Gedung Tertinggi di Dunia Milik Arab Saudi Menembus Awan

Inilah gedung tertinggi di dunia milik arab saudi menembus awan dengan panjang mencapai 1 km sampai 1,4 km mengalahkan rekor gedung tertinggi sebelumnya Burj Khalifa yang sama-sama berada di Dubai. Tak tanggung-tanggung, pembangunan gedung yang dinamakan Jeddah Tower (Kingdom Tower) ini menghabiskan biaya lebih dari USD 2,2 Milliar yang diprakarsai oleh Jeddah Economic Company dan Saudi Arabia’s Anlima Investment. 
 
Meski baru rampung 26 lantai dan diperkirakan target pembangunan Jeddah Tower gedung tertinggi di dunia akan selesai pada tahun 2020 nanti. Rencananya gedung ini pun akan memiliki 200 lantai dengan pemandangan strategis menghadap laut merah. Berbagai fasilitas bergengsi masyarakat perkotaan akan  tersedia disini seperti hotel, perkantoran dan apartemen. 
 
Mengutip dari huffingtonpost.com, Mounib Hammoud sebagai Chief Executive Officer Jeddah Economic Company mengklai jika gedung yang didesain olehnya akan menjadi gedung termegah, dan tertinggi di dunia mengalahkan Burj Khalifa yang selama ini memegang rekor dalam Guinness Worl of Record. Tapi itu semua bukanlah tujuan kami dalam pembangunan gedung ini.
 
Gedung Tertinggi di Dunia Milik Arab Saudi yang Menembus Awan
 
Kami lebih mengharapkan bila Jeddah Tower mampu menawarkan gaya hidup perkotaan yang lebih canggih sebagai landmark iconic baru yang dapat memfasilitasi semua lapisan masyarakat dengan layanan komprehensif dan memiliki banyak fasilitas, sarana yang belum terdapat di gedung lain. Meski kami akui banyak kendala dalam pembangunan Jedah Tower ini dikarenakan lokasinya yang terlalu dekat dengan pantai laut merah. 
 
Sebab air laut tidak menutup kemungkinan akan berpotensi merusak tulang struktur bangunan karena kerasnya kandungan zat asin. Untuk itu kami mengakalinya dengan membuat pondasi dasar bangunan yang sangat kuat sedalam 60 meter. Dan bukan hanya itu ada masalah lain yang harus kami persiapkan. Kencangnya angin juga dapat menyebabkan bencana pada gedung tinggi ini. 
 
Untuk itu para insinyur kami akan merancang tiap-tiap menara dengan bentuk yang berbeda di setiap lantainya. Itu semua kami rasa cukup efektif untuk membuat hembusan angin menjadi stabil. Kami memperkirakan struktur tulang rangka gedung ini tak lebih menghabiskan 800 ton baja. 
 
Namun itu semua baru teori diatas kertas, terkadang fakta lapangan bisa saja berubah. Yahh, semoga saja pembangunan Jeddah Tower yang akan menjadi gedung tertinggi di dunia ini bisa selesai sebelum 2020 nanti agar segera bisa dinikmati oleh para pengunjung khususnya masyarakat kota Dubai, ungkap Mounib Hammoud. Sahabat kejadiananeh.com kira-kira seperti inilah gambaran Jeddah Tower sebagai The Kingdom Tower, gedung tertinggi di dunia yang menembus awan. Itu pun kalau nanti jadi ya.
 
Jeddah Tower
 
Saudi Arabia's Jeddah Tower