Cara Pasang Matched Content Iklan Adsense

Bagaimana cara pasang matched content iklan adsense? Kalimat inilah yang membuat saya kurang tidur semalam, mondar-mandir ke Mbah Google dengan bermacam keyword dan cari solusi juga lewat forum-forum adsense Indonesia sampai forum, blog luar negeri gak nemu-nemu juga. Dan akhirnya bunyi ayam bekokok menyadarkan saya untuk segera beristirahat alias turu. Semua dalam thread/postingan rata-rata cuma menyampaikan tips dan saran saja, tidak ada penjelasan detail bagaimana memasang unit iklan matched content adsense di blog secara step by step dan lengkap. Mungkin bukan hanya saya saja yang mengalami kesulitan ini, karena saya yakin banyak para pemain adsense newbie lainnya juga kebingungan seperti saya.

Cara Pasang Matched Content Iklan Adsense
Ok baiklah! bagi kalian khususnya para blogger newbie yang sudah mendapatkan pemberitahuan dari Google untuk pemasangan fitur adsense matched content atau “konten yang sesuai” dimana unit iklan beta terbaru dari adsense ini berfungsi seperti related post (artikel terkait). Unit Iklan ini memang tidak memiliki bayaran per clik seperti unit-unit iklan lainnya. Namun dapat menambah Impression RPM sebab ada peningkatan rasio klik tayang (RKT) dan PPS yang ujung-ujungnya mengotimalkan earning alias meningkatkan pendapatan adsense kamu. Selain itu juga bisa meningkatkan pageview blog seperti halnya penggunaan widget related post yang ampuh memperkecil bounce rate dan tentunya tanpa loading yang berat bagus untuk SEO. Ok Stop dulu bacotannya, buat kamu yang gak tahu cara pasangnya berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan terlebih dahulu sudah mendapatkan pemberitahuan adsense matched content unit
 
 
Cek dahsboard akun adsense kamu, jika sudah mendapatkan pemberitahuan seperti itu berarti blog/web kamu sudah bisa untuk dipasang. Pada gambar 1 adalah tanda awal pemberitahuan dan pada gambar ke 2 untuk cek status sudah siap untuk dipasang atau belum. Tulisan pertama Ready dan kemudian Approve. Di bagian kotak owned adalah situs blog/web kamu sendiri dan dibagian Unclaimed adalah blog-blog lainnya yang kamu miliki. Jadi Matched Content Iklan Adsense ini juga bisa dipasang pada blog lain tanpa perlu blog/web lainnya mendapatkan pemberitahuan terlebih dahulu.
 
2. Buat unit iklan matched content di Akun Google Adsense
 
memasang unit iklan matched content adsense di blog
 
Iyess inilah yang awalnya membuat saya pusing sampai mondar-mandir ke Mbah google, karena awalnya saya menyangka akan ada Kode Unit tambahan ‘khusus’ matched content. Padahal cara nya sama saja seperti membuat unit iklan lainnya. Jadi, pilih jenis iklan sembarang saja, kalau saya sich memilih tampilan mobile banner dan klik ad type seperti yang tandai contreng merah. Setelah itu taruh kodenya dibawah atau diatas iklan adsense yang sebelumnya sudah terpasang.

Baca juga  6 Handphone Termurah di Dunia, Harganya tak lebih Mahal dari sebungkus rokok

Dan rubah ukurannya sesuai dengan ukuran template blog kamu sendiri lebar atau tingginya, terserah mau dibuat vertikal atau horizontal. Dalam panduan google tidak melarang batas tinggi atau lebarnya namun hanya menyarankan/merekomendasi iklan yang dibuat akan lebih baik dan optimal bila perbandingan ukuran unit iklan adalah 2:1 untuk bentuk horizontal dan 1:2 untuk bentuk iklan vertikal. 

 
Sahabat kejadiananeh.com khususnya para blogger mungkin kalian sedang tertawa meringkik seperti keledai karena soal cara pasang matched content Adsense beginian doang saya kok ‘oon’ nya sedunia akherat. Tapi gak papa, memang harus diakui soal yang berbau kode html atau edit template saya emang gagal mental hehehe.