Tempat Cuci Baju Terbesar di dunia Dhobi Ghat, India

Tahukah kamu dimana tempat cuci baju terbesar di dunia? Jawabannya berada di Dhobi Ghat, Kota Mumbai India. Jangan membayangkan tempat cucian baju terbesar ini menggunakan mesin cuci canggih seperti tempat laundry yang sering kita temui. Karna semua dilakukan secara manual alias tenaga manusia.

Tempat Cuci Baju Terbesar di dunia Dhobi Ghat, India

Dengan menggunakan alas papan kayu, ribuan kuli cuci akan membersihkan semua pakaian dengan kedua tangan mereka.

Foto Tempat Cuci Baju Laundry Terbesar di Dunia yang berada di Dhobi Ghat Mumbai India

Tempat Cuci Baju Terbesar di dunia Dhobi Ghat, India

Karna saking banyaknya yang bekerja, tak heran jika tempat cuci baju paling besar ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan lokal maupun manca negara.

tempat cuci baju terbesar

Setiap harinya ada ratusan ribu helai pakaian yang dicuci oleh 7500 pekerja, semua dikerjakan manual dengan tangan dari mencuci, mengeringkan sampai menyetrika pakaian. Selama 20 jam dalam sehari para kuli cuci ini akan bergantian bekerja. Uniknya bukan kaum hawa saja yang bekerja disini, banyak laki-laki yang juga bekerja dengan piawainya jari-jari lentik mereka memilah baju, membilas, menjemur sampai menyetrika baju dan celana.

Dhobi Ghat Laundry

Sebelumnya baju-baju kotor akan dimasukkan ke dalam bak yang berisi air serta dilengkapi dengan batu gosok cucian. Di tempat cuci baju Dhobi Ghat ini jumlah baknya sekarang sudah mencapai lebih dari 1200 bak.

Selamat Datang di Rumah Sakit Terburuk di Dunia, Datang Sehat Pulang Dijamin Meninggal Dunia

Mayoritas orang yang menggunakan jasa cuci ini berasal dari Hotel, Rumah sakit dan sisanya masyarakat umum. Sejarah tempat cuci terbesar Dhobi Ghat di India ini sudah ada sejak tahun 1890, dulunya jasa mereka digunakan oleh bangsa penjajah persia dan Inggris. Hingga akhirnya sekarang Dhobi Ghat menjadi salah satu ikon perkembangan ekonomi di Kota Mumbai.