Mengenang Kendaraan Superhero Jadul 90an

9 Superhero ini pasti mengingatkan masa kecil anda yang tentunya anda tidak akan begitu saja melewatkan tayangannya yang diputar melalui TV Nasional. Tapi sewaktu anda masih kecil dan polos tidak pernah kan terpikir jenis kendaraan apa yang digunakan oleh mereka. Biar ga penasaran, dalam artikel Mengenang Kendaraan Superhero Jadul 90an ini anda akan tahu merk/jenis mobil dan motor yang selalu jadi andalan para jagoan saat sedang bertugas membela kebenaran dan menolong orang-orang yang sedang ditindas penjahat.

Oh ya, walau masa emas film mereka sudah  berlalu alias ketinggalan jaman tapi sampai kini pun banyak para pengagumnya yang rela memodifikasi agar kendaraanya persis seperti tokoh jagoan idola mereka.

1. Satria Baja Hitam, Kamen Rider Black

Mengenang Kendaraan Superhero Jadul 90an

Siapa yang tidak kenal Kotaro Minami? Siap siap duduk di depan TV jam 5 sore sepulang mengaji bisa jadi adalah salah satu kegiatan rutin dari banyak di antara otolovers sekalian sambil berharap soundtrack superhero yang di Indonesia disebut ‘Ksatria Baja Hitam’ pendahulu seri RX tersebut. 

Kotaro Minami yang diperankan oleh Tetsuo Kurata oleh produser film seri tersebut dipersenjatai dengan beberapa motor Suzuki GSX R 400 yang dipakai sampai beberapa seri. Serta yang tidak ketinggalan, ‘Semut Merah’ yang bisa menembus gunung, yang memiliki basic sebuah mobil Toyota Corolla DX. Kangen ya bro!

2. Jiraiya

Ninja yang penuh dengan modernisasi dan menjadi banyak inspirasi anak-anak Indonesia muncul dengan sosok dan fisik yang mencolok berwarna merah. Karakter helmnya sering jadi inspirasi untuk jadi topeng mainan anak-anak yang menyenangi Jiraiya.

Jiraiya tidak berjuang sendirian, sebuah tunggangan dari Nissan yakni Fairlady Z merupakan mobil kesayangannya. Mobil ini diproduksi sebagai Nissan 300ZX pada tahun 1983 sampai dengan tahun 2000. Film Seri Jiraiya tersebut menggunakan generasi pertama yang bisa mencapai kecepatan sampai dengan 305 km/jam. 

3. Robocop

Polisi super ini bermodalkan tahan api, tahan tembakan, berbaju kaleng yang sayangnya tercipta justru karena kecelakaan. Robocop bisa jadi adalah karakter yang menginspirasi ‘Manusia 6 juta Dollar’ ala Warkop DKI dan Inspector Gadget.

Jauh sebelum Robocop diremake tahun 2014 menjadi berwarna hitam, sosok gahar ala Peter Weller yang diproduseri oleh Paul Verhoeven sudah lebih dulu terlihat elegan dengan sebuah Ford Taurus yang jadi andalan saat melibas para begal jalanan pada tahun 1987 saat Robocop ditayangkan di bioskop. 

Baca juga  Mobil Honda Brio Jadi Sesajen Termahal di Dunia?

4. Jiban

Nyaris sama seperti Robocop, karakter Jiban yang merupakan Polisi dan sangat populer di Indonesia periode tahun 1990-2000 merupakan karakter yang inspiratif. Pemerannya, Naoto Tamura juga bernasib sama seperti Robocop, dibangkitkan kembali dari kematian menjadi robot super untuk menggilas panji kejahatan. Pontiac Firebird jadi andalan saat Jiban berdinas.

Mobil ini terlihat sangat cocok, terutama mengingat tahun pembuatan dan karakter Jiban yang agak kaku saat itu, diproduksi oleh Pontiac awalnya pada tahun 1982 dan pembuatannya berakhir pada tahun 1992. 

5. Janperson

Mengingat boomingnya Jiban, TV Asahi Jepang yang saat itu merasakan aura-aura polisi super sangat diminati kemudian kembali menayangkan superhero Polisi robot, dan kali ini episodenya lebih panjang. Karena mencapai 50 episode dan di Indonesia Janperson juga sangat diminati.

Mobil muscular ala Chevrolet dalam diri Corvette C3 kali ini dirasa sangat cocok dengan warna ungu elegan dari tubuh Janperson, disebut Dark Jaycar. Istimewanya, dalam seri Tokusatsu ini, Jaycar memiliki Sky Jaycar, yakni sebuah helicopter yang bisa dilepaskan dari mobil dan membuatnya semakin terlihat keren. 

6.Winspector

Masuk ke tahun 1990-an trend pembuatan film superhero di Jepang merembet pada karakter polisi yang ditugaskan menjadi pahlawan yang pengisi acara TV. Termasuk trio robot ‘pelangi’ Winspector yang dipunggawai oleh Ryoma, Bichael, dan Walter.

Persenjataan Winspector termasuk keren pada jaman itu, karena sudah masuk tahun 90-an. Winspector memiliki WinChaser yang dimodifikasi dari motor Suzuki TS200. Selain itu, karakter Ryoma memiliki sebuah mobil Chevrolet Camaro yang bisa mentransformasikan dirinya jadi karakter yang lebih agresif. 

7. Knight Rider

Bagi yang belum mengenal sistem Artificial Intelligence pada komputer, maupun interaksi manusia dengan komputer di dalam mobil, Knight Rider sudah memulainya jauh sebelum metode tersebut terkenal hingga sampai saat ini. Knight Rider yang ditayangkan pukul 22.00 tersebut menggambarkan kecanggihan masa depan.

Saat pertama kali ditayangkan dan disebarluaskan, produser memilih sebuah mobil berjuluk ‘kambing’ yang disandang oleh Pontiac Trans Am. Sebelum saat remake pada tahun 2013, sang superior Ford Shelby jadi simbol keperkasaan Knight Rider yang dibanggakan tersebut.

Baca juga  Kacau! Sopir Ini Tidur Saat Mobil Melaju Kencang 120 Km/Jam

8. Bima Satria Garuda

Sedikit maju ke tahun 2014 dimana kemajuan besar dibuat oleh salah satu TV swasta Indonesia dengan menayangkan superhero asli Indonesia, Bima. Sekalipun kerjasama dengan produser, dan martial artis asal Jepang juga cukup terasa pada seri Bima Satria Garuda.

Rasanya cukup jelas kendaraan apa yang digunakan oleh Bima, sekaligus jadi sponsor utama film tersebut, Suzuki Inazuma jadi tunggangan sehari-hari oleh Ray, pemeran Bima dan bisa dilihat di intro filmnya. Bima kabarnya juga jadi salah satu penyebab utama, bagaimana tahun 2014 lalu penjualan Suzuki Satria FU meningkat tajam. 

9. Batman Returns

Batman Returns muncul di layar TV swasta pada tahun 90-an menjelang tahun 2000, dimana saat itu superhero yang satu ini diformat menjadi sebuah film dibintangi oleh Michael Keaton dan salah satu musuh utamanya, Freeze dibintangi oleh Arnold Schwarzeneger.

Mengenang Kendaraan Superhero Jadul 90an

Lupakan itu Batman Tumbler untuk sejenak, karena jauh sebelum ada Tumbler, Chevrolet Impala yang dimodifikasi jadi BatMobile nyatanya jauh lebih mengena dan menginspirasi para generasi penghuni tahun 90-an. Mobil tersebut dimodif sedemikian rupa jadi berbentuk seperti roket dengan tunnel mesin khas di hidungnya.

Nostalgia Tahun 90an yang Bikin Nangis Kalau Diingat
Fakta Unik Negara Kuba Era Fidel Castro

Source otosia.com_Kendaraan-kendaraan Andalan 9 Superhero Inspiratif Di TV Indonesia