Nostalgia Tahun 90an yang Bikin Nangis kalau Diingat

Mengenang masa Tahun 90 an masa dimana Tekhnologi belum berkembang dan secanggih di jaman sekarang. Meski jadoel tapi ada hal yang sangat istimewa yakni Indahnya Kebersamaan. Nostalgia Tahun 90an yang Bikin Nangis kalau Diingat seperti berinteraksi dengan teman-teman tanpa harus memegang HP untuk berkirim kabar ataupun mengeluarkan uang untuk bayar per jam saat bermain game online di warnet. 
Seperti apa serunya  berbagai hal manis ditahun 90-an yang bikin kita nangis kalau di ingat-ingat lagi. Beruntung sekali buat kalian yang lahir di Era 90an. Sebab Kenapa? Bisa dibilang masa kecil kalian sangat bahagia. Ingat dong dengan berbagai permainan tradisional Indonesia seperti gasing, ketapel dan lainnya. Kalau dipikir lagi permaianan tradisional ini tidak hanya hanya membuat tubuh untuk bergerak tapi juga mengasah nalar anak-anak. Sebenarnya masih banyak lagi yang belum disebutkan selain ke 14 Hal Manis Dan Bikin Kangen di Era 90an di bawah ini :
1. Trend Potongan Rambut Belah Tengah
Nostalgia Tahun 90an yang Bikin Nangis kalau Diingat
Tahu foto diatas? Ya anak tahun 90-an pasti tau nih siapa diatas. Dia adalah Jimmy Lin. Artis asal Taiwan ini menjadi cerminan anak tahun 90-an karena gaya rambut bla tengah. Anak tahun 90-an pasti ga jauh-jauh dari model rambut ini, hayoo siapa yang dulu meniru? 
Dari Andy Lau, Ariel, bahkan Ari Lasso pun pernah juga potong rambut gaya artis yang satu ini. Coba ditahun 2015 ini kita potong ala rambut Jimmy Lin, bisa-bisa diledekin cupu atau makhluk jaman purba. 
2. Main Gimbot Dewa 
Gimbot sakti ini cuma ada ditahun 90-an sob. Kok sakti sih? Hayo anak 90-an tahu nih apa yang sakti dari gimbot yang satu ini. Coba kalian bermain gimbot yang satu ini dengan skor jeblok, pasti gimbot ini langsung ngomong “BEGO LO”, “OKE JUGA LO”.

Ditahun 2015 ini mana ada gimbot sesakti ini, yang bisa ngatain kalian seenak jidat. Bermain game sekaligus mendapat ocehan dari gimbot dewa, cuma anak 90-an yang sudah merasakannya. Hampir semua anak jaman 90-an punya gimbot. Walaupun tampilannya cuma kotak-kotak dan suara 8 bit, dulu itu udah asik banget! 

3. Nonton Film Satria Baja Hitam, Doraemon, Bobo ho, Tersanjung dan Power Ranger
Ini nih yang ga lengkap dari anak tahun 90-an, ga lengkap kalo ga nonton film Doraemon, ksatria baja hitam, bobo ho dan iya TERSANJUNG. Film Sinetron Tersanjung ini nih yang menjadi pelopor sinetron Indonesia. Serial yang ‘ga pernah tamat’ menjadi film khas anak 90-an yang udah mulai mengenal sinetron. Film ksatria baja hitam yang menjadi favorit anak tahun 90-an juga mempelopori film Jepang lain kayak Ultraman ikut masuk ke Indonesia. 
Kalo uda hari minggu, film Kamen Rider dan Power Ranger pasti menjadi tontonan wajib dirumah. Nunggu jam 9 pagi buat ngeliat aksi Power ranger melawan monsternya yang rada blo’on. Setiap power ranger malakukan pose, pasti diiringi sama ledakan dibelakang. Sungguh luar binasa. 
4. Berbagai makanan jadul (Beli coklat payung Permen kaki, anak mas, dll) 
Kalo inget makanan tahun 90an rasanya lebih asik ketimbang makanan sekarang. Coklat payung yang dulu dijual Rp. 100 uda dapet 4, permen kaki Rp. 50 uda dapet 2, itu masa-masa yang indah kalau dikenang. Selain doklat payung, coklat ayam, Selain makanan coklat n permen, hayo favorit mi di tahun 90-an ada yang inget? Yap, mie anak mas yang bisa langsung dimakan ini nih yang menjadi jajanan favorit dulu. 
5. Main Gimbot Berjamaah depan Sekolah
Masih inget main gimbot dengan game koboi didalamnya? Ini dia game ala tahun 90an yang bikin kangen. Jika dibandingkan dengan game-game sekarang, pastinya game jadul kayak dulu memang sangat jauh berbeda. Tapi jangan salah, semua game berawal dari gimbot tersebut loh. Abang-abang yang setiap hari nongkrong didepan sekolah dan kita menghabiskan waktu lebih dari satu jam untuk bermain gimbot abang-abang itu.

Soal duit? Cukup bayar GOCAP uda bisa main sejam. Coba rental warnet boro-boro gocap, tiga ribu aja cuma sejam. Uda gitu main dengan keluar kata-kata kotor segala, dan yang lebih parah lagi bolos untuk main warnet. duuh anak jaman sekarang ya? Kita donk anak tahun 90-an, anti yang namanya BOLOS! Main game? Sepulang sekolah aja :P. 

6. Ngumpulin koin buat main Dingdong dan Telepon Koin. 
Jaman dulu koin itu berharga banget! Selain buat kerokan, koin juga bisa buat nelepon dan main dingdong loh. Koin gocap sama cepe itu paling banyak dikoleksi orang. Ga kaya sekarang dimana orang nemu koin main buang aja.

Ditahun 90an kekuatan koin sangat sakti mandraguna. Kalo kita punya koleksi koin, paling enak ngabisin waktu seharian maen dingdong. Game kayak Contra, Street Fighter, Mortal Kombat adalah game pertama yang ga bakal kita lupakan di tahun 90-an. Ada disini yang uda pernah namatin Kontra? 

7. Permainan Ular Naga 
Permainan ini menggunakan lagu dalam permainannya. Dua orang akan menjadi induk kemudian yang lain baris menerobos gerbang antara induk tersebut. Lagunya seperti ini nih… Ular naga panjangnya bukan kepalang Menjalar-jalar selalu kian kemari Umpan yang lezat, itulah yang dicari kini dianya yang terbelakang Setelah lagu terakhir habis makan gerbang itu akan mengunci salah satu anak. Untuk menentukan anak itu ikut siapa diadakan suit antara induknya, dia yang menang maka anak tesebut akan ikut dibelakang induknya.

Permainan itu terus berlanjut hingga yang menerobos gerbang habis. Setelah habis diadakan percakapan antara induk, karena pada inti permainan ini adalah induk yang memiliki anak paling sedikit akan mengejar anak dari induk musuh. Dengan cara mengejar dan menyentuh. Setelah salah satu tersentuh makan harus ikut menjadi anaknya. Agar anak tidak dicuri, maka harus berpegangan erat pada teman depannya. Dan ingat ya.. jangan sampai lepas ketika mengikuti arah induk berlari. 

8. Bermain Lompat Karet alias Lompat Tali

Tali ini tersusun oleh karet yang dirangkai hingga panjang. Cowok cewek bisa kok memainkan permainan ini. Aturan permainan ini ada dua orang yang memegang ujung tali. Kemudian jika salah satu pelompat melanggar aturan maka gantian dia yang jaga. Tinggi tali dimulai dari paling bawah yaitu tali diletakan ke tanah, sejajar dengan lutut, pinggang, pusar, dada, bahu, telinga, kepala dan yang paling tinggi itu ujung jari telunjuk diangkat keatas. Permainan ini mengandalkan kekuatan fisik dan kelincahan tubuh.

9. Permainan Monopoli

Maksimal pemain hanya 4 orang saja. Tahukan cara mainnya. Yup dengan bemodalkan uang yang diberikan oleh bank kamu harus bisa mengatur strategi agar menjadi kaya. Dengan membeli komplek kemudian mendirikan rumah atau hotel. Nah jika salah satu pelaku berhenti dikomplekmu maka akan dikenakan denda pajak. Dalam permainan ini juga disediakan “kesempatan” dan “dana”, jika berhenti pada petak salah satu ini kamu berhak mengambil satu kartu paling atas.

Tidak semua kartu akan menguntungkanmu terkadang kartu yang diambil akan merugikanmu. Liat yukk siapa yang paling banyak hutangnya dan siapa yang kaya raya. Tapi uangnya jangan dipakai buat jajan ya… namanya juga uang monopoli. Permainan ini memang sederhana tapi mengajarkan kita untuk belajar berbisnis. Yang penting strateginya bagus.

10. Main Boi-boian

Yang perlu dipersiapkan adalah bola kasti dan patahan genting yang ditumpuk atau bisa juga menggunakan batu. Yang kalan dalam “ hom pim pah” harus jaga di belakang tumpukan tersebut. Sedangkan yang lain bersiap untuk menggelindingkan bola hingga tumpukan tersebut jatuh. Namun bila orang yang menggelindingkan bola tidak bisa mengenai maka giliran dia yang jaga. Setelah tumpukan jatuh saatnya untuk lari yang cepat. Penjaga akan mengejar mereka yang lari sambil membawa bola untuk dilemparkan ketubuh pelari.

Jika terkena maka pelari akan pindah posisi menjadi pengejar. Biasanya dalam medan untuk berlari telah ditentukan batasnya. Bila ada yang melanggar maka dia yang akan jaga. Sedangkan yang lain sedang sibuk kejar-mengejar, maka ini kesempatan buat yang lainnya menyusun ulang tumpukan tersebut. Kalau tumpukan sudah tertata lagi permainan akan diulang seperti semula.

11. Main Gundu, Katapel, Yoyo, Karambol, Congklak, dan Layangan

Main game ini memang ga kenal umur. Kalo uda musimnya, permainan tradisional ini pasti jadi lahan rebutan. Koleksi ribuan gundu sampe gundu putih, merah, sampe gundu susu. Kalo cuaca lagi panas, layangan jadi pilihan nomor 1 buat ngadu. Semakin sakti dan tinggi layangan, makin banyak lawan diudara yang siap ngadu. Kebayang ga sih game ini bakal ada lagi di tahun sekarang?

Tentunya masih ada tapi bakal susah ditemui. Biarpun game ini terkesan jadul, suasana kebersamaan yang kental membuat anak tahun 90an punya banyak keahlian. Jika dibandingkan sama game skarang yang berasal dari teknologi canggih, ga ada seru-serunya bahkan tantangannya ya ga?

12. Belajar gitar pake MBS 
Jarang yang namanya dulu kursus privat gitar. Ga kyk jaman sekarang dimana-dimana uda kesebar les musik piano, gitar, dll. Jaman dulu taun 90-an, MBS jadi buku panduan buat blajar gitar. Kalo lagi waktu senggang, ambil MBS pegang gitar jadi deh belajar otodidak. Biarpun belajar sendiri, nyatanya anak tahun 90an hebat main gitar ketimbang anak jaman sekarang yang les privat. Kalau sekarang bukan MBS lagi, semaki banyak majalah gitar yang tersebar bahkan mengikuti jejak MBS. Tetapi tetap anak tahun 90an is
the best soal gitar. 
13. AMKM 
Hayo masih inget dengan kata-kata diatas? Banyak nih anak-anak 90an yang ngeplesetin kata-kata diatas jadi kata yang ga bener. Anda mandi kami mengintip, Anda makan kami minta, Anda mati kami menertawai, halaah banyak banget deh pokonya. Tapi tau ga sih sebenernya apaitu AMKM, naah ini nih yang mungkin hanya anak 90an tau.

AMKM (anda meminta kami memutar) itu acara tahun 90an yang populer dan disiarkan di TPI. Acara yang dulu lg hot2nya (duuuh, jeng rina gunawan, masyii kuruuuus bgt). Ibarat request lagu sekarang di radio, AMKM jadi acara pelopor pertama loh. 

14. Si Doel Anak Sekolahan 
Nostalgia Tahun 90an yang Bikin Nangis kalau Diingat
“Anak betawi, ketinggalan jaman, katenyee!!” Salah satu film indonesia tahun 90an yang menjadi film fenomenal sepanjang masa. Kisah kehidupan si Doel menjadi tontontan sehari-hari kita ditahun 90-an. Film ini juga menjadi film yang amat menginspirasi banyak keluarga dan terkenal sampai ke negeri belanda. OMG Jika mengenang film Si Doel, rasanya ingin sekali kembali ke tahun 90an.

Aksi dari Si Doel, mas Karyo, Mandra, Atun memang ga pernah bisa dilupain. Mungkin anak jaman sekarang ga semua tau bahwa tahun 90an pernah ada film sebagus ini. Memori akan kenangan si Doel emang ga bakal pernah ilang.

Mengenang Saint Seiya, Anime yang Pernah Booming Di Indonesia
Wanita Seksi Pentolan Kartel Narkoba Paling Berbahaya Di Dunia

Source 
indogamers.com_Masa-masa Tahun 90an yang Bikin Nangis Kalau Diinget 
nilni.com_Game Lawas, Anak 90an Kebawah Pasti Tahu Permainan Ini