11 Band Punk Legendaris yang Jadi Inspirasi Dunia

Musik Punk merupakan salah satu aliran group musik yang sangat populer. Saat ini sudah banyak sekali masyarakat dunia yang menyukai aliran musik yang satu ini meski di Indonesia sendiri Komunitas Punk masih dianggap lapisan “kelas bawah tanah, Underground”. Arti Punk sebenarnya sebagai attitude (sikap) pemberontakan terhadap ketidakseimbangan strata sosial, penindasan, gaya hidup glamour. Aliran Punk melambangkan sebuah keberanian dalam menghadapi hidup, bahkan lagu-lagu yang diciptakan adalah tentang sebuah realita hidup.

11 band punk legendaris yang jadi inspirasi dunia ini telah menjadikan Musik Punk sebagai genre musik populer, yang semakin dikenal oleh dunia melalui album lagu ciptaan mereka. Sahabat kejadiananeh.com siapa sajakah musisi grup band Punk terkenal yang telah jadi legendaris itu, berikut selengkapnya, Sejarah Band Punk Legendaris yang jadi Inspirasi Dunia.

 

1. NOFX

11 Band Punk Legendaris yang Jadi Inspirasi Dunia
Rumah Mike sang vokalis NOFX menjadi awal terbentuknya nama band ini. Awalnya saat para personil punkers ini sedang nongkrong dirumah Mike, Eric sang gitaris berkata bahwa group mereka harus No FX (diucapkan no eff ex) seperti band-band lain yang saat itu memberikan efek negatif. Menyadari komentar unik dari Eric akhirnya mereka sepakat menamakan group band mereka dengan NOFX.

Group band punk rock ini dibentuk sejak tahun 1983 di Los Angeles. Mereka sudah cukup populer sekali di Amerika Serikat, terutama sejak tahun 1994 dengan album kebanggaannya yakni Punk di Drublic. Band punk legendaris ini terdiri dari Fat Mike sebagai vokalis dan basis, Eric Melvin (gitaris), Erik Sandin (drummer), dan El Hefe sebagai gitar sekaligus terompet.

 

2. Green Day

Green Day sebagai punk rock kelahiran California, Amerika Serikat. Green Day telah diakui oleh dunia sebagai grup band yang mampu membuat musik punk kembali populer. Mereka terdiri dari Billie Joe Amstrong (vokal dan gitaris), Mike Dirnt (basis dan penyanyi pendukung) dan Tre Cool sebagai pemain drum sekaligus penyanyi latar yang menggantikan drummer sebelumnya John Kifmeyer.

Green Day membuka mata dunia dengan menjadikan genre musik punk kembali terkenal bersamaan dengan generasi group band punk 90’an lainnya seperti Rancid dan The Offspring. Album Dookie menjadi awal kenaikan puncak masa-masa emas karir musik mereka. 

 
3. The Rabbel

The Rabble terbentuk di Auckland, Selandia Baru. Mereka terbentuk di New Zealand sejak musim panas 2000/2001 saat menghadiri Orewa College, tetapi mulai resmi berdiri dan menjadi sebuah grup band pada tahun 2004.

The Rabble merupakan grup musik punk yang memegang prinsip Do it Yourself, untuk itulah mereka selalu menulis dan merekam lagunya sendiri tanpa bantuan pihak ketiga (musisi lain), namun teman-teman dekat dan keluarga menjadi sosok penunjang keberhasilan dari The Rabbel. Personil Trio Libels mereka adalah Chazz Hill-Hyar sebagai vokalis dan gitar, Jamie Douglass sebagai Bassist dan vokal, dan Rupert Hill Hyar sebagai Drummer sekaligus vokal. 

 
4. iBowling For Soup (BFS)

Kelompok Band pop-rock ini terbentuk sejak tahun 1994,  berlokasi di Wichita Falls, Texas. Jaret Reddick bersama teman-temannya membentuk band iBowling For Soup ini saat mereka masih menjadi mahasiswa kampus. Zippier, Ramones dan Green Day menjadi Inspirasi dalam warna aliran musik mereka. Single lagu terkenal mereka adalah Girl All The Bad Guys Want yang masuk dalam nominasi Grammy Awards 2003. Dan album lagu terbaru mereka dikeluarkan pada tahun 2013 kemarin dengan judul album “Lunch, Drunk, Love”.
 
5. Rancid

Rancid, grup band ska punk rock yang di influence kan oleh aliran musik Reggae terbentuk di Albany, California pada tahun 1991. Band yang pertama kali didirikan oleh Tim Amstrong (gitar, vokal) dengan Matt Freeman awalnya bernama “Operation Ivy” dan saat Brett Reed bergabung menjadi drummer pertama band ini berubah nama menjadi Rancid.

Baca juga  Kontroversi Girl Band Seksi Bambino yang Pamer CD

Lars Frederiksen dan Branden Steineckert menggantikan personil Rancid yang keluar yaitu Matt dan Breet dan keduanya sampai kini masih menjadi personil tetap Rancid. Band ini diklaim sebagai salah satu komunitas musisi underground yang mampu menghidupkan kembali mainstream bunga populer di Amerika Serikat. Fall Back Down, menjadi lagu terbaik dan terpopuler sepanjang karir musik mereka. 

 
6. SUM 41

Dua orang teman SMA yakni Deryck Whibley dan Steve Jocz, memutuskan untuk membuat sebuah grup musik punk rock setelah 41 hari musim panas (summer) berlalu, inilah yang menjadi cikal bakal terbentuknya SUM 41 di Ajax, Kanada. Kemudian pada tahun 1999 Baksh (gitaris) dan Jason McCalsin (bass) masuk menjadi anggota SUM 41. Half Hour of Power menjadi album musik pertama yang mereka rilis.

Pengaruh musik band mereka adalah Pop Punk, Metal dan Punk Rock, karena terlihat jelas tiga karakter warna musik berbeda mereka. Unsur metal dalam Album Chuck, All Killer No Filler dan Album Half Hour Of Power didominasi Pop Punk. Sedangkan di Album Does This Look Infected warna musik Punk Rock begitu kental.

7. The Offspring

Dalam sejarah Musik Underground, penjualan Album Smash dari The Offspring mencatat rekor penjualan paling laris yang terjual lebih dari 8 juta copy berkat lagunya yang hit seperti Gotta Get Away, Self Esteem dan Come Out and Play. Awalnya Band asal Orange, California Selatan ini bernama Manic Subsidal yang pertama kali didirikan oleh Greg Kriesel dan Dexter Holland. Formasi tetap band The Offspring sampai sekarang adalah Greg.K sebagai Bassist, Noodles (Lead Guitar), Dexter Holland sang Vokalis dan Ron Welty sebagai Drummer yang menggantikan James Lilja.

8. Blink 182, Amerika Serikat 

Duck Tape nama pertama band ini yang didirikan oleh Mark Hoppus, Tom DeLonge dan Scott Raynor sampai Tom merubah nama band menjadi Blink 182. Personil tetap Blink 182 saat ini adalah Travis Barker (Drum), Matt Skiba (Vokal N Guitar) dan Mark Hoppus (Vokal N Bass) yang sebelumnya Scoot Raynor dan Tom DeLonge juga bergabung. Group Band berjenis musik pop punk ini mencapai kesuksesan posisi 9 di Chart Billboard 200 pada tahun 1999 dengan Hits lagu andalan mereka What’s My Age Again dan All The Small Things.

9. The Clash 

Lagu-lagu dari The Clash adalah perpaduan dari beragam aliran musik seperti Reggae, Dub, Ska, Funk, Rap dan Rockabilly. Dibentuk pada tahun 1976 dan menjadi gelombang awal musik punk rock di Inggris. Joe Strummer sebagai vokalis, Nick Topper (Drum), Mick Jones (Gitar) dan Paul Simonon (Bass). Sayangnya pada tahun 1986 Group Band The Clash menyatakan Bubar Jalan.

 
10. Ramones

Meski belum dapat disejajarkan dengan Band Punk Legendaris Sex Pistols. Kiprah Ramones seakan tidak bisa tergantikan di komunitas punk dunia. Grup musik satu ini dianggap sebagai kelompok Punk Rock pertama kalinya di Amerika Serikat. Band satu ini mulai berdiri sejak tahun 1974 di Forest Hills, New York. Jeffry Ros Hyman (Joey Ramone) sebagai vokalis, John Cummings/Johnny (gitar), Douglas Glenn Colvin/Dee Dee (bass) dan Tamas Erdelyi/Tommy adalah anggota asli pertama yang mendirikan Band Ramones.

Baca juga  13 Vokalis Pria yang Buat Jutaan Wanita Histeris Pingsan

Kemudian setelah 22 tahun perjalanan karir band berlalu mereka bubar, tepatnya pada tahun 1996 dan selang beberapa tahun Joey, Johny dan Dee Dee Ramone meninggal dunia.

11. Group Band Punk Legendaris Sex Pistols

John Simon Ritchie alias Sid Vicious menjadi tokoh paling Kontroversi dalam Band Sex Pistols. Selain dirinya dikenal sebagai orang yang pertama kali memperkenalkan model rambut Mohawk, Sid juga dikenal bertemperament buas. Seperti aksi-aksi kurang ajar yang dilakukannya saat pentas di panggung, meludah dan kencing diatas panggung membuat para tokoh pemerintah geram dan menuduh Band Punk Sex Pistols ini sebagai perusak generasi muda Inggris saat itu.

Lagu-lagu ciptaan mereka pun penuh dengan lirik Kontroversi seperti pemujaan Obat Bius dan Seks Bebas. Bahkan Anarchy In The UK dan God Save The Quenn adalah contoh lirik lagu yang berisi hinaan dan caci maki terhadap dinasti kerajaan Inggris. Selain Cover album yang bergambar Ratu Inggris dengan Tindikan di perut, Sex Pistols juga mengatakan Sang Ratu Idiot dalam lagunya. Pada masa itu tak ada satu pun perusahaan label musik yang mau bekerjasama untuk menjual rekaman lagu mereka.

Band Punk Legendaris yang Jadi Inspirasi Dunia

Gerakan panggung Underground pun dilakukan sebagai cara satu-satunya mempromosikan band mereka kepada masyarakat. Dan meski sering ditangkap oleh Kepolisian, Band Punk Sex Pistols menjadi Fenomena di Inggris. Puluhan ribu generasi muda di Inggris menjadikan mereka sebagai Idola, Icon Punk yang melambangkan pemberontakan terhadap ketidakseimbangan strata sosial, Imej masyarakat saat itu mengartikan Punk adalah Sex Pistols, Sex Pistols adalah Punk.

Sayangnya kepopuleran Sex Pistols harus terhenti dan group band ini bubar tak lama setelah kematian Sid Vicious sang vokalis yang tewas akibat over dosis obat bius. Sahabat kejadiananeh.com semoga Artikel 11 Band Punk Legendaris yang jadi inspirasi dunia ini dapat menambah wawasan musik anda. Walaupun masih ada lagi beberapa group band punk legendaris lainnya yang juga menginspirasi musisi di seluruh dunia. Lihat juga 8 Komunitas Punk Terkenal.

12 Band Rock Legendaris Dunia dalam Sejarah Musik
Kisah Cinta Romantis paling Mengharukan
Sejarah Musik Reggae Pertama Kali Dikenal