Dongeng Kenapa Panda Berwarna Hitam Putih?

Negeri cina dikenal sangat kaya akan kebudayaannya, banyak para tokoh penyair, pujangga termasyhur terlahir dari negeri tirai bambu ini. Tradisi dan adatnya pun banyak diikuti oleh kebudayaan dari hampir seluruh belahan negara di dunia. Bahkan lambang World Wildlife Fund (WWF) sebagai organisasi pelestarian alam terbesar di dunia pun mengadaptasi gambar panda, hewan yang menjadi maskot kebanggaan Negeri Tiongkok (Cina). 
Begitu terkenalnya sosok hewan lucu yang mirip dengan beruang ini sampai ada cerita dongeng kenapa Panda berwarna hitam putih. Diceritakan dalam legenda rakyat tiongkok, pada jaman  dinasti kerajaan dahulu kala hiduplah seorang pangeran kecil yang saat itu masih berusia lima tahun. Sayangnya sang Pangeran tak memiliki saudara kandung hingga ia sering merasa kesepian.

Kenapa Panda Berwarna Hitam Putih?

Ditambah lagi dengan kesehatan sang pangeran yang tidak terlalu baik, sehingga dia tidak boleh pergi jauh dari istana. Sang raja dan permaisuri sangat sedih melihat putra kesayangan mereka terlihat murung setiap hari. Akhirnya, sang raja memberi sebuah hadiah untuk putranya. Raja yang baik membawakan seekor anak panda yatim piatu. Saat itu, bulu panda hanya berwarna putih bersih. Tidak ada pola hitam atau corak apapun di tubuhnya.

Pangeran kecil sangat senang dengan kehadiran panda di dalam istana. Mereka sering bermain bersama, karena panda adalah hewan yang jinak. Hampir setiap hari mereka bermain di halaman istana. Kesehatan pangeran kecil tampak makin membaik. Seluruh istana tampak bahagia dengan kehadiran sang panda, karena sudah memberikan sedikit keceriaan di dalam istana. 

Inilah Asal Mula Kenapa Warna Tubuh Panda Hitam Putih

Asal Mula Warna Panda Hitam Putih

Sebuah takdir tidak bisa ditolak, panda harus kehilangan sahabat baik. Pada suatu hari kesehatan pangeran memburuk, semua tabib dari berbagai negeri didatangkan ke istana. Tidak ada satupun yang berhasil menyembuhkan sang pangeran. Akhirnya pangeran kecil itu meninggal dunia. Namun dia menyunggingkan sebuah lengkung senyum, tanda bahwa dia bahagia sebelum meninggal. 
Jenazah pangeran muda akhirnya dikremasi. Walaupun anak panda yang sering bermain dengan pangeran muda tahu bahwa sang pangeran kesayangannya telah meninggal. Panda kecil itu sangat merasa kehilangan, dia sudah kehilangan kedua orang tuanya dan sekarang teman bermainnya juga sudah meninggal. 
Pada suatu malam, panda kecil itu masuk ke dalam ruang abu jenazah pangeran. Dia mengambil abu itu sambil menangis. Karena tidak mau kehilangan sang pangeran, panda itu memeluk guci abu jenazah. Panda kecil itu menangis dan mengusap-usap matanya yang berair. Dia tidak sadar bahwa ada sisa abu pangeran menempel di tangannya, di sekitar mata bekas mengusap air mata dan beberapa bagian tubuhnya. 
Konon semenjak itulah tubuh panda tidak lagi putih bersih, tetapi putih dengan beberapa bagian hitam. Meskipun ini hanya cerita rakyat tapi ada makna dan pelajaran yang tersirat dari kisah dongeng Panda berwarna hitam putih bahwa hewan pun bisa memiliki perasaan sedih, merasa kehilangan atas kematian majikan kesayangannya.

Versi Asli Kartun Disney Ternyata Mengerikan
Legenda 4 Wanita Cantik Tiongkok Penguasa Dinasti
Setan Paling Seram Papan Atas Dunia

Source vemale.com_Dongeng Asal Mula Warna Hitam Putih Di Badan Panda