7 Raksasa Paling Menakutkan di Dunia

Eksistensi “Raksasa” digambarkan sebagai makhluk berwujud menyeramkan, memiliki tubuh yang sangat besar, berwatak kejam dan suka memangsa manusia. Dalam legenda mitologi kuno pun diceritakan, umat manusia yang sudah lama tertindas dari tirani kekuasaan sang Raksasa meminta pertolongan kepada dewa-dewa agar mengirimkan seorang utusan yang biasa dijuluki sebagai Avatar untuk menumpas kezaliman raksasa dan menegakkan keadilan dimuka bumi. 
Terlepas dari kebenaran sejarah dan perdebatan ilmiah yang belum mampu dibuktikan, ada berbagai macam versi kisah tentang raksasa dari tiap-tiap Negara. Namun, disini saya akan memberikan beberapa kisah raksasa paling terkenal yang sudah menjadi legenda cerita rakyat sejak jaman dahulu kala. Berikut, 7 raksasa paling menakutkan di dunia.
1.  Oni Merah dan Oni Biru
Dalam kebudayaan Jepang, sosok Oni dikisahkan sebagai Makhluk setengah manusia dan setengah Iblis. Kedatangannya dari akhirat ke dunia untuk menebarkan bencana dan malapetaka bagi umat manusia.

Digambarkan sebagai pria bertubuh besar, berambut gondrong, dan gigi yang bertaring seperti harimau. Dengan membawa sebuah gada berduri tajam, Oni akan membunuh dan memakan siapapun manusia yang bertemu dengannya.

7 Raksasa Paling Menakutkan di Dunia

Oni Merah memiliki kulit merah dengan dua tanduk dikepalanya sedangkan Oni Biru bertanduk satu, dan kulitnya berwarna biru. Oni merah jauh lebih kejam dibanding Oni Biru, dan ia berkuasa atas dirinya.

Dalam versi kebudayaan Jepang lain, Raksasa Oni terkadang menunjukkan wujudnya sebagai wanita cantik, kemudian akan menggoda pria-pria. Setelah berhasil terjebak, ia lalu akan memakannya. Baca juga 13 Ikan Raksasa Berwajah Paling Seram

2. Goliat dari Gat
Kisah legenda raksasa paling menakutkan tak hanya ada dalam mitologi hindu atau buddha saja. Dalam kitab agama Samawi, Abrahamik (Yahudi, Kristen, Islam) ada sebuah kisah tentang Goliat, tentara Filistin yang memiliki tubuh raksasa. Pada saat itu Goliat menantang semua prajurit Israel untuk berduel satu lawan satu dengannya, namun tak ada satupun yang berani menerima tantangannya.

legenda goliat

Dengan angkuh Goliat berkata jika ada salah satu prajurit Israel yang menang bertempur melawan dirinya, maka bangsa Filistin akan menjadi hamba untuk bangsa Israel selamanya, begitupun sebaliknya.

Baca juga  Gambaran Neraka Paling Mengerikan dalam Mitologi dan Kesaksian

Ditengah ketakutan prajurit Israel, tampilah Daud yang hanya seorang penggembala Domba dan berani menerima tantangan dari Goliat. Akhirnya Daud mengalahkan dan membunuh Goliat dengan umban dan batu, tanpa pedang di tangan.


3. Cyclops-Greek

Dalam mitologi Yunani dikenal sosok raksasa bernama Cylops, ia berwujud manusia besar dan hanya memiliki satu mata yang terletak ditengah-tengah dahinya. Dikenal sangat rakus, perusak, dan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat.

Sampai-sampai, para Dewa besar Yunani kewalahan melawan dirinya. Namun hanya satu Dewa Agung Yunani yang tak berani ditentang titahnya oleh Cylops yaitu Dewa Zeus, karena ia yang telah membebaskan dirinya dari penjara Cronus.


4. Kisah Raksasa Jahat Grendel  

Sebuah puisi Beowulf abad pertengahan yang terdapat di Nowell Codex, diceritakan tentang Raksasa Grandel, yang masih keturunan Kain dalam kisah Alkitab. Grendel berwujud manusia raksasa tapi berwajah buruk rupa ini sangat suka membuat kekacauan desa-desa dan memakan penduduk yang tak sempat melarikan diri. Ia terkenal sangat kuat dan banyak ksatria yang coba melawan dirinya mati sia-sia terbunuh.

Namun pada suatu hari minggu kuturut ayah ke kota naik delman istimewa ada seorang Prajurit yang berasal dari negeri antah berantah bernama Beowulf, mendengar keluhan dari penduduk yang sering diteror oleh Raksasa Grandel ia pun mencoba untuk menantangnya.

Pertempuran sengit pun terjadi yang akhirnya dimenangkan oleh Beowulf, Raksasa Jahat Grendel mati mengenaskan dengan tubuh yang terpotong-potong.


5. Raksasa Wanita (Ogre)

Ogre (Ogress) yang artinya raksasa wanita feminim menurut kepercayaan Mitologi bangsa Perancis, mereka adalah ras manusia raksasa yang memiliki nafsu makan rakus bahkan sering mengkanibalisme kaum manusia. Berkepala besar, berbulu lebat dan memiliki kekuatan 100 kali lipat diatas manusia normal. 
6. Troll

Troll adalah makhluk supernatural yang berwujud raksasa dari Mitologi Nordik (Denmark, Norwegia, Islandia dan Swedia). Diceritakan bahwa kaum raksasa Troll tinggal di lembah goa bebatuan gunung.

Meski mereka tak pernah menyerang atau mengganggu desa-desa penduduk, namun mereka tak segan untuk membunuh seorang manusia yang berani memasuki wilayahnya. Tapi berbeda versi dengan cerita rakyat Skandinavia, bahwa Troll dikatakan sebagai manusia yang tersisih, tak beragama dan hidup dalam kelompok kecil.

Baca juga  Hal Unik Tentang Kucing di Zaman Mesir Kuno
7. Raksasa Api dan Raksasa Es

legenda raksasa

Masih dalam kisah mitologi Nordik, disebuah wilayah eropa diceritakan ada tempat yang disebut dengan Jotunheim (satu dari sembilan rahasia dunia yang terdapat dialam semesta), sebuah negeri yang cukup luas dan dihuni oleh berbagai bangsa raksasa menakutkan.

Di wilayah Utgard ditempati oleh raksasa es, diwilayah Midgard ditempati oleh raksasa wanita, di Jarnvid tinggal kaum raksasa berwujud serigala dan yang terakhir Muspelheim, dihuni oleh kaum raksasa api.

Meski berbeda wilayah, semua bangsa raksasa ini kompak dan bersatu untuk memusuhi para dewa-dewa, terutama dengan kelompok Dewa Aesir. Ok sahabat kejadiananeh.com mungkin masih banyak lagi kisah-kisah mitologi raksasa yang terkenal di dunia, namun belum sempat saya sebutkan diatas, sebab saya kebelet boker.