Kejadian Unik Ayam Tanpa Kepala yang Hidup 2 Tahun Setelah Dipotong

Mike hanyalah seekor ayam, tapi siapa sangka kalau kisah hidupnya yang ajaib dapat menggemparkan dunia. Meski hidup tanpa kepala dan paruh Mike bisa hidup normal seperti ayam lainnya, walau makan dan minum harus disuapi dengan sedotan pinset.

Kejadian Unik dan Menarik untuk dilihat kembali ini terjadi pada 10 September tahun 1945 dari seorang petani Lloyd Olsen dari Fruitta, Colorado Amerika Serikat. Mike Sang ayam ajaib dapat bertahan hidup tanpa kepala selama dua tahun. Bahkan karena keunikannya itu, ia menjadi terkenal di dunia. Nama Mike semakin mendunia dan terkenal hingga ia dijuluki orang  ‘Mike, The Headless Wonder Chicken’. 

Kejadian Unik Ayam Tanpa Kepala
Kejadian Aneh Mike hidup tanpa kepala bermula pada saat sang pemilik Lloyd Olsen berniat memotongnya untuk dijadikan sebagai hidangan makan malam dengan keluarganya. Saat menyembelih kepala ayam, entah kenapa ada yang salah potong bagian atau tidak,  pastinya saat itu Lloyd berhasil memutuskan bagian kepala Mike.

Aneh, meski Mike yang sudah berkeadaan tanpa kepala masih bisa hidup setelah terjatuh di tanah untuk beberapa lama. Tiba-tiba ia berlarian, mencoba mematuk tanah dan mengepakkan sayapnya seakan tidak ada kejadian yang salah dengan dirinya. Melihat pemandangan unik tersebut Lloyd menjadi bingung dan dirinya akhirnya memutuskan untuk merawat Mike kembali sebagai hewan peliharaannya.

Kisah Ayam Ajaib Mike

Tapi sedihnya semenjak kejadian pemenggelan kepala itu, Mike sang ayam tak dapat melakukan semua aktivitas yang bisa dilakukan ayam lain pada umumnya. Karena hidup tanpa kepala, dirinya menjadi buta , tidak bisa makan dan minum. Meski demikian, kekurangan itu tak membuat Mike si ayam tanpa kepala itu patah semangat.

Merasa iba dan kasihan membuat Lloyd sang pemilik ayam memutuskan untuk memberi makan biji-bijian dan minum seperti biasa melalui pipet. 2 minggu kemudian Lloyd membawa ayamnya untuk diperiksa ke Universitas Utah.

Dalam pemeriksaannya Ilmuwan ini menjadi terkejut. Ia mulai mengamati Mike unggas menakjubkan itu, ternyata kapak jagal Lloyd tidak mengenai pembuluh darah dari otak menuju jantung (jugular vein), yang membuat jaringan otak dan satu telinga Mike tidak terputus.

Perlu diketahui proses penyembelihan Hewan di Amerika berbeda dengan di Indonesia. Dan karena reaksi seekor ayam sebagian besar diatur oleh jaringan otak ini, Mike dapat beraktifitas seperti biasa walaupun telah kehilangan kepala. Ternyata sebuah gumpalan darah beku menyelamatkan Mike saat pendarahan hingga sampai ia dapat hidup dan tidak mati.

Mike The Headless Chicken

Semenjak itu setiap hari Lloyd selalu telaten untuk memberi makan Mike susu dan air dengan menggunakan jarum suntik ataupun pinset. Kabar keunikan Mike si ayam tanpa kepala pun semakin menyebar hingga dirinya dijuluki “The Headless Wonder Chicken”. Kepopuleran Mike semakin terkenal dan menjadi bintang pertunjukan dalam setiap show. Dirinya membuat sang majikan berhasil mendapatkan uang US $4500 atau sekitar 49 juta per bulan, jumlah uang yang sangat sangat banyak pada masa itu.

Dua tahun lamanya Mike dapat hidup meski tanpa kepala, namun sebuah kecerobohan dilakukan oleh Lloyd, dirinya lupa membawa suntikan pipet yang biasa dia bawa untuk memberi makan dan minum Mike. Kecerobohan itu membuat Mike tewas dan saat itulah kisah kehidupan unik si ayam ajaib berakhir.

Foto Mike Ayam Ajaib diabadikan dalam Patung Monumen
 
Kejadian Aneh Ayam Tanpa Kepala

source referensi id.wikipedia.org