13 Bandara Pesawat Paling Ekstrim dan Berbahaya

Tidak semua pilot pesawat terbang diizinkan  untuk  melakukan lepas landas (take off) ataupun mendarat (landing) di 13 bandara pesawat paling ekstrim dan berbahaya ini. Sebab begitu curamnya keadaan landasan yang jauh dikatakan layak sebagai standarisasi sebuah landasan pacu pesawat terbang. Begitupun halnya sang pilot, meski sudah dikatakan sebagai pilot senior berpengalaman dan memiliki jam terbang tinggi, tapi bila tidak mengantongi izin khusus lulus praktek penerbangan ditempat tersebut  juga tidak akan diperbolehkan.
 
Tak dapat dibayangkan seandainya kita menjadi penumpang dalam pesawat ini dengan keadaan landasan yang tentunya penuh dengan resiko berbahaya. Namun apa daya jika memang diharuskan datang ke tempat ini karena alasan tugas ataupun kepentingan mendesak, tetap harus kita lakukan. Dan sepertinya tak ada alasan lagi selain mempercayakan saja nasib kita kepada pilot-pilot hebat berkeahlian luar biasa ini. Sahabat kejadiananeh.com berikut 13 bandara pesawat paling ekstrim, berbahaya dan mengerikan di dunia. 
 
1. Uniknya Landasan Pesawat di tepi pantai Maho-Princess Juliana Airport, Belanda

13 Bandara Pesawat Paling Ekstrim dan Berbahaya
Ada sensasi unik,seru dan menegangkan saat kita bersantai di Pantai Maho yang berada di Pulau Karibia, Saint Martin Belanda ini. Karena letaknya bersebelahan persis dengan Bandara Pesawat International Princess Juliana. Ketika kita sedang asik bermain pasir ataupun sedang tiduran jangan terkejut bila ada pesawat melintas diatas kepala hanya berjarak sekitar 10 sampai 30 meter dari permukaan pantai.

Namun jangan khawatir para wisatawan akan tertabrak oleh pesawat yang akan turun mendarat karena keahlian sang pilot sangat ahli dan berpengalaman memastikan terjaganya ketinggian yang sesuai. Sebab selain itu sang Pilot juga harus lihai meliuk tajam untuk menghindari gunung yang tepat keberadaannya di ujung landasan. Luas landasan Bandara Princess Juliana ini pun terbilang sangat kecil hanya memiliki luas 2.180 meter. Tersusun atas 4 lantai dengan fasilitas 42 meja check-in, dan 11 gerbang boarding.

Bar yang berada di Pantai ini adalah Sunset Bar dan Grill Bar. Kedua Bar ini memiliki daftar jadwal lengkap seluruh maskapai penerbangan dan speaker siaran radio transmisi antara Pilot Pesawat dengan Petugas Menara Kontrol Bandara.

Karena dengan speaker ini, pengunjung dapat mengetahui Pesawat terbang dari Maskapai Penerbangan mana yang akan segera berangkat ataupun tiba mendarat. Namun ada satu tempat lokasi yang dinyatakan sangat berbahaya dan tidak boleh didekati oleh para pengunjung Pantai Maho, yakni jalur landasan terbang 10 tempat lintasan pesawat jet take off/ lepas landas.

Karena bahayanya ledakan buangan gas mesin jet Pesawat Terbang yang dapat mengakibatkan Cedera Serius dan Kematian. Oleh karena alasan tersebut, Pihak bandara pun menambahkan pagar pengaman tambahan di area Landasan Terbang 10 demi keselamatan seluruh pengunjung pantai maho. Luar biasa bukan?

2. Madeira (funchal) Airport-Portugal

Madara Airport yang terletak di Portugal ini adalah salah satu bandara pesawat paling berbahaya di dunia. Bagaimana tidak, tercatat sudah beberapa kali kecelakaan terjadi di tempat ini. Pada tahun 1980 Pesawat Boeing 727 dengan jumlah awak beserta penumpang pesawat 131 tewas akibat terjatuh di tepi ujung landasan. Belajar dari insiden kecelakaan tersebut bandara yang berada persis di tebing curam ini pun menambahkan 150 tiang beton sanggah sebagai penopang.

Namun semua itu belum tentu menjamin keamanannya karena faktor cuaca buruk yang sering melanda tempat ini pun harus diperhitungkan ditambah lagi posisinya yang berdekatan dengan pegunungan dan laut menimbulkan masalah lain, yaitu turbulensi ekstrem. Madera Airport dibangun pada tahun 1964 dulunya bernama bandar udara funchal dan hanya memiliki 2 lintasan pacuan sepanjang kurang dari 1.600 meter. Diketahui, hanya pilot-pilot senior bernyali besar yang berani melakukan pendaratan ditempat ini.

 
3. Sea Ice Runway Airport, Antarctica

Sudah dapat dipastikan jika Bandara Sea Ice Runway yang terletak di Antartika ini sangat rentan dengan insiden kecelakaan. Sebab  notabenenya memang daerah ini terkenal dengan es sebagai pijakan landasan pacu yang diukir di es laut dari Ross Island setiap tahunnya. Landasan bandara terbentang sepanjang 2,5 mil dan beroperasi sebagian besar pada musim panas di Antartika.

Baca juga  Fenomena Menangis Darah terjadi lagi pada Wanita Inggris

Pilot-pilot harus menghindari pendaratan terlalu kasar demi menghindari tenggelam akibat retakan es yang sewaktu-waktu bisa terjadi akibat tekanannya. Sea Ice Runway Airport bahkan pernah mengalami peristiwa landasan meleleh, sehingga semua jadwal penerbangan terpaksa harus dibatalkan demi keselamatan seluruh penumpang. Bukan hanya itu saja, tantangan akan retakan es, licinnya landasan pacu yang tidak beraspal dan terbuat murni dari air es benar-benar menguji keahlian para pilot pesawat terbang.

 
4. Barra Airport, Skotlandia

Seperti halnya bandara Princess Juliana Airport yang berada tepat dibibir pantai Maho. Barra Airport yang terletak di Skotlandia ini juga berada di lokasi pantai wisata umum.  Jangan pernah berharap anda akan menikmati waktu romantis bersama kekasih anda di pantai ini, karena ada peringatan tentang kemungkinan mendarat pesawat yang harus dihindari.

Landasan pacunya sangat pendek, bahkan di tiga landasan pacu yang dimiliki Barra aiport ini hanya ditandai dengan tiang-tiang kayu. Saat malam hari, bandara ini ditutup oleh air laut yang pasang, oleh karena itu, bandara ini menjadi amat eksklusif karena hanya bisa digunakan bagi penerbangan yang terjadwal dan tidak untuk malam hari oleh sebab air pasang.

 
5. Courchevel Airport  yang terletak di Saint Bon Tarentaise, Pegunungan Alpen-Perancis

Anda pasti sudah pernah menyaksikan tayangan film Tomorrow Never Dies? Salah satu aktor kenamaan, Pierce Brosnan yang menjadi tokoh utama James Bond 007 pernah melakukan pendaratan di bandara ini dalam salah satu adegan actionnya. Namun faktanya sangat penting diketahui, bahwa hanya pilot khusus bersertifikat saja yang diizinkan mendarat atau lepas landas di bandara ini.

Hal ini wajar saja, karena posisinya yang terletak di wilayah Saint Bon Tarentaise, pegunungan Alpen, Perancis, terbilang sangat berbahaya. Apalagi dengan bentuk landasan yang sangat pendek dan curam dengan kemiringan curam kurang lebih 18,5 derajat.

 
6. Gustav III Airport, Saint Barthelemy (St Jean Airport)

Bandara pesawat terbang Gustav III dikenal juga dengan nama Saint Barthelemy Airport dan St Jean Airport. Letaknya berada di desa St Jean di salah satu pulau Karibia bernama Saint Barthelemy. Bandaranya bisa dikatakan sangat kecil dengan landasan pacu yang sempit, pendek dan berpapasan dengan lereng jalanan utama kota serta berhadapan langsung dengan laut.

Saat pertama kali mengunjunginya! anda pasti merasa kaget dan berkata sangat luar biasa ekstrim. Sebab pesawat harus menukik tajam saat melakukan pendaratan karena harus melewati bukit yang berada tepat di ujung landasan pacunya dan berada tepat melintasi keramaian kota.

 
7. Matekane Airport-Lesotho

Bandara yang satu ini tidak kalah ekstrim dan berbahaya, letaknya yang menghadap persis ke jurang di pegunungan tinggi dengan tinggi 2.000 kaki ini memang bukan sembarang bandara. Dibutuhkan keahlian luar biasa dari pilot untuk pendaratan maupun lepas landas dari bandara ini. Kondisi angin berperan penting dalam menentukan proses penerbangan maupun pendaratan.

Pesawat yang ingin parkir di sini juga tidak diizinkan untuk terbang sebelum mencapai akhir landasan pacu di ketinggian 1.312 kaki. Ketegangan akan semakin dirasakan ketika pesawat lepas dari landasan pacu karena pesawat dihadapkan pada dua kemungkinan, yakni berhasil terbang ke udara atau jatuh dulu ke dalam jurang baru kemudian terbang perlahan ke udara. Mampukah anda membayangkan kengeriannya?

 
8. Landasan Pesawat Mengerikan Saba Airport di Kepulauan Saba, Karibia

landasan pesawat mengerikan di dunia
Pulau karibia memang terkenal sangat indah, namun di samping keindahannya, terdapat pula bandara yang termasuk sebagai salah satu landasan pesawat mengerikan di dunia. Adalah bandara Saba yang terletak di Kepulauan Saba, Karibia dan sebagai satu-satunya landasan. Memiliki landasan pacu sepanjang 1.300 meter saja. Tak heran jika bandara ini dijuluki sebagai bandara dengan landasan pacu terpendek di dunia.

Letaknya dikelilingi oleh jurang-jurang dengan angin laut yang sangat kencang, nyaris tak membiarkan pilot berbuat salah sedikitpun atau risiko kecelakaan akan dihadapi oleh pesawat yang ia kemudikannya. Yang lebih mengertikan ketika waktu melakukan pendaratan, pesawat terbang diharuskan terbang ke arah tebing sebelum membuat belokan tajam ke kiri dan akhirnya bisa melakukan pendaratan dengan mulus.

Baca juga  Detik-detik Pria Tentara Tangkap Wanita Terjun dari Lantai 11

9. Tenzing-Hillary, Lukla di Nepal

Sebenarnya Bandara Tenzing yang berada di Lukla, Nepal ini dibangun khusus untuk para pendaki Gunung Everest. Dan peraturan di sana penerbangan hanya dapat dilakukan ketika siang hari itupun bila kondisi cuaca sedang cerah. Namun kala angin berembus kencang dan langit cenderung berawan, bandara akan ditutup untuk segala penerbangan.

Memiliki panjang landasan 460 meter dan lebar 20 meter, tidak ada alasan bagi pilot untuk melakukan kesalahan saat lepas landas atau mendarat. Sebab landasan mengalami kemiringan di ujungnya dan langsung ke arah lembah, sejak 1973 hingga 2010 telah terjadi sembilan kecelakaan pesawat di bandara tersebut.

10. Bandara Paro, Bhutan

Dikelilingi oleh puncak pegunungun Himalaya yang menjulang tinggi, Paro adalah salah satu bandara dunia yang paling menantang bagi pilot. Faktanya, saat ini hanya delapan pilot di dunia yang disertifikasi untuk bisa mendarat di bandara ini. Terletak di lembah yang dalam, mendarat di bandara ini mengharuskan para pilot ‘bernegosiasi’ dengan serangkaian gunung, turun dengan cepat, kemudian berbelok curam ke kiri segera sebelum mendarat.

11. Bandara Ekstrim Kai Tak, Hong Kong

Bandara ekstrim Kai Tak, Hong Kong berlokasi tepat di wilayah utara Teluk Kowloon, Hong Kong. Dikelilingi pegunungan, pendaratan di Bandara Kai Tak semakin sulit karena harus melewati daerah permukiman, sehingga pilot harus melakukan manuver sulit sebelum pesawat menyentuh daratan. Karena kerap terjadi kecelakaan fatal, Bandara Kai Tak akhirnya ditutup pada 1998.

 
12. Bandara Pesawat Terbang Toncotin, Negara Honduras

Toncotin Airport  terletak di wilayah Tegucigalpa, yang juga sebagai ibu kota Honduras. Landasan pesawat terbangnya terletak persis di antara lembah-lembah pegunungan, dengan hanya memiliki satu landasan pacu saja ditambah kondisi yang bergelombang untuk mendarat dan lepas landas. Namun pesawat-pesawat berukuran besar macam Boeing 757 tetap sering mendarat di bandara ini.

Tahukah anda? Suasana bandara Toncotin Airport sangatlah kotor dan berantakan sekali, kondisi kursi tunggu penumpangnya pun sedikit dan sempit sehingga dipastikan akan merasa sangat tidak nyaman. Ditambah lagi, lantainya juga kotor dan membuat pengunjung dan siapa saja merasa tidak nyaman ketika melihatnya. Apakah anda memiliki rencana liburan akhir tahun 2015 bersama keluarga anda pergi ke Honduras?

Jika iya, anda harus siap melalui bandara ini sebelum berkeliling wisata di Honduras dan banyak-banyaklah berdoa karena di bandara ini sering sekali terjadi insiden kecelakaan pesawat nyasar ke pemukiman warga yang tinggal di pinggiran lembah pegunungan.

 
13. Gibraltar International Airport-Gibraltar
 
Sangat wajar bila kita sedang mengendarai kendaraan pribadi dan harus terhenti di lampu merah ketika mobil, motor ataupun kereta sedang melintas. Tapi pernahkah anda membayangkan saat anda harus berhenti di lampu merah dan menyaksikan sebuah pesawat tengah melintas tepat di hadapan muka anda?

Bandara Pesawat Terbang Paling Berbahaya

Pasti anda merasa terguncang berat dan shock bila pertama kali melewati Bandara yang terletak di Gibraltar yang memang pantas dikatakan sebagai bandara paling ekstrim, aneh, unik dan berbahaya. Sebab landasan pacunya berpapasan tepat dengan jalanan utama kota tersebut sehingga tiap pesawat akan terbang atau mendarat, kendaraan-kendaraan terpaksa harus berhenti.

Namun untungnya, meskipun sangat ramai dan penuh resiko berbahaya, di daerah ini para pengemudi kendaraan bermotor dikenal sangat tertib dan patuh terhadap petunjuk marka jalan sehingga belum pernah sekalipun terjadi insiden kecelakaan pesawat. Sahabat kejadiananeh.com sangat menegangkan bukan jika suatu saat nanti kita mendapat ‘kesempatan’ berkunjung ke 13 bandara pesawat terbang paling ekstrim dan berbahaya di dunia ini. Tentunya bukan menempuh melalui perjalanan darat tapi benar-benar sebagai penumpang pesawat terbang tersebut. Dan jangan khawatir sebab sang Pilot sudah dipastikan ahli dan sangat berpengalaman meskipun kadang-kadang apes.