Asal Mula Yin dan Yang Dalam Legenda Tiongkok Kuno

Bagi para tetua Tionghoa/Cina memahami filosofi ajaran Taoisme (Yin Yang Mao Dun Guan) atau lebih dikenal “Yin dan Yang” begitu sangat penting, semua ini karena segala sesuatu yang ada dan terjadi di dunia bukanlah secara kebetulan. Ada gambaran makna dalam perputaran hidup baik berhubungan maupun berlawanan. Namun kedua unsur simbol hitam putih memiliki arti, Yin mewakili sifat feminim (negatif) dan Yang mewakili maskulin (positif) ini akan saling membangun satu dengan yang lain.

Konon asal mula Yin dan Yang dalam legenda Tiongkok kunomitologi Dinasti Yin dan Dinasti Zhou”, makna Yin-Yang bermula dari cerita rakyat yang mengisahkan tentang dua orang bersahabat bernama Yin dan Yang. Mereka dikenal sebagai orang yang berbudi luhur, berjiwa besar dan penuh dengan kasih sayang. Mereka saling mengasihi meskipun keduanya memiliki filosofi berbeda terhadap ajaran agama Taoisme.

Untuk itu secara teratur diadakanlah pertemuan untuk berdiskusi, mengajukan argument tanya jawab namun perdebatan tak pernah kunjung usai, keduanya saling mempertahankan prinsip mereka sendiri. Ketika nyaris frustasi mereka mulai kehilangan kendali diri, dalam hati masing-masing mulai muncul rasa ‘akulah yang lebih benar’.

Akhirnya tercetus kata-kata Yin : ‘Ah, seandainya engkau adalah aku, tentu akan bisa memahami apa yang ingin kusampaikan, dan diskusi ini akan dapat membawa kita lebih mengerti ‘sesuatu’ itu’. Yang : ‘Hei, aku juga berpikir begitu. Tapi bagaimana cara kita saling tukar diri kita?” 

Karena memang mereka tidak dapat saling tukar diri, maka tak lama kemudian mereka menemukan pemecahan yang disetujui paling tepat. Diputuskan, Yin akan mempelajari agama/keyakinan Yang dan Yang akan mempelajari agama/keyakinan Yin. Dan karena mereka memang menginginkan hasil terbaik dan terbenar, maka mereka berikrar akan mempelajari dengan sepenuh hati, berusaha memahami dengan hati terbuka, tidak malah mencari-cari titik kelemahan yang akan digunakan untuk menyerang lawannya.

Diputuskan, setelah 40 tahun mereka akan bertemu lagi untuk “duel sampai titik darah penghabisan”. Akhirnya, 40 tahun kemudian, Yin dan Yang yang telah semakin tua, bertemu pada senja hari di tempat terakhir mereka bertemu dahulu. Mereka saling berpandangan, tak sepatah kata pun yang terucapkan. Sinar mata mereka penuh kasih yang menghanyutkan sukma, senyum mereka begitu halus dan tulus. 
Mereka saling memeluk. Resonansi getaran jiwa mereka pada angin yang membelai, pada daun-daun yang berbisik, pada seluruh relung ruang di jagad raya ini : “Saudaraku, kau selalu dalam aku, dan aku dalam engkau.” Sejak saat itu tak ada lagi diskusi, karena dalam pelukan itu mereka mengerti tanpa mengetahui dan mendapatkan tanpa mencari.

Arti Makna dari Yin dan Yang ( Lambang Hitam Dan Putih ) 
Yin dan yang menggambarkan perputaran kehidupan dunia yang memiliki Dua arti makna
1. Sebagai sebuah ketentraman dan kesederhanaan dalam menjalani kehidupan nyata. 
2. Kedua adalah sebagai sebuah perputaran kehidupan dan keseimbangan hidup, artinya : 
Kehidupan manusia tidak mungkin akan selalu berada dalam satu jalan saja. Hari ini kita mengalami kesusahan, besok bisa jadi kita akan mengalami sebuah kebahagiaan. 
5 Elemen Unsur penting yang terdapat di Yin-Yang yaitu:

asal mula yin yang

1. Unsur Kayu 
Unsur kayu diartikan sebagai musim semi yaitu dimulainya suatu kehidupan baru. Unsur kayu identik dengan pagi hari, timur dan angin. Unsur kayu diwakili dengan warna hijau. Dalam ilmu pengobatan, hati mempunyai unsur kayu. Dalam psikologi, unsur kayu mewakili kreativitas dan pelaksanaan 
2. Unsur Api 
Unsur api diartikan sebagai musim panas. Oleh karena itu, unsur api identik dengan siang hari, selatan dan bersifat panas. Unsur api diwakili dengan warna merah. Dalam ilmu pengobatan, jantung mempunyai unsur api. Dari segi karakter, unsur api mewakili perasaan dan emosi. 
3. Unsur Tanah 
Unsur tanah diartikan sebagai awal pagi hari. Oleh karena itu, unsur tanah identik dengan posisi tengah yang berkaitan dengan kelembaban (humidity). Unsur tanah diwakili dengan warna kuning. Dalam ilmu pengobatan, limpa mempunyai unsur tanah. Dari segi karakter, unsur tanah mewakili konsentrasi, realisme dan stabilitas. 
4. Unsur Besi 
Unsur besi diartikan sebagai musim gugur. Oleh karena itu, unsur besi identik dengan malam hari, barat dan bersifat kering. Warna putih mewakili unsur besi. Dalam ilmu pengobatan, paru-paru mempunyai unsur besi. Dari segi karakter, unsur besi mewakili kemauan keras dan kemandirian. 
5. Unsur Air 
Unsur air diartikan sebagai musim dingin. Oleh karena itu, unsur air identik dengan malam hari, utara dan bersifat dingin. Warna hitam mewakili unsur air. Dalam ilmu pengobatan, ginjal bersifat air. Dari segi karakter, unsur air diasosiasikan dengan kejernihan pikiran dan rasional.

Yin dan Yang

Kelima unsur tersebut saling berinteraksi dengan saling mengisi satu sama lain. Kayu dibakar menjadi api yang kemudia
n berubah menjadi tanah (abu), tanah adalah sumber besi, zat besi adalah mineral yang dapat dicairkan, sedangkan air dapat menghidupkan pohon.

Baca juga  Legenda Wanita Cantik Tiongkok Penguasa Dinasti

Dengan kata lain, kayu menghidupkan api, memperkuat tanah, memperkuat besi, memperkuat air dan menghidupkan kayu. Sahabat kejadiananeh.com semoga artikel asal mula arti lambang Yin dan Yang sebagai filosofi ajaran Taoisme Tiongkok ini dapat menambah wawasan anda. Lihat juga Kisah Legenda 4 Wanita Cantik Tiongkok Penguasa Dinasti.

Kisah Nyata Reinkarnasi Manusia, Bukti Kelahiran Kembali
Ngeri! Anjing Penuh Belatung Di Tubuhnya

Referensi:
sudardjattanusukma_Legenda Yin Dan Yang 
bagasranggas.blogspot.com_Arti Lambang Dari Yin Dan Yang