False Catshark, Hiu Sofa Bertubuh Lunak

Penemuan spesies langka, ikan hiu aneh bertubuh lunak menggelambir, mirip seperti agar-agar ini membuat para ahli peneliti biologi laut menjadi gagal paham. Tak salah memang, sebab seperti yang kita tahu sosok ikan hiu biasanya terkenal sangar dengan tampangnya yang menyeramkan.

Tapi bila dibandingkan dengan false catshark hiu sofa bertubuh lunak ini mengingatkan kita kepada blobfish, ikan yang mendapat predikat sebagai ikan terjelek di dunia. Siapa yang tak akan tertawa melihat penampakan ikan blobfish, tubuh gendut dengan gumpalan daging dan wajah memble seperti sedang merenungi nasib.

Kenapa hiu langka ini dinamakan “false catshark” (hiu kucing palsu) oleh para ilmuwan, sebab ia dianggap berbeda dengan Spesies Hiu Cat Shark yang sesungguhnya. Mengutip dari dailymail.co.uk, para ahli biologi kelautan dari Scottish Shark Taging, Skotlandia telah menangkap seekor Ikan hiu sofa betina dengan berat tubuh mencapai 80 kilogram di kedalaman laut.

False Catshark Hiu Sofa Bertubuh Lunak
Photo: Copyright dailymail.co.uk

Meski terbilang wajahnya kurang cantik, false catshark memiliki kelebihan dibandingkan jenis-jenis hiu lainnya, ia mampu hidup dikedalaman 1998 meter dibawah permukaan laut. Bila karakter umumnya terbilang agresif dan pemberani, justru ikan hiu sofa terkenal sangat pemalu. Itulah sebabnya ia jarang menampakkan diri berenang ke permukaan air.

Karena gaya hidupnya yang kurang terkenal, para ilmuwan hanya mengetahui sedikit tentang false catshark (pseudotriakis microdon) ikan hiu sofa ini. Bahwa ukuran tubuhnya rata-rata lebih dari 3 meter dengan gumpalan daging yang lunak bisa melebihi 130 kg.

Sebagai hewan predator laut, ia pun dikenal sangat lambat dan cenderung sebagai pemulung, hanya memakan sisa-sisa atau bangkai dari predator lainnya (tidak pernah berburu sendiri). Kebiasaan aneh ini terungkap setelah sebuah studi dari jurnal sains Copeia yang dilakukan pada penelitian tahun 1992. Untuk membedah perut dari beberapa mayat ikan hiu sofa yang ditemukan telah mati sendiri.

Mirip Blobfish, Ikan Terjelek di Dunia

ikan hiu sofa
Baca juga  4 Mitos Aneh Pesugihan Warung yang Masih Dipercaya Masyarakat Indonesia

Setelah berhasil membedah ada kesamaan diantara ikan-ikan hiu sofa tersebut. Bahwa selain makhluk laut yang ditemukan para ilmuwan juga menemukan banyak sampah pembuangan dari manusia seperti kentang, buah pir, apel, kantong plastik, kaleng minuman, kaos kaki didalam perut ikan sofa.

Sahabat kejadiananeh.com fakta unik lainnya yang ditemukan dari false catshark atau hiu sofa bertubuh lunak ini adalah embrio pada  betina bersifat oophagous yang artinya calon bakal bayi/calon anak yang sedang dikandung sang betina memiliki perilaku aneh dan tak wajar bila dibandingkan dengan Spesies ikan hiu lainnya. Calon anak-anak hiu tersebut akan memakan telur induknya sendiri saat mereka masih berada didalam perut sang ibu.

False Catshark
Photo: Copyright sharkdevocean.wordpress.com