Cara Menegakkan Telinga Anak Anjing

Telinga Puppy atau Anak Anjing anda belum bisa berdiri tegak? Permasalahan ini sama dengan yang saya alami. Anakan anjing French Bulldog saya yang berusia hampir 2 bulan kedua kupingnya belum berdiri sempurna. Saya akan berbagi Tips Bagaimana Cara Menegakkan Telinga Anak Anjing berdasarkan pengalaman sendiri, hasil improvisasi dari saran sahabat saya Indra Wardhana. Ini sangat penting dilakukan mumpung telinga anakan anjing masih muda dan dalam masa pertumbuhan, apalagi buat anda yang berprofesi sebagai breeder anjing, harga jual anjing bisa berkurang bila telinganya ber lekuk atau patah.

Cara Menegakkan Telinga Anak Anjing
Anjing Admin kejadiananeh.com

Oh ya, penjelasan ini berbeda dengan cara tapping pada telinga anjing yang sedang mengalami proses kupir.  Bahan-bahan yang musti anda persiapkan untuk Menegakkan Telinga Anjing adalah :

1.Plester 

Plester Coklat tapi daya rekatnya jangan terlalu kuat mengingat kulit dan otot telinga anakan yang masih muda, model plester seperti merk Leukoplast atau Hansaplast ini bisa anda beli di apotik seperti Century, K24.

2.Sedotan Es, saya dapatkan dari sedotan plastik es cappucino cincau. Sebenarnya penggunaan bahan Cotton Buds (pembersih telinga) dan Stik Es Krim juga bisa. Tapi saya merasa Sedotan Es jauh lebih sempurna.

3.Gunting

Langkah pertama 
Potong sedotan es krim kira-kira seukuran seperempat 
Langkah Kedua

Sedotan yang sudah dipotong kemudian ditempeli plester yang sudah dibelah. Pastikan anda menaruh sedotan persis di depan mangkok telinga jangan terlalu kedalam/kebawah lubang telinga dan jangan juga terlalu keatas telinga, nanti kurang sempurna berdirinya.
Hasil Sebelum dan Sesudah diplester

Tapping Telinga Anak Anjing
Anjing Admin kejadiananeh.com

Cara Menegakkan Telinga Anak Anjing
Anjing Admin kejadiananeh.com

Pada dasarnya telinga anak anjing dapat berdiri sendiri tapi telinga yang terlalu tebal dan lebar membuat otot susah untuk menegakkannya. Ada yang menyarankan untuk memberi kalsium, tapi dokter hewan saya mengatakan pemberian kalsium pada anakan anjing kurang ‘Tepat’ mengingat usianya yang masih muda. 

Kandungan vitamin dan kalsium dari Dog food sudah dirasa sangat cukup karena bila kelebihan kalsium pertumbuhan tulang anjing akan menjadi bengkok atau tidak sempurna.  Kasus telinga susah berdiri ini biasanya sering dijumpai pada ras anakan anjing Herder (GSD), Doberman dan French Bulldog. Semoga Tips Bagaimana Cara Menegakkan Telinga Anak Anjing ini dapat bermanfaat untuk anda.
Writer by admin kejadiananeh.com

Mengatasi Bulu Anjing Rontok dengan Rebusan Teh Tubruk
Rekomendasi Obat Kutu Anjing Dan Kucing Terbaik

Baca juga  Aksi Solidaritas Hewan yang Mengharukan