Hoki, Pajangan Bekas Bernilai Miliaran Rupiah

Siapa yang menyangka saat membeli barang pajangan di toko peralatan rumah tangga, malah menjadikan pemilik rumah ini kebanjiran rejeki karena ternyata pajangannya warisan dari peradaban jaman lampau yang sudah berusia ribuan tahun. Hingga akhirnya Pajangan Langka ini laku terjual dalam lelang dengan harga yang sangat mahal yakni miliaran rupiah. Jadi, jangan pernah sepelekan barang-barang yang menurut kita tak bernilai.

Kalau memang dirasa unik dan kuno ada baiknya bertanya kepada seorang kolektor siapa tahu siapa tahu barang tersebut bernilai sangat tinggi bagi orang lain. Kita beli seharga 1 Juta orang lain berani membayarkan 1 Miliar. Ya, seperti kisah barang-barang bekas berharga ratusan juta hingga miliar rupiah berikut ini.:

1.Cawan emas persia berusia ribuan tahun

Hoki, Pajangan Bekas Bernilai Miliaran Rupiah

Ketika masih kecil, John Weber (70) diberi sebuah cawan kuning keemasan oleh kakeknya. Mengira itu hanya cawan mainan terbuat dari kuningan, Weber pun memakainya sebagai target dalam latihan menembak. Ia punya sepucuk senapan dan sangat hobi menembak. Suatu ketika, Weber membawanya ke seorang ahli untuk mencari tahu benda apa sebenarnya cawan tersebut.

Setelah diperiksa secara seksama, sang ahli mengatakan bahwa cawan tersebut adalah perkakas berusia 2.300 tahun asal Persia. Sebuah cawan terbuat dari emas murni. Weber lantas melelang benda tersebut pada tahun 2008, dan laku 99.000 pound atau saat ini setara 1,2 milyar rupiah! 

2.Mangkuk Keramik Cina yang sudah berusia ribuan tahun

Seorang keluarga di New York membeli sebuah mangkuk buatan Cina dalam sebuah cuci gudang seharga atau setara Rp36.000. Mangkuk keramik tersebut berdiameter 5 inci. Ternyata, mangkuk tersebut adalah keramik peninggalan Dinasti Song di Cina yang berkuasa sekitar tahun 960-1127. Itu artinya, mangkuk tersebut berusia setidaknya 1000 tahun! Maret lalu, mangkuk ini didaftarkan ke balai lelang Sotheby’s di New York dan dibeli oleh seorang kolektor asal London seharga 2,2 juta dolar AS! 

3.Kotak penuh barang bekas yang ternyata berisi sertifikat saham kuno

Pada tahun 2008, seorang pria bernama Tony Marohn asal California membeli sebuah kotak penuh barang-barang bekas dari sebuah cuci gudang yang diadakan tetangganya. Kotak berisi barang-barang bekas itu dibelinya seharga atau setara Rp60.000. Sesampainya di rumah, Marohn memeriksa apa saja isi kotak tersebut. Salah satu isinya ternyata sertifikat saham kuno yang dikeluarkan pada tahun 1917.

Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh Palmer Union Oil Company, bernilai 1,625% saham. Setelah melakukan investigasi kecil-kecilan, Marohn menemukan bahwa Palmer Union Oil melakukan merger dengan sebuah perusahaan lain. Lalu, perusahaan hasil merger itu melakukan merger lagi dengan Coke, produsen Coca Cola. Berdasarkan perhitungan sekarang, sertifikat saham yang dipegang Marohn kini setara 1,8 juta lembar saham. Karena harga selembar saham Coca Cola adalah ,02, maka 1,8 juta lembar saham itu bernilai 130 juta dolar! 

4.Lukisan murahan yang menyimpan sketsa asli seniman terkenal

Di tahun 2010, seorang pebisnis Inggris Andy Fields membeli lima buah lukisan dari sebuah cuci gudang di Las Vegas. Kelima lukisan itu dibayarnya alias hanya setara Rp60.000. Suatu ketika ia ingin membingkai salah satu lukisan. Tanpa sengaja, Fields menemukan sketsa buatan Andy Warhol di belakang lukisan tersebut. Dari tanda tangan yang ada di sketsa tersebut, yakni tanda tangan penyanyi top era 30-an Rudy Vallee, sketsa itu diperkirakan dibuat saat Warhol berusia 10 tahun. Warhol adalah seorang seniman terkenal di masanya, dan sketsa tersebut diperkirakan bernilai 2 juta dolar AS! 

5.Dua kotak berisi negatif film fotografer top Amerika Serikat

Lagi-lagi cerita dari cuci gudang yang lumah dilakukan orang-orang Barat untuk membersihkan barang-barang yang sudah tak dipakai lagi. Rick Norsigian adalah seorang yang hobi berburu barang di cuci gudang seperti ini. Suatu ketika ia membeli dua kotak kecil seharga . Penjualnya meminta , namun ia berhasil menawar sebesar itu.

Saat diperiksa, ternyata dua kotak tersebut berisi 65 rol negatif film hasil karya fotografer top Amerika Serikat, Ansel Adams, yang kemudian dikenal sebagai bapak fotografi Amerika. Foto-foto dalam rol tersebut ditengarai diambil antara tahun 1919 hingga 1930. Sedangkan nama Adams baru mulai dikenalluas pada tahun 1940. Menurut seorang juru nilai sebuah balai lelang di Beverly Hills, seluruh isi kotak tersebut bernilai 200 juta dolar. 

6.Kotak televisi yang ternyata benda kuno dari abad ke-17

Hoki, Pajangan Bekas Bernilai Miliaran Rupiah

Pada tahun 1970, seorang insinyur Prancis ditawari sebuah kotak kayu bermotif antik yang kemudian ia beli seharga 0. Sang insinyur bekerja di perusahaan minyak Shell Petroleum, uang sebesar itu terbilang tak ada artinya baginya. Dan, kotak kayu itu pun ia gunakan sebagai tempat menaruh seperangkat televisi di apartemennya di South Kensington, Amerika. Sang insinyur tinggal di sana selama 16 tahun, dan selama itu pulalah
kotak kayu tersebut jadi penyangga televisinya. Ketika pensiun di tahun 1986, sang insinyur pulang ke Prancis.

Kotak kayu itu dibawanya pulang dan dijadikan hiasan di dapur. Suatu ketika di tahun 2013, keluarga sang insinyur memanggil juru taksir rumah untuk menilai berapa harga rumah tersebut. Rumah sang insinyur akan dijual beserta seluruh isi di dalamnya. Saat menaksir rumah, sang juru taksir melihat kotak kayu kuno milik sang insinyur yang ternyata adalah kotak emas yang lama hilang. Kotak emas tersebut terkenal sebagai Mazarin Chest dan merupakan peninggalan Jepang dari abad ke-17.Saat didaftarkan dalam sebuah lelang, kotak kayu yang selama puluhan tahun menjadi penyangga televisi dan botol-botol minuman itu laku terjual seharga 9,5 juta dolar AS! 

7.Rak kuno dari abad ke-17 yang terbengkalai di toilet restoran

Hoki, Pajangan Bekas Bernilai Miliaran Rupiah

Sebuah benda yang dibiarkan tergeletak di sebelah toilet sebuah restoran cepat saji di York, Inggris, ternyata adalah pasangan kabinet antik dari abad ke-17. Benda tersebut dikuatirkan bakal hilang selamanya. Namun seorang staf senior balai lelang Sotheby’s menemukan di sbelah toilet restoran tersebut. Staf bernama Mario Tavella itu sudah melakukan pencarian selama 20 tahun.

Penyangga itu lantas dibeli, lalu disatukan dengan pasangannya, yaitu bagian atas dari apa yang kemudian diketahui sebagai rak kabinet hadiah untuk Paus Clement IX. Kabinet itu lalu dilelang di Sotheby’s dan dibeli seorang kolektor asal Inggris senilai sejuta pound! 

Source 
kaskus.co.id_Barang Sepele Ini Harga Jualnya Tinggi Gan
simomot.com_Barang-barang Sepele yang Laku Puluhan Hingga Ratusan Juta Dolar