kejadiananeh.com

Sejarah Maine Coon Kucing Terbesar di Dunia

Sahabat kejadiananeh.com ada berbagai macam jenis kucing peliharaan rumah yang sangat populer di Indonesia seperti kucing Persia, Himalaya (Colourpoint Persian), anggora sampai yang jarang memilikinya yakni British Short Hair dan jenis kucing Sphynx yang tidak memiliki bulu. Kenapa jarang? Sebab, kedua jenis kucing ini masih terbilang mahal untuk dapat memilikinya. Harga jualnya masih berkisar diatas 10 sampai 18 jutaan, wow luar biasa mahal bukan. 
 
Apalagi Maine Coon kucing terbesar di dunia, pasti harganya jauh lebih dahsyat. Dan mengapa saya tidak menyebutkan jenis kucing anggora, sebab ras anggora di Indonesia bukanlah murni, semua hasil persilangan dan faktanya para breeder (peternak) kucing belum pernah mendatangkan langsung (import) jenis kucing tersebut yang benar-benar keturunan murni ras anggora. 
 
Kok tahu? Iya dong saya kan pecinta kucing juga, di rumah selain memelihara anjing juga punya 4 kucing ras dan 2 kucing kampung.  Ok kembali ke topic judul tentang Maine Coon kucing terbesar di dunia. Biar lebih paham simak penjelasan berikut ini:
 
Sejarah Kucing Maine Coon,  Ciri-ciri dan Standarisasi
 
Sejarah Maine Coon Kucing Terbesar di Dunia
 
Tahukah kamu asal usul dan sejarah  kucing Maine Coon pertama kali dikenal orang?. Diketahui bahwa kucing Maine Coon yang dikenal dikampungnya dengan nama  American Longhair ini sebagai salah satu ras kucing tertua di dunia dan mereka bukanlah hasil rekayasa genetik yang didapat dari perkembangbiakan para peternak kucing.  
 
Darah mereka murni didapatkan dari perkawinan alami nenek moyang mereka, antara kucing ras anggora dengan kucing ras Norwegian Forest. Dan bukanlah hasil persilangan kucing dengan racoon (rakun) seperti banyak mitos-mitos aneh yang beredar.
 
Meski wajah dan hidungnya tak sepesek kucing persia. Ada yang menarik dari bulu kucing Maine Coon, yaitu tebal mengkilap dan  sulit basah  bila terkena air ibaratnya seperti daun talas. Bagian bulu paling tebal terdapat di leher, kaki, perut dan buntut.  
 
kucing terbesar di dunia Sejarah Maine Coon Kucing Terbesar di Dunia
 
Bulu yang lebat ini sangat penting untuk mereka, berfungsi sebagai penghangat tubuh. Sebab habitat tempat mereka tinggal di Maine, Amerika Serikat adalah lingkungan salju dengan tingkat kedinginan suhu ekstrim dan biasanya bila sedang memasuki musim dingin bulu-bulu ditubuh mereka akan bertambah panjang sampai dengan 8 cm.  
 
Untuk ukuran tubuh mereka sangat luar biasa bahkan lebih besar dengan ukuran anjing  ras kecil. Dan berat tubuh pada kucing jantan Maine Coon bisa mencapai 6 s/d 9 kg dengan panjang tubuh lebih dari 1 meter. Sedangkan ukuran betina hanya berbeda tak jauh dari jantan, namun ukuran maksimal ini baru bisa didapatkan setelah berumur 3 sampai dengan 5 tahun. Pertumbuhan yang lambat ini memang sudah menjadi ciri khas ras-ras kucing besar seperti Norwegian Forest dan Maine Coon. 
 
Maine Coon Kucing Terbesar di Dunia
 
Rekor Kucing Terbesar di Dunia
 
Rekor terakhir Maine Coon sebagai kucing terbesar dan terpanjang di dunia tercatat oleh Guinnes World Records memiliki panjang tubuh 123,2 cm yang dipecahkan oleh kucing bernama Stewie, sedangkan untuk rekor kucing dengan berat tubuh terberat di dunia alias gendut sama-sama masih ras Maine Coon, mencapai 20,9 kg oleh kucing bernama Mitzi.  Wow luar biasa bukan!  
 
Namun dibalik ukuran tubuh raksasa, kucing Maine Coon dikenal sangat baik temperamentnya meskipun tak semanja kucing persia yang senang tiduran di pangkuan majikannya. Dia lebih hiperaktif dan pemberani, jadi jika kamu ingin menggabungkannya dengan jenis kucing lain harus ada pendekatan terlebih dahulu. Bisa-bisa kucing yang lain jadi bahan smackdown. Ayo sahabat kejadiananeh.com buruan punya kucing lucu ini, nanti saya bagi anaknya yah hehehe.
 
jual kucing Maine Coon Sejarah Maine Coon Kucing Terbesar di Dunia
 
 
kucing tergendut Sejarah Maine Coon Kucing Terbesar di Dunia