13 Agen Rahasia Wanita Terbaik Dunia

Menyusup, mengumpulkan informasi tentang segala aktifitas serta memetakan situasi lapangan dan kondisi markas pertahanan musuh itulah tugas mereka yang berprofesi sebagai mata-mata. Tak pernah takut meski pekerjaannya ini sangat berbahaya dan rentan membahayakan nyawanya sendiri. Keberanian yang mereka lakukan bukanlah hanya untuk kepentingan satuan militer semata saja namun demi pengabdian dan rasa patriotisme kepada negaranya. Seperti yang kita tahu profesi mata-mata seringkali digunakan untuk mencuri data base teknologi dan sabotase kekuatan musuh meski harus menempuh berbagai cara yang dapat dikatakan nekat alias mati konyol. 
 
Dan yang paling mengejutkan, kegiatan spionase atau mata-mata yang sudah berlangsung selama berabad-abad ini bukan hanya dilakukan oleh pria saja. Tapi juga dilakukan oleh kaum hawa seperti agen rahasia wanita terbaik dunia ini, dalam menjalankan tugasnya mereka tak hanya mengandalkan paras wajahnya yang cantik, namun kepintaran, keberanian dan cara mereka memikat hati agar dapat diterima dan bergabung dengan kelompok ‘musuh’ itulah yang sangat menakjubkan. Namun konsekuensi dari itu semua bila identitas asli mereka terungkap, mereka harus siap untuk ditangkap, disiksa, dipenjara seumur hidup bahkan sampai dieksekusi mati oleh musuh.

13 Agen Rahasia Wanita Terbaik Dunia

Contohnya Anna Chapman (foto diatas), mata-mata cantik terkenal dari Rusia yang tertangkap oleh FBI saat menyusup ke lingkaran kelompok elit politik pemerintahan Amerika Serikat. Beruntung dirinya tidak dihukum mati dan dapat dibebaskan dengan kesepakatan pertukaran antara mata-mata Rusia dengan mata-mata Amerika. Sahabat kejadiananeh.com meski 13 agen rahasia wanita terbaik dunia sepanjang sejarah dibawah ini nasib mereka tak seberuntung Anna Chapman, namun apa yang telah mereka lakukan adalah sebuah bentuk pengorbanan demi membela negara.

 
1. Violette Szabo Agen Intelijen Inggris, Special Operations Executive 
 
Violette Szabo, wanita cantik kelahiran 26 Juni 1921 adalah seorang agen rahasia wanita Inggris pada masa Perang Dunia ke II. Violette Szabo terkenal karena tembakannya yang selalu tepat dan jitu dalam Operasi Khusus. Rekannya sesama intelijen Special Operations Executive (SOE), Odette Churchil  mengatakan bahwa Violette adalah ‘yang paling berani di antara kami semua’.

Dia lahir di Paris, Perancis pada 26 Juni 1921 dari hasil pernikahan wanita berdarah Perancis dengan seorang pria Inggris. Ayahnya yang seorang supir taxi bertemu dengan ibunya pada masa setelah perang dunia I. Keluarganya pindah ke London dan Violette bersekolah di Brixton sampai usia 14 tahun. Dalam penyamarannya, Violette bekerja sebagai counter parfum pada departemen store Bon March, Brixton, pada masa awal perang dunia II. Dan di sebuah parade Bastille Day di London tahun 1940, Violette bertemu dengan Etienne Szabo. Ettine adalah seorang perwira Perancis keturunan Hungaria.

 
Violette yang saat itu berusia 19 tahun dan Etienne yang berusia 31 tahun memutuskan untuk menikah. Keduanya menikah pada tanggal 21 Agustus 1940. Etienne meninggal dunia karena luka dada yang diperolehnya pada pertempuran Al-Alamein pada bulan oktober 1942. Dia meninggal sebelum sempat melihat kelahiran putrinya, anak pertama hasil perkawinannya. Kematian Sang suami membuat Violette memutuskan untuk bergabung dengan Auxiliary Territorial Service, agen khusus Intelijen Inggris, Special Operations Executive (SOE) sebagai cara terbaik untuk melawan musuh yang membunuh suaminya.

Violette kemudian sukarela menawarkan diri untuk ditugaskan ke Prancis. Di masa Perang Dunia II, dengan berparasut Violette menyelinap di luar daerah Limoges, Prancis, pada Juni 1944. Dia segara bergabung dengan jaringan perlawanan lokal untuk menyabotase jalur komunikasi Jerman. Violette dan kelompoknya sedang dalam perjalanan dengan mobil dan melewati jalan yang diblokir tentara Jerman. Letusan bersenjata pun tak terelakkan. Violette melindungi kelompoknya, dengan melakukan perlawanan menggunakan senjata Sten sampai amunisinya habis. Dia lalu ditangkap, dibawa ke markas pusat Gestapo, polisi rahasia Jerman. Violette disiksa, namun itu tak membuatnya membocorkan informasi sepatah kata pun.

Violette kemudian dipindahkan ke kamp konsentrasi Ravebsbruck dan dieksekusi mati tahun 1945, tepat saat ia berusia 23 tahun. Setelah perang dunia berakhir putri Violette, Tania menerima penghargaan anumerta George Cross untuk ibunya yang diserahkan oleh Kerajaan Inggris. Kiprahnya diabadikan dalam buku dan film berjudul ‘Carve Her Name with Pride’. Lihat juga 13 Rahasia Dunia yang Belum Terungkap.

 
2. Mata Hari,  Ratu Intel Berdarah Jawa Indonesia, The Greatest Woman Spy
 
Hari itu, 15 Oktober 1917, berpakaian hitam-hitam, Mata Hari menghadapi 15 algojo regu tembak. Eksekusi pun dimulai. Sebuah peluru menembus jantungnya, satu peluru lainnya lalu ditembakkan ke telinganya, menembus batok kepala. Ia tewas dalam usianya yang ke 41 tahun.

Hidup legenda mata-mata perempuan dalam sejarah intelijen berakhir 96 tahun yang lalu. Namun, tidak dengan kisahnya. Mata Hari akan tetap dikenang sebagai legenda, The Greatest Woman Spy ratunya mata-mata. Setelah nyawa hilang dari raga, tak ada keluarga yang mengklaim jasadnya. Tubuh Mata Hari berakhir di meja praktek fakultas kedokteran. Sementara kepalanya disimpan di Museum Anatomi Paris. Pada tahun 2000 diketahui bahwa kepala itu menghilang, mungkin raib saat museum itu dipindahkan pada 1954.

Keturunan Belanda-Jawa

Mata Hari lahir dengan nama Margaretha Geertruida  ‘Grietje’ Zelle MacLeod pada 7 Agustus 1876 dari pasangan pengusaha minyak Belanda-Jawa yang sukses. Margaretha alias Mata Hari tumbuh sebagai remaja bertubuh tinggi, payudaranya kecil. Namun, tubuhnya eksotis membuatnya punya daya tarik tersendiri. Rambutnya hitam dan kulitnya coklat, itu pengaruh darah Jawa dari sang Ibu yang mengalir di dalam tubuhnya.

Kebangkrutan bisnis ayahnya pada 1889, mengubah kehidupannya secara drastis. Orangtuanya bercerai, tak lama ibunya pun meninggal dan dia dikeluarkan dari sekolah calon guru taman kanak-kanak karena skandal tak senonoh dengan kepala sekolahnya. Hidup morat-marit, saat usia 18 tahun, Margaretha menikahi seorang pegawai militer Belanda, Rudolf John MacLeod, yang 20 tahun lebih tua. Pernikahan itu menuntut takdirnya ke Jawa, negeri leluhurnya. Dia tinggal di Ambarawa, Jawa Tengah. Dia juga pernah tinggal di Sumatera.

Di Jawa, dia menemukan dunianya belajar tarian Jawa dan tak seperti nyonya-nyonya Belanda lainnya, dia gemar memakai sarung. Ketika berkorespondensi dengan kawan dan kerabat, dia memakai nama alias, Mata Hari, yang artinya Sang Surya, Matahari. Kelak nama itulah yang membuatnya populer dan dikenal dunia. Malang, kehidupannya di tanah jajahan jauh dari membahagiakan. Anak lelakinya tewas, dia bercerai dengan suaminya yang gemar mabuk dan main perempuan sekaligus terlalu cemburu dengan pesona yang dimiliki istrinya itu sampai ia sering dipukuli oleh sang suami.

Baca juga  Perbuatan Manusia yang Bisa Menyebabkan Gempa padahal Bukan Gara2 Dosa, AZAB!

Sejarah Perjalanan Matahari Menjadi Mata-mata

Takdir Margaretha menjadi mata-mata diawali kepindahannya ke Paris, Perancis. Setelah jadi pemain sirkus, Margaretha banting setir jadi penari erotis. Di panggung dia memakai nama Mata Hari. Dengan daya tarik sensualnya, Mata Hari menjelma jadi sosok yang dikenal. Dia punya hubungan intim dengan pejabat militer, politisi, dan orang-orang berpengaruh, bahkan jadi ‘simpanan’ putra mahkota Jerman saat itu koneksinya ini memungkinkan dia bepergian melintasi batas-batas negara.

Saat jadi penari telanjang di Berlin, Mata Hari dikabarkan direkrut agen rahasia Jerman. Beberapa penulis biografi, misalnya, Erika Ostrovsky yakin bahwa Mata Hari pernah menjalani pelatihan di sekolah mata-mata Jerman di Antwerp, Belgia. Oleh Jerman, dia disebut dengan kode ‘H21’. Selain jadi mata-mata Jerman, Mata Hari juga direkrut menjadi mata-mata Prancis yang dia lakukan demi uang agar bisa hidup bersama kekasihnya yang asal Rusia, Vladmir Masloff.

Tertangkap dan Dieksekusi Mati

Masalah datang pada bulan Januari 1917, saat atase militer Jerman di Madrid mengirim pesan radio ke Berlin menggambarkan kegiatan  mata-mata Jerman dengan kode nama H 21. Pesan itu disadap agen mata-mata Perancis. Dari informasi-informasi itu, diduga kuat H 21 adalah Mata Hari. Pada 13 Februari 1917, Mata Hari dicokok aparat Prancis. Tuduhannya, agen ganda.

‘Saya tidak bersalah, kata Mata Hari saat diinterogasi, tegas. ‘Seseorang sedang mempermainkan saya – kontra spionase Perancis. Saya sedang dalam tugas mata-mata  dan saya bertindak hanya dalam perintah itu,’kata dia, seperti dimuat laman www.mata-hari.com. Pembelaannya mentah. Ratu erotis itu lalu diadili dengan dakwaan menjadi mata-mata Jerman dan bertanggung jawab atas kematian 50.000 tentara. Dia diputus bersalah.

Kisah hidup penari erotis itu berakhir tragis, namun ia menjelma jadi legenda. Mata Hari mewakili gambaran seorang ‘femme fatale’ perempuan penakluk kaum adam yang pesonanya menuntunnya ke akhir kematian yang tragis. Ketika dieksekusi mati Mata Hari menolak memakai penutup mata, ia sangat berani dan siap menanti datangnya peluru dari regu tembak yang akan mengakhiri hidupnya. Dalam catatan sejarah Mata Hari dikenal sebagai salah  satu agen rahasia wanita terbaik dunia.

 
3. Charlote de Sauve (1551- 30 September 1617)
 
Charlote de Sauve adalah seorang wanita bangsawan Perancis dan sekaligus selir dari King Henry of Navarre yang kemudian memerintah sebagai Raja Henry IV, Perancis. Dia adalah anggota dari ‘Queen Mother Catherine de Medicis notorious Flying Squadron’. Kelompok ini merupakan kelompok wanita cantik yang bekerja sebagai mata-mata untuk Ibu Ratu. Para mata-mata ini ditugaskan untuk merayu para lelaki yang memiliki kedudukan penting di pengadilan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi penting.

Charlote de Sauve ditugaskan sebagai mata-mata dengan menjadi kekasih Marguerite de Valois, Joseph Boniface de La Mle dan Annibal de Coconnas yang terlibat dalam konspirasi tahun 1574. Pada tahun 1575, Catherine de Medici bekerja sama dengan putra sang Ratu, Henry III. Mereka mengirim Charlote de Sauve untuk merayu sang putra bungsu Franois, seorang bangsawan Alenon. Charlote ditugaskan untuk memprovokasi permusuhan antara dua orang bersaudara yaitu Sang Raja dan sang adik bungsu agar mereka tidak melakukan konspirasi.
 
Charlotte akhirnya menjadi selir Franois dan mulai menjalankan misi dengan membuat keretakan hubungan Franois dengan teman-teman terdekatnya. Menurut memoar Marguerite ‘Charlotte de Sauve treated both of them [Navarre and Alenon] in such a way that they became extremely jealous of each other, to such a point that they forgot their ambitions, their duties and their plans and thought of nothing but chasing after this woman.’
 
Memoar tersebut setidaknya menceritakan keberhasilan Charlotte memecah-belah Navarre dan Franois. Keduanya menjadi saling cemburu satu sama lain dan akhirnya tidak memikirkan apa-apa lagi selain bersaing untuk mendapatkan sang wanita pujaan hati, Charlotte de Sauve.
 
4. Liu Hulan

Liu Hulan adalah seorang wanita muda nan cantik yang dilahirkan di desa Yunzhouxi, Wenshui, propinsi Shanxi, Cina tahun 1932. Dia adalah mata-mata wanita selama perang saudara Cina antara Kuomintang dan partai komunis. Liu Hulan tercatat bergabung dengan partai komunis tahun 1946 dalam asosiasi wanita yang bekerja dalam mendukung tentara pembebasan.
 
Liu Hulan berkontribusi dalam berbagai kegiatan seperti menyediakan makanan bagi tentara pembebasan kedelapan, menyampaikan pesan rahasia, dan memperbaiki sepatu boot dan seragam para tentara. Kehidupan dan kematian Liu Hulan telah menjadi simbol keberanian dari orang-orang Cina. Kisah tentang Liu Hulan seringkali disampaikan sebagai penghormatan kepada perjuangan pertahanan dan pengorbanan yang dilakukan untuk membebaskan Cina dari kekuasaan bangsa asing. Baca juga 9 Orang yang Tetap Hidup Meski Tanpa Kepala.
 
5. Noor Inayat Khan (1 January 1914 13 September 1944)
 
Pada tanggal 13 September 1944, Noor Inayat Khan seorang wanita India ditemukan terbaring tak bernyawa di Dachau concentration camp. Noor tewas setelah disiksa secara brutal oleh Nazi dan kemudian ditembak di kepalanya. Noor Inayat Khan lebih dikenal dengan nama Nora Baker, seorang mata-mata Inggris.

Noor adalah operator radio wanita pertama yang menyadap Paris. Dia merupakan salah satu wanita yang dianugerahi Croix de Guerre and the George Cross, medali penghargaan dari sebuah operasi khusus. Dua wanita lain yang menerima medali adalah Odette Hallowes and Violette Szabo. Keduanya lebih dikenal dunia karena adanya film hollywood yang mengangkat cerita mereka. Hal yang berbeda terjadi pada Noor, yang seolah-olah hanya menjadi catatan kaki sejarah.
 
Tahun 2012, patung Noor dibangun di London Gordon Square. Sebuah patung wanita Asia sekaligus wanita Muslim pertama yang dibangun di Inggris. Noor adalah keturunan Sultan Tipu, penguasa abad ke-18 yang terkenal di India Selatan. Dikenal sebagai Tiger dari Mysore, dia dibesarkan oleh ayahnya Hazrat Inayat Khan, seorang pengkhotbah sufi dan musisi.
 
Noor dilatih sebagai agen rahasia, yang diberikan pelatihan senjata, menembak dan membunuh. Sampai akhirnya dia diterbangkan ke Paris di bawah nama kode Madeleine. Saat jaringan mata-matanya runtuh di Paris, dia mampu bertahan selama tiga bulan. Pada bulan Oktober 1943 dia tertangkap dan kemudian dipenjara dan menantang sampai akhir hayatnya dengan meneriakkan ‘Liberte’ sebelum sebuah peluru menembus kepalanya.
 
6. Melita Norwood

Sebelum menjadi agen rahasia wanita, Melita Norwood sebenarnya adalah Pegawai negeri biasa di Inggris. Tetapi kecenderungan Komunisnya Pada tahun 1937 menarik KGB (The National Security Agency of The USSR) untuk merekrutnya dengan memberikan misi sebagai mata-mata pada 1940-an di fasilitas rahasia penelitian nuklir Inggris (British Non-Ferrous Metals Research Association) dengan nama sandi ‘Hola’.

Baca juga  Menguak Kematian Misterius Adolf Hitler

Hal ini mampu memberinya akses ke dokumen-dokumen rahasia yang sangat sensitif seperti salah satunya adalah skema untuk British bom atom pada tahun 1945. Kegiatan spionase pertama kalinya diungkapkan kepada publik oleh Vasili Mitrokhin pada tahun 1999. Pada waktu itu juga terungkap bahwa pemerintah Inggris sebenarnya telah mengetahui statusnya Norwood sejak Pembredelan dan pencekalan tulisan-tulisan kontroversi Mitrokhin pada 1992, tetapi Inggris telah memutuskan untuk tidak membesarkan masalah ini.

 
7. Brita Tott

Pada 1442, seorang putri bangsawan Denmark, Brita Tott, menikah dan masuk ke dalam keluarga kerajaan Swedia. Satu dekade kemudian, Swedia berperang melawan Denmark, Posisi Tott sebagai mata-mata merupakan tindakan sempurna untuk tanah airnya. salah satunya Beliau terlibat dalam konspirasi untuk membunuh raja Swedia saat itu, yaitu Raja Charles VIII. Ia juga seorang kurir yang lulus mengungkap rahasia militer Denmark yang hendak menghancurkan keluarganya, juga mengkhianati setiap gerakan militer Swedia.

Sayangnya tindakan-tindakan Brita lebih cepat diketahui oleh Charles VIII. Atas pengkhianatannya itu, dia dihukum akan dibakar di tiang pancang. Hukuman ini tidak terlaksana karena kemudian diubah menjadi hukuman ‘Walling’ dan kemudian membiarkannya hidup dengan menghabiskan hari-hari terakhirnya di negara asalnya, Denmark.

 
8. Princess Stephanie Julianna von Hohenlohe

mata-mata cantik terkenal
Sebagai seorang putri yang cantik, kaya raya dan mempunyai hubungan dekat dengan anggota-anggota lama aristokrat Jerman pada tahun 1930-an, membuat Putri Stephanie bergerak dengan mudah di dalam kalangan elit London. Keahliannya bersosialisasi itu dimanfaatkan dengan baik untuk menggoda menteri-menteri kabinet sampai ke dalam kerajaan Inggris saat itu. Dia akhirnya mengalihkan target seksual menjadi spionase emas untuk Hitler dan Komando Tinggi Jerman.

Pecahnya Perang Dunia II mengakhiri kegunaannya sebagai mata-mata Jerman di London. Takut untuk tinggal di Inggris karena dia bekerja sebagai mata-mata, Stephanie pindah ke AS dengan mantan kekasihnya Fritz Wiedemann. Setelah tiba di Amerika dan berpisah dengan Wiedemann, Stephanie ditugasi oleh pemerintah setempat untuk membuat profil psikologis tentang Hitler, yang berjudul ‘Analisis Personality of Adolph Hitler’ pada tahun 1943.

 
9. Elizabeth Bentley

Mata-mata Partai Komunis Amerika Serikat, padahal sebenarnya ia sedang bekerja untuk polisi rahasia Soviet, yang sebenarnya tidak menguntungkan dirinya sebagai agent rahasia. Meskipun demikian, selama Perang Dunia II, ia adalah salah satu mata-mata Soviet paling sukses di Amerika Serikat, dengan memberikan informasi-informasi tentang Nazi melalui militer Soviet.

Setelah kematian kekasihnya dan putus hubungan dengan Soviet, dia membangun jaringan mata-mata yang jauh lebih besar dari sebelumnya walaupun tidak mampu bertahan lama karena ia membelot dan memberikan nama-nama kepada FBI sekitar 150 mata-mata Uni Soviet, termasuk puluhan pegawai pemerintah AS.

 
10. Lona Cohen

Lona Cohen adalah anggota partai komunis yang menjabat sebagai kurir untuk Theodore Hall, seorang fisikawan Manhattan Project (proyek Bom Atom Amik) yang membocorkan rahasia atom ke Uni Soviet. Setelah perang, ia dan suaminya pindah ke London dan menjadikannya alat untuk menghancurkan pasukan laut inggris melalui Portland Spy Ring (Mata-mata Soviet yang beroperasi di Inggris). Tidak berlangsung lama karena Inggris mengetahui siapa Cohen dan menangkapnya.

Yang awalnya hukuman delapan tahun menjadi 20 tahun penjara tidak sempat terjadi karena Inggris menawarkan pertukaran mata-mata yang dikirimnya ke Uni Soviet. Sekembalinya ke Uni Soviet, Cohen diterima dengan suka cita dan menganggapnya patriot yang setia, termasuk dihormati dengan pejabat-pejabat Uni Soviet dengan memberikannya penghargaan Congressional Medal of Honor. 

 
11. Virginia Hall

Sebagai agen of Britain’s Special Operations Executive, Virginia Hall mempunyai misi untuk mendukung Perlawanan Perancis dengan mendapatkan reputasi sebagai orang yang mampu bahkan menghindari kepungan Nazi yang sangat ketat.

Pada tahun 1944, ia melarikan diri ke Spanyol dengan berjalan kaki dan bergabung dengan Office of Strategic Services of America sebelum kembali ke Perancis untuk melatih pasukan Perlawanan, mendirikan rumah-rumah aman dan mengumpulkan rahasia-rahasia intelijen militer Jerman yang tak ternilai. Salah satu hal yang mencengangkan ternyata dalam melakukan misinya tersebut, Hall menggunakan kaki palsu kayu! Dimana dia sudah menggunakannya sejak tahun 1930-an.

 
12. Krystyna Skarbek

Kecerdasan Krystyna Skarbek yang tidak konvensional selama enam tahun sebagai agen untuk Operasi Khusus Inggris (SOE) membuat dia salah satu dari mata-mata Perang Dunia II paling sukses, setelah dilumpuhkan berbagai misinya di Polandia, Hungaria, Perancis, dan Mesir. Dia memperoleh ketenaran abadi ketika ia menyelamatkan nyawa dua agen SOE yang akan dieksekusi oleh Gestapo dengan menjadikankan dirinya sebagai salah satu kemenakan anggota Komando Tinggi Inggris.

Setelah perang, Skarbek mendapati dirinya ditinggalkan baik oleh negara asalnya (di bawah pendudukan Soviet) dan mantan organisasinya. Sudah tertimpa kemiskinan, dibunuh pula pada tahun 1952 oleh seorang yang pernah dia tolak cintanya di London.

 
13. Nancy Wake

Agen Rahasia Wanita Terbaik Dunia
Pada awalnya Nancy Wake bekerja sebagai seorang jurnalis di Prancis namun ketika Perang Dunia II meletus dia tidak menyia-nyiakan waktunya dengan secara sukarela, bergabung mendaftar menjadi interpol militer untuk Perlawanan Perancis, dan tak lama setelah itu, Wake mendirikan sebuah jaringan mata-mata yang sangat luas dan efektif sehingga Gestapo menaruh harga di kepalanya bernilai jutaan dolar. Keahliannya dalam spionase hanya oleh ketangkasan fisiknya, dia dituduh membunuh seorang tentara Jerman dengan tangan kosong.

Setelah perang, tak kurang dari lima negara menghormatinya dengan penghargaan sipil tertinggi, membuatnya di antara mata-mata wanita paling dihormati selama Perang Dunia II. Sahabat kejadiananeh.com betapa luar biasa bukan keberanian para wanita ini yang berprofesi sebagai spionase atau mata-mata. Pengabdian yang mereka lakukan adalah sebagai bentuk nasionalisme dan patriotisme untuk negaranya sendiri, semoga kisah nyata 13 agen rahasia wanita terbaik dunia sepanjang sejarah ini dapat menambah wawasan pengetahuan anda.

 
Referensi
yudhe.com_10 agen rahasia wanita paling terkenal sepanjang sejarah
liputan6.com_ratu intel erotis mata hari dieksekusi
merdeka.com_5 wanita cantik ini ternyata mata-mata