Sejarah Musik Reggae Pertama Kali Dikenal

Dunia musik memang selalu bisa memberikan sebuah sentuhan baru kepada para pecintanya. Masing-masing genre musik mampu memberikan sebuah nuansa berbeda kepada yang mendengarkannya. Mulai dari genre rock, R & B, pop, hip hop, metal, pop punk, sampai dengan reggae. Meskipun bisa dibilang musik reggae tidaklah sepopuler genre musik rock dan pop, tetapi bagi para pecintanya sendiri reggae mampu memberikan sebuah aura yang berbeda. Ada banyak sekali tokoh musik reggae legendaris di dunia ini, namun kebanyakan dari mereka berasal dari daerah Jamaika.

Musik reggae juga memiliki karakteristik yang berbeda dari pada lainnya, kita bisa bergoyang dengan santai dan tenang disetiap tempo musik tersebut. Tak ayal genre musik reggae sekarang ini banyak diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak muda sampai dewasa. Ingin tahu sejarah musik reggae pertama kali dikenal sampai musik yang satu ini begitu populer sampai sekarang?

Namun sebelum anda membaca lebih lanjut, jangan sampai salah kaprah seperti banyak orang bilang bahwa reggae = rasta padahal Reggae adalah genre musik dan rasta/rastafari adalah Way of Life atau sebuah pilihan jalan hidup (ajaran suku asli di Jamaika). Baiklah sahabat kejadiananeh.com berikut kami rangkumkan sejarah singkat musik reggae dari dulu sampai dengan sekarang ini.

Asal Mula Dan Sejarah Berkembangnya Musik Reggae Dikenal Dunia

Sejarah mencatat, musik reggae mulai diperkenalkan kepada masyarakat sejak tahun 60-an, lebih tepatnya pada tahun 1968. Pada jaman dahulu terdapat sebuah lagu yang memiliki tempo lebih lambat dari pada ska dan rocksteady di negara Jamaika. Musik yang berirama lamban ini kemudian disebut oleh masyarakat sebagai musik genre reggae.

Pengambilan nama “reggae†sendiri sebenarnya berasal dari negara Afrika. Arti nama tersebut adalah bergoyang atau gerakan tubuh yang mengikuti irama lagu. Dengan kata lain, reggae merupakan sebuah musik yang mampu membawa para pendengarnya untuk bisa menari mengikuti irama lagu/musik. Lalu nada “reggae†tersebut kemudian dikonfirmasi sebagai milik Jamaika.

Baca juga  Musicians with Disabilities that Will Impress You with Their Works

Mulai saat itulah musik bergenre raggae mulai dikenal luas oleh masyarakat sekitar, bahkan dalam kurun waktu kurang dari satu tahun saja genre musik raggae sudah memiliki banyak penggemarnya di Jamaika. Kepopuleran musik raggae ini juga tidak terlepas dari peranan para tokoh musisi jaman dahulu. Lihat juga Tren Fashion Harajuku Anak Gaul Di Jepang.

Ada banyak sekali tokok musisi reggae yang menjadi duta sekaligus memperkenalkan genre unik tersebut. Salah satunya adalah Bob Marley. Bisa dikatakan Bob Marley perintis berkembangnya musik reggae di dunia. Telah ada banyak sekali single dan album musik sebagai hasil karya dari Bob Marley yang mendunia, mulai dari No Woman No Cry, Redemption Song, One love, dan masih banyak lagi.

Setelah Bob Marley cukup populer berkiprah di ranah musik internasional, kemudian musik reggae kembali berkembang cukup pesat. Beberapa musisi yang muncul dari musik reggae setelah Bob Marley antara lain seperti Paul Simon, Eric Clapton, Perry Lee, dan masih banyak lagi. Perkembangan reggae sangatlah cepat daripada genre musik lainnya, bahkan sekarang reggae menjadi genre musik populer di Amerika Serikat dan beberapa negara lain, termasuk Indonesia salah satunya.


Di Indonesia sendiri reggae telah menjadi genre populer di kalangan anak-anak muda dan dewasa. Sering sekali masyarakat Indonesia mengidentifikasi musik reggae dengan rambut gimbal, skuter, dan hal-hal yang berbau klasik lainnya. Sekarang musik reggae telah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia, mungkin Anda juga salah satu dari mereka. Itulah sepenggal sejarah musik reggae yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. ONE LOVE Yoman.. uye !