjing-anjing dan Kucing Jalanan di Turki (Image by facebook Ayas Saraswati Ergüven)

turki surganya anjing dan kucing jalanan

Padahal seperti yang kita tahu, Turki termasuk salah satu negara dengan jumlah populasi penduduk Muslim terbesar di dunia. Tapi kasih sayang dan kepedulian mereka tak berkurang sedikitpun, bahkan untuk hewan yang dianggap najis seperti anjing.

Anjing Dan Kucing di Dalam Toko

Sahabat kejadiananeh.com, pengalaman ini didapatkan langsung oleh teman facebook saya bernama Ayas Saraswati Ergüven, kebetulan wanita cantik asal Indonesia ini bersuamikan warga negara Turki asli. Berikut pengalaman Ayas Saraswati tentang kehidupan kucing-kucing dan anjing jalanan di Turki.

Turki anjing dan kucing jalanan boleh tidur di rumah warga

“Di Turki, hewan2 liar seperti Anjing ini gak akan ditendang2 karena dianggap najis atau diusir pakai sapu (apalagi dimasak 😭). Saat musim dingin, mereka diperbolehkan masuk ke toko2 retail seperti ini, kafe, bahkan bioskop!

kucing di turki

Persahabatan Unik Raja-raja Islam dengan Anjing si Penjilat

Saking mengasihinya, Kadang malah dibuatkan rumah supaya mereka kuat tidur di luar, lengkap dengan selimut tebal untuk menghangatkan tubuh mereka. Makanan pun dikasih setiap hari, kadang makanan sisa, kadang khusus dibeli untuk mereka, kadang makanan anjing/kucing kemasan (dog food).

surga anjing

Disini.. Anjing dan kucing liar semua gendut2, silakan lihat anjing2 yang di foto gendutnya kaya apa. Burung merpati dan camar yang populasinya banyak pun semuanya gendut2. Saking makmurnya banyak sekali anjing tua di jalan, karena mereka panjang umur sehat selalu. Gak ada yang najis, gak ada yang galak karena mereka pun diperlakukan secara baik oleh manusia2 yang benar2 manusiawi. 😭😭😭

Turki Surganya Anjing dan Kucing Jalanan, Mereka Boleh Tidur di Rumah Warga, Mall Bahkan Bioskop

Catatan: foto anjing2 yang tidur dalam toko diambil oleh seseorang yang kami tidak kenal di Yalova, Turki. Foto lainnya diambil sendiri oleh saya dan suami, mayoritasnya di Istanbul, Turki.

anjing masuk surga

Seorang netizen lain juga ikut mengomentari dan menceritakan pengalamannya di Turki;

Mayang M Rahayu ; “Laaaaah aku k toko turki di Essen Jerman. Si ibu nya jilbab lebar kl musim salju dia bawa guguk k dlm tokonya trus dia mandi aja kl mau sholat. Tapi Tempat sholat memang gak boleh msk anjing. Simple idupnya, Tak Tun Tuang!!

anjing di turki

Keren banget ya cuy, jadi pengen ngontrak di Turki hahaha….Beda amat sama di negeri kita Indonesia, kebanyakan ngurusin harom harom, najis, ataugak selangkangan orang. Gitu-gitu mereka juga ciptaan Tuhan, lah kalo sampe salah berarti Tuhan Khilap dong ciptain mereka. Air liur anjing najis tapi kan bisa dibersihin, lahh giliran ciuman kebelit lidah sama pacar garukk terusss padahal kan zina, udah ah ntar kebablasan aye diaduin ke F Pea lagi..

Btw pernah mendengar tentang Masjid Kucing Aziz Mahmud Hudayi di Turki? Yups Masjid ini memperbolehkan puluhan kucing liar yang tak mempunyai “rumah” untuk tinggal di dalam Masjid dan hebatnya lagi, para jamaah yang sedang khusyuk melakukan sholat tidak merasa terganggu sama sekali dengan kehadiran gerombolan si meong yang sering bertingkah konyol ini. Btw cerita selengkapnya dimari cuy 😀

Meong, Kucing-Kucing Pun ‘Beribadah’ di Masjid Turki

Turki Surganya Anjing dan Kucing Jalanan, Mereka Boleh Tidur di Rumah Warga

anjing dan kucing liar di turki