kejadiananeh.com

Mengenang Saint Seiya, Anime yang Pernah Booming Di Indonesia

Masih Ingatkah kamu dengan  Saint Seiya?  Anime Manga yang melegenda. Mengenang Saint Seiya, Anime ini sangat booming di Indonesia pada Era 80 dan 90an jauh sebelum Satria Baja Hitam, Sailor Moon, Ultraman dan Power Rangers Terkenal. Bagi yang lahir di Era ini suka menonton dan tidak pernah melewati Acara Saint Seiya pasti memiliki masa kecil yang sangat bahagia karena anime ini gak kalah keren dengan Anime jaman sekarang. Dari Style pakaian, gambar, efek, serta pertarungannya meskipun bernuansa petarung di jaman Athena.

Mengenang Saint Seiya, Anime

Kisah dalam Manga ini menceritakan tentang lima pendekar yang diberi julukan ‘Saint’ dan memiliki kekuatan dari pelindung tubuh (armor) yang disebut “Cloth”, yaitu berasal dari rasi bintang masing-masing pemiliknya. Setiap Saint memiliki kekuatan khusus yang disebut “Cosmo”. Mereka diberi tugas untuk melindungi Saori Kido, reinkarnasi dari Dewi Athena (Dewi perang dan kebijakan). Saori dulunya berada di Sanctuary, tempat para Saint yang mengabdi pada Athena. Tetapi, salah satu Saint berkhianat dan memperdaya Saint lain untuk membunuh bayi Saori.

Akan tetapi Saint Emas Sagitarius Aiolos menyadari kekeliruan berusaha menyelamatkan Saori. Ketika Sagitarius Aiolos hampir tewas, dia menitipkan bayi Saori pada seorang konglomerat, Mitsumasa Kido dan memintanya untuk membesarkan Saori. Setelah dewasa, Saori lalu mengumpulkan Saint-Saint yang dijadikan pelindungnya. Mereka bersumpah setia di bawah perintah Saori. Mereka lalu pergi ke Sanctuary untuk menggulingkan kekuasaan sesat Saint Gemini Saga yang menjelma menjadi Pope (Paus), setelah membunuh Pope yang asli. Dan yang menjadi Tokoh Utama dalam Manga Saint Seiya ini adalah 5 Saint Perunggu yaitu :

1. Pegasus Seiya 

Pegasus Seiya

Seiya adalah salah satu dari 88 Saint yang mengabdi pada Athena/Saori. Bisa dibilang dia adalah saint yang paling setia dan gigih berjuang untuk Athena. Karakteristiknya seperti tipikal hero komik remaja lelaki kebanyakan. Bisa dibilang dia adalah Saint perunggu utama, karena determinasi dan semangatnya yang tak pernah padam selamanya. Clothnya berasal dari rasi bintang Pegasus, dan berbentuk Kuda Pegasus.
Jurus andalannya adalah : 
#Tinju Meteor Pegasus (Pegasasu ryuseiken) : rangkaian pukulan beruntun yang setiap pukulannya melebihi kecepatan suara, dan kadang-kadang mencapai kecepatan cahaya. 
#Tinju Komet Pegasus (Pegasasu suiseiken) : seluruh kekuatan pukulan tinju meteor dijadikan satu pukulan super. 
#Pegasus Rolling Crush (Pegasasu Roringu Kurasshu) : mencengkram tubuh lawan, lalu mengangkatnya ke udara dan menjatuhkan dirinya beserta lawan di bagian kepala terlebih dahulu. 
2. Dragon Shiryu

Dragon Shiryu

Shiryu adalah Saint perunggu yang paling bijaksana. Dia berlatih di puncak gunung dibawah asuhan Saint emas Libra. Dia lebih taktis dan tenang dibanding rekan-rekannya. Awalnya dia Saint yang angkuh dan bangga akan kekuatannya; namun, setelah bertemu Seiya di Turnamen Saint Perunggu, sifatnya berubah. Jika sudah mengeluarkan seluruh kekuatannya, dia bisa membunuh musuh sekaligus dirinya sendiri dengan kekuatannya. Clothnya berasal dari rasi bintang Draco/naga, dan berbentuk Naga.
Jurus andalannya adalah : 
#Tinju Naga Mendaki Gunung (Rozanshoryuha) : serangan yang menggunakan kekuatan pukulan dan tendangan bersamaan, dibantu dengan kekuatan dari cosmo. Memiliki kelemahan yaitu terbukanya rongga dada selama beberapa detik ketika tinju ditarik kebelakang. 
#Tinju Seratus Naga Mendaki Gunung (Rozanhyakuryuha) : serangan yang dipelajari Shiryu dari gurunya, Saint emas Libra Dohko. Kekuatannya seratus kali lipat dibanding Tinju Naga mendaki gunung biasa. 
#Tinju Naga Mendaki Langit (Rozankoryuha) : mirip dengan Pegasus Rolling Crash, mencengkram tubuh lawan, namun membawanya terbang sampai ke atmosfer dengan bantuan kekuatan cosmo. Jurus ini hanya diperbolehkan digunakan oleh Shiryu ketika semua jurusnya sudah tidak mempan terhadap musuh. 
3. Andromeda Shun 

Andromeda Shun

Shun adalah anak lelaki yang membenci kekerasan, yang sangat aneh untuk dijadikan Saint yang sangat keras kehidupannya. Dia dikirim ke Pulau Kematian, tapi digantikan oleh kakaknya, Ikki. Dia lalu berlatih dibawah bimbingan Daedalus, dan menggunakan cloth Andromeda. Shun adalah satu-satunya Saint yang memakai senjata di antara kelima tokoh utama, namun di saat terdesak, sering digantikan oleh kakaknya, Ikki. Sebenarnya dia memiliki serangan pamungkas yang mematikan, yaitu badai nebula. Tapi karena membenci kekerasan dan tidak ingin ada kematian di pihak lawan, dia jarang menggunakannya dalam pertempuran. Clothnya berasal dari rasi bintang Andromeda dan berbentuk Andromeda yang dirantai.
Jurus andalannya adalah : 
#Rantai Nebula : menggunakan rantainya sebagai senjata dan dapat menebak arah musuh berdasarkan hawa membunuhnya. 
#Rantai Pertahanan : rantainya membentuk suatu sangkar yang berputar mengelilingi Shun untuk melindunginya. 
#Thunder Wave : rantainya membentuk halilintar zig-zag untuk menyerang musuh dengan cepat. #Aliran Nebula : aliran udara yang diubah tekanannya oleh cosmo Shun. Sekali ada yang bergerak, maka aliran itu akan menjadi badai Nebula. 
#Badai Nebula : aliran Nebula yang tekanannya tiba-tiba berubah. Dapat menghancurkan apapun yang
bergerak setelah dikelilingi aliran Nebula. 
4. Cygnus Hyoga 

Cygnus Hyoga

Tidak seperti Saint perunggu lain, Hyoga memiliki ibu yang sudah meninggal di Laut Siberia. Dia berlatih dibawah Saint perak Crystal yang juga merupakan murid dari Saint emas Aquarius Camus. Tapi akhirnya dia menjadi Saint Cygnus, setelah kematian sahabatnya Isaac karena mencoba menolong Hyoga yang menyelam untuk mencari mayat ibunya. Clothnya berasal dari rasi bintang Cygnus, dan berbentuk angsa.
Jurus andalannya adalah : 
#Debu-debu Intan (daiyamondo dasuto) : menembakkan kristal-kristal salju ke arah musuh
#Holodnyj Smerc (Horodoni sumeruchi,Sirilik : berarti tornado es dan diubah namanya menjadi Aurora Thunder Attack dalam versi anime seperti mengumpulkan hawa dingin cosmo sehingga membentuk tornado, lalu menembakkannya ke arah musuh dengan beberapa hentakan yang mengakibatkan badai es. 
#Aurora Execution (orora ekusukyushon) : menembakkan hawa dingin titik nol mutlak beku ke arah musuh. Jurus ini didapatkan Hyoga ketika bertempur melawan Saint emas Aquarius Camus di kuil Aquarius. 
5. Phoenix Ikki

Phoenix Ikki

Ikki adalah orang yang pemarah, sombong dan suka bertarung, diyakini bahwa dia merupakan Saint perunggu yang paling terkuat. Awalnya dia sangat murka karena dikirim ke Pulau Kematian oleh Athena. Tapi dia akhirnya malah membantu Athena dan menjadi Saint perunggu paling bisa diandalkan. Dia mempunyai keistimewaan yaitu dapat kembali dari manapun, di dimensi apapun. Selain itu clothnya memiliki kemampuan untuk pulih kembali (regenerasi) setelah hancur. Dia biasanya melawan musuh-musuh yang tidak bisa dikalahkan oleh Saint perunggu lainnya. Dia sangat tangguh dan kuat. Kemampuannya selalu meningkat bila menerima jurus dari musuh yang tidak mempan baginya. Clothnya berasal dari rasi bintang Phoenix, dan berbentuk burung Phoenix.
Jurus andalannya adalah :

#Tinju Sayap-sayap Phoenix ( Hoyokutensho) : tinju super yang menembakkan aliran panas merusak dalam satu serangan. 
#Tinju Ilusi (Hoogenmaken) : menggunakan kekuatan cosmo untuk menyerang langsung ke otak musuh. Dapat membuat pikiran musuh hancur dan membuat ilusi buruk bagi musuh. Terkadang dapat membunuh musuh secara langsung. Hanya dapat berfungsi bila musuh memiliki kenangan/ilusi buruk yang pernah dialaminya. 
Tentang 12 Gold Saint Emas dan Kuil nya
Setiap Saint Emas berkewajiban untuk menjaga kuilnya di Sanctuary sesuai dengan simbol zodiak di gold crossnya dan kuil yang dijaganya.

12 Gold Saint
1. Saint Pisces Aphrodite

Aphrodite sering dikatakan sebagai Saint Emas Tercantik, karena memang wajahnya mencerminkan hal itu. Namun, penjaga kuil Pisces ini merupakan salah satu Saint emas yang tidak memiliki rasa kasihan terhadap musuhnya. Ia menggunakan senjata mawar beracun di dalam jurusnya. Ia juga mengetahui rahasia Gemini Saga sebagai Pope of Sanctuary yang sebenarnya, dan menjadi salah satu Saint emas yang mengetahui rahasia itu. 
2. Saint Aquarius  Camus

Dia adalah Saint emas pengawal kuil Aquarius, dan juga guru Cygnus Hyoga dan Kraken Isaac di manga. Dalam anime, dia adalah guru Crystal Saint, yang merupakan guru Hyoga dan Isaac. Camus adalah Saint berperilaku dingin, karena ia percaya Saint emas sebagai yang terkuat di antara penjaga Athena, tidak boleh menunjukkan kejengkelan atau itu akan membuat orang-orang dalam keputusasaan.

Dalam manga, dia menyatakan bahwa dia benar-benar tahu bahwa Pope itu tidak bekerja di bawah kehendak Athena, tapi dia masih terus bekerja di bawah perintah untuk memenuhi perannya sebagai Saint emas Aquarius. Meskipun demikian, ia senang melihat muridnya Hyoga berjuang untuk Athena.

3. Saint Capricorn Shura 

Shura sebagai penjaga kuil Capricorn memiliki kesetiaan berlebihan kepada Athena. Namun, setelah Gemini Saga menjadi Pope of Sanctuary, ia turut membantu Saga dan mengatakan bahwa Aiolos adalah pengkhianat, karena membawa Athena (Saori) yang masih bayi. Shura mendapat status sebagai seorang Saint emas Capricorn pada usia yang masih 10 tahun. 

4. Saint Sagitarius Aiolos

Dia adalah salah satu dari 12 Saint emas penjaga Sanctuary, yang menjaga kuil Sagitarius. Aiolos adalah Saint emas yang terkenal suci yang meninggal dibunuh Saint emas Capricorn Shura karena melindungi Athena ketika masih bayi.

Aiolos selalu dikaitkan dengan paradigma kebenaran, terlihat sebagai Saint yang sempurna dan salah satu dari dua Saint emas yang bisa berhasil seperti Aries Shion sebagai Pope Sanctuary berikutnya dan juga orang yang terpilih. Di luar dari keadaannya, Aiolos sering membantu Seiya berkali-kali dengan cara mengirim Gold Cloth Sagitarius untuk membantu dan melindunginya.

5. Saint Scorpio Milo 

Milo adalah Saint emas penjaga kuil Scorpio. Karena teknik utamanya menimbulkan rasa sakit luar biasa kepada para korban, Milo selalu memberikan lawan-lawannya pilihan untuk menyerah, atau menjadi gila karena sakit yang tak tertahankan. Dia juga melihat kebanggaan sangat penting dalam seorang Saint emas dan tampaknya akan selalu siap untuk membersihkan nama teman-temannya. Meskipun demikian, ia adalah seorang prajurit yang mulia bisa mengakui kekalahan, bahkan terhadap musuh yang lebih lemah. 
6. Saint Libra Dohko 

Dohko adalah salah satu Saint emas Libra yang selamat dari Perang Suci pertama yang berlangsung 243 tahun yang lalu, bersama dengan temannya, Aries Shion (guru Aries Mu). Dohko adalah guru dari Shiryu, dan memiliki anugerah berkat ilmu Misopetha Minos dari Athena, yang membuatnya terlihat berumur 243 tahun lebih; padahal yang sebenarnya ia masih berumur 18 tahun dan 243 hari (karena ilmu Misopetha Minos membuat detak jantung Dohko hanya berjumlah ±100.000 detak per tahun, yang sebenarnya jumlah ±100.000 detak hanya untuk satu hari pada manusia normal).

Ia mengajarkan ilmu-ilmu bijaksana kepada Shiryu, dan sering menjadi pembimbing yang baik bagi para Saint perunggu. Semua itu didasarkan pada pengalamannya yang hampir tiga abad menjadi seorang Saint. 

7. Saint Virgo Shaka 

Sebagai pengawal kuil Virgo di sepanjang tangga Sanctuary, Shaka telah memainkan peran penting terutama dalam pertempuran antara Athena dan Pope. Ia disebut berkali-kali cerita sebagai “manusia setengah dewa” karena ia memiliki kekuasaan luar biasa dan juga dianggap sebagai satu-satunya Saint emas yang memiliki kendali penuh atas Araya Shiki (Indera kedelapan). Ia dikatakan sebagai reinkarnasi Buddha. Shaka sendiri diceritakan menempati tempat antara Tuhan dan manusia, tinggal di antara dua dunia, memiliki berkat serta kutukan. Sebagai seorang Bodhisattva, dan diberkahi dengan alam semesta yang paling kuat dari semua Saint, Shaka juga dikatakan sebagai orang yang paling dekat dengan Tuhan.

Bahkan sebagai seorang anak di India, Shaka itu terlalu cepat menjadi dewasa dan dapat berkomunikasi dengan Tuhan. Untuk orang yang hidupnya baru saja dimulai, ia telah sangat peka terhadap penderitaan dan kematian dari kehidupan manusia. Melihat kesakitan dan kematian seperti yang tercermin dalam Gangga membuat Shaka kecil melihat keputusasaan, atau krisis iman. Dengan belajar dan pelatihan esoterik, Shaka akhirnya menjadi cukup kuat untuk mengenakan jubah Emas Virgo.

Untuk sebagian besar hidupnya, ia akan melihat perasaan manusia dengan campuran rasa kasihan dan kasih sayang tanpa terikat kepada mereka, dengan amalan tetapi tidak selalu dengan cinta. Pendirian teguh tampaknya menjadi jawaban Shaka terhadap pertanyaan yang diajukan oleh pedihnya kehidupan manusia, dan ia melihat kemanusiaan dari sudut Tuhan daripada pengalaman hidup. Dia akan mengalami perubahan sikap ini dalam pertemuannya dengan Phoenix Ikki. Pada akhirnya, Shaka harus ingat bahwa ia adalah seorang manusia juga, dan kembali ke kodratnya. 

8. Saint Leo Aiolia

Aiolia, sang penjaga kuil Leo ditampilkan sebagai contoh bagi Saint emas lain karena kebenaran dan kekuatannya. Dia adalah adik dari Sagitarius Aiolos yang difitnah sebagai pengkhianat yang berusaha membunuh Athena ketika ia masih bayi. Karena ini, Aiolia bekerja keras untuk membuktikan kesetiaannya kepada Athena dan menghapus rasa malu atas fitnah terhadap tindakan kakaknya.

Bahkan saat Aiolia pikir Aiolos adalah seorang pengkhianat, ia menunjukkan rasa hormat yang besar pada ingatannya. Aiolia adalah seorang Saint yang kurang penyabar, namun memiliki semangat tinggi yang memengaruhinya dalam bertindak. Lebih dari sekali, hal ini menciptakan konflik-konflik antara dirinya dengan Aries Mu. 

9. Saint Cancer Death Mask 

Dia digambarkan sebagai orang yang sangat sadis dan orang jahat yang menggunakan kekuasaan sesuai keinginannya tanpa takut pada kehendak Athena. Deathmask memenuhi kuil Cancer-nya dengan wajah korban – prajurit dan masyarakat sipil termasuk pria, wanita, dan bahkan anak-anak tidak bersalah. Deathmask adalah salah satu dari sedikit Saint yang mengetahui kebenaran tentang Pope dan Saint Gemini, bersama dengan Pisces Aphrodite, tapi ia terus mematuhi perintahnya. 
10. Saint Gemini Saga 

Saga berhasil menempatkan dirinya untuk mengendalikan para Saint emas dengan berkhianat selama bertahun-tahun setelah membunuh Pope Shion (yang juga merupakan Saint emas Aries Shion, guru dari Aries Mu), Pope of Sanctuary yang asli dengan mencuri identitasnya, dengan tujuan membunuh Athena dan menguasai dunia.

Saga sering digambarkan sebagai seseorang dengan kepribadian ganda, memiliki kebaikan dari malaikat tetapi dengan kegelapan setan (memiliki dua karakter bertolak belakang, sesuai simbol zodiaknya, Gemini, yang berarti kembar). Ambivalensi ini akhirnya menciptakan sebuah kepribadian ganda: Saga yang baik yang sangat setia pada Athena dan yang jahat yang membuat tubuh mengendalikan sebagian besar waktu dan membunuh Pope sebelumnya untuk mencuri kekuasaanya.

Ketika mengambil alih tubuh Saga, rambutnya berubah dari pirang ke hitam pekat (skema warna itu diubah untuk anime, di mana yang biasanya Saga rambut biru berubah abu-abu terang). Jiwa Saga yang terdiri dari dua karakter, masing-masing karakternya dapat berkomunikasi dengan karakter yang lain (sehingga terlihat Saga berbicara pada dirinya sendiri). 

11. Saint Taurus Aldebaran

Aldebaran adalah salah satu dari 12 Penjaga Sanctuary, dengan Taurus sebagai simbol zodiaknya. Ia memiliki fisik terkuat dari semua Saint emas. Dia berasal dari Brasil. Tidak seperti kebanyakan karakter, Aldebaran seringkali digambarkan sebagai orang yang ramah, tertawa, dan menjadi kurang serius dalam waktu santai. Dia adalah teman baik Aries Mu.

Meskipun Aldebaran mengikuti perintah Pope (Saint emas Gemini Saga), ia semakin ragu terhadap integritasnya dan menguji Saint perunggu (Seiya, Shiryu, Hyoga, Shun, dan Ikki) selama invasi mereka di Sanctuary. Menurut Aries Mu, Aldebaran bisa saja membunuh semua dari mereka jika ia menggunakan kekuatannya yang sebenarnya, tetapi Aldebaran menjawab bahwa jika musuh-musuhnya sudah berjuang begitu keras, maka kepercayaan mereka tidak mungkin salah. 

12. Saint Aries Mu

Mengenang Saint Seiya, Anime yang Pernah Booming Di Indonesia

Di bawah pengawasan Aries Shion, Mu mampu menjadi Saint emas Aries di usia muda. Sementara semua Saint emas memiliki basis kekuatan psikis sampai taraf tertentu, Mu telah diketahui memiliki bakat psikis mentah terkuat di antara semua Saint emas.

Ini memungkinkan dia untuk memanipulasi bakatnya untuk beberapa tingkatan: psikokinesis, telepati, teleportasi, dan berbagai kekuatan lain yang diinginkannya. Mu berbicara sangat lembut, dengan kepribadian terpelajar; sikapnya sangat tenang dan logis, hampir seolah-olah dia adalah seorang profesor dari Sanctuary. Mu juga memiliki keterampilan khusus untuk memperbaiki cloth yang telah rusak.