8 Gejala Aneh Penyakit Stroke yang Wajib Anda Waspadai

Stroke merupakan sebuah penyakit yang disebabkan karena sirkulasi darah menuju ke bagian otak tidak berjalan dengan baik. Kondisi semacam ini menyebabkan fungsi-fungsi organ otak mengalami gangguan.
Munculnya penyakit stroke dapat disebabkan karena berbagai macam faktor, mulai dari penyempitan pembuluh darah sampai dengan pecahnya pembuluh darah di bagian otak baik bagian otak kecil maupun otak besar. Inilah 8 gejala aneh penyakit stroke yang wajib anda waspadai agar segera tahu dan dapat diobati mulai dari sekarang.

8 Gejala Aneh Penyakit Stroke yang Wajib Anda Waspadai

Kenali Sejak Dini 8 Gejala Aneh Penyakit Stroke yang Wajib Diwaspadai
1. Tanda mulai terlihat dari wajah perot
Kelumpuhan saraf pada wajah ini menjadi gejala umum penyakit stroke. Dimana telah terjadi sebuah gangguan sistem saraf, tepatnya pada bagian saraf kranial. Gejala ini bisa kita ketahui dengan menyuruh seseorang tersenyum, apabila senyum wajahnya tidak simetris (tidak sama antara kanan dan kiri wajah), maka dia bisa dikatakan mengidap stroke ringan.
2. Anggota gerak melemah

Melemahnya anggota gerak dapat muncul disebabkan karena terjadi gangguan sistem saraf gerak tubuh. Untuk mengetahuinya Anda bisa menyuruh seorang yang dicurigai menderita stroke untuk mengangkat kedua tangannya secara bersamaan, apabila ada salah satu tangan yang tertinggal itu berarti dia menderita stroke.
3. Sensasi perabaan berkurang

Mati rasa dan kesemutan bisa menjadi gejala awal penyakit stroke. Adanya gejala ini disebabkan karena sistem saraf mengalami gangguan. Apabila dibiarkan, kondisi ini akan semakin parah dengan munculnya mati separo atau tubuh mati separuh.
4. Berbicara pelo atau kurang jelas “bibir menyon”

Gejala stroke selanjutnya adalah berbicara pelo atau kurang jelas. Mungkin sebagian besar masyarakat menganggap pelo merupakan sebuah kondisi yang wajar sejak lahir, namun beberapa orang yang tadinya tidak pelo menjadi pelo bisa jadi orang tersebut mengalami stroke. Anda bisa mengetesnya dengan cara menyuruh orang tersebut melafalkan huruf “R” secara terus menerus, apabila tidak bisa terdengar jelas itu berarti dia telah terserang stroke ringan.
5. Sulit berkomunikasi

Baik gangguan komunikasi secara verbal ataupun non-verbal bisa menjadi tanda awal penyakit stroke. Gejala ini menunjukan bahwa seseorang telah mengalami stroke yang cukup berat. Apabila Anda menemui seseorang yang sulit diajak komunikasi atau bahkan tidak bisa berbicara secara lisan, bisa jadi dia sudah mengidap stroke.

Gejala Aneh Penyakit Stroke

6. Disorientasi atau bingung mendadak

Seseorang yang telah mengalami stroke berat biasanya sering mengalami diorientasi atau kebingungan secara mendadak. Kondisi semacam ini dibarengi dengan rasa cemas yang sangat tinggi, lupa, dan bahkan tidak mengenali dirinya sendiri (amnesia).
7. Tekanan darah naik drastis

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menjadi indikasi bahwa Anda lebih beresiko terkena stroke. Mengingat stroke lebih menyerang bagi mereka yang memiliki hipertensi dengan kadar kolesterol cukup tinggi. sebelum semakin parah, silahkan cek tekanan darah secara rutin 3 bulan sekali.

8. Menderita Lumpuh total

Inilah gejala stroke yang paling parah dan dapat terlihat secara fisik. Jika seseorang sudah mengalami lumpuh dan bahkan berada di kursi roda setiap harinya, itu berarti dia mengalami penyakit stroke. Gejala ini semakin diperkuat dengan muka perot, pelo, dan bisu.
Itulah informasi singkat seputar gejala penyakit stroke yang wajib Anda waspadai. Jika anda mengalami beberapa kondisi diatas, maka sangat disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter atau ahlinya. Hal ini tentunya bertujuan agar stroke dapat didektesi sejak dini dan diobati sebelum semakin bertambah parah. Sahabat kejadiananeh.com semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi kesehatan bagi anda. Kenali juga 9 Gejala Penyakit Diabetes Melitus atau Kencing Manis.

Baca juga  Sensasi Berselancar di Ombak Bono Sungai Kampar

Pengobatan Alternatif Kesehatan Paling Aneh Di Dunia
Kisah Romantis Gadis Lumpuh Keliling Dunia