Latihan Militer Paling Ekstrim di Dunia termasuk Indonesia

Latihan militer adalah salah satu ujian paling berat bagi seorang prajurit. Dalam latihan ini, tentara dituntut keras untuk mengandalkan skill, tenaga, disiplin, kerjasama, keberanian, dan kepercayaan diri sehingga siap untuk bertempur kapan saja di medan perang. 
Meski dikenal keras dalam proses perekrutan prajurit terbaik dan membutuhkan mental baja, beberapa latihan militer ekstrim yang diperagakan oleh angkatan bersenjata negara-negara di dunia ini akan membuat kamu berpikir tujuh kali sebelum masuk ke sekolah angkatan. Apalagi, kalau kamu menargetkan diri jadi pasukan khusus layaknya Kopassus, Paskhas ataupun Kopaska. 
Sahabat kejadiananeh.com berikut 9 latihan militer paling ekstrim di dunia termasuk Indonesia, dimana pelatihan para prajurit militer ini terlihat begitu mengerikan terutama bagi kita, orang awam yang menyaksikannya.

1. Mengoper Granat, Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (Cina)
Tentara Tiongkok tampaknya senang bermain bola. Biasanya, permainan umpan bola dilakukan dengan bola basket, voli, ataupun bola kasti/tenis. Namun, pasukan Tiongkok yang ditempatkan di Hong Kong pernah terlihat melakukan latihan militer ekstrim paling gila, yakni mengoper sebuah granat dari satu tentara ke tentara lainnya, hingga tentara terakhir melempatkan granat tersebut ke dalam lubang, (Fire in the hole!).

Latihan Militer Paling Ekstrim di Dunia

Para tentara kemudian lari secepat mungkin menghindari ledakan granat tersebut sembari menutup kepala sebagai bentuk perlindungan. Kenekatan tak berhenti sampai disini saja, Tentara-tentara Tiongkok pemberani juga diminta untuk melakukan hal gila yang biasa dipertontonkan pada pertunjukan sirkus, yakni melompati cincin api. 

Berbeda dengan pawang sirkus, tentara Tiongkok hanya bermodalkan seragam hariannya serta diharuskan menggenggam senjata laras sebagai bagian dari ‘simulasi adrenalin’ yang akan dirasakan oleh tentara pada saat misi pertempuran yang sebenarnya. Konyolnya, cincin api tersebut sebanyak 3 lapis.
2. Pelatihan Esktrim Prajurit Kopassus Indonesia
Tahukah kamu jika Tentara Nasional Indonesia juga masuk dalam 10 besar pasukan militer terbaik di dunia, yang diwakili oleh Kopassus. Seperti apa pelatihan ekstrim dari prajurit khusus Angkatan Darat ini yang dikatakan memiliki ketangguhan 5 kali lipat dari seorang prajurit reguler?

Photo: Copyright kaskus.co.id

Ada 3 tahap pendidikan dasar yang berlangsung selama 20 hari terutama saat penyeleksian prajurit Elit Kopassus, yakni Latihan dasar komando, penjelajahan dan survival didalam gunung dan hutan, serta pendaratan laut. Tahapan yang paling sulit dirasakan oleh Prajurit adalah ketika sesi Pelolosan dan Kamp tawanan yang berlangsung selama 1 hari penuh, disinilah mental seorang prajurit sejati diuji keras. 

Mereka akan dilepaskan satu persatu dari tempat rahasia yang berada di Nusakambangan. Tanpa dibekali apapun, prajurit tersebut harus mampu melarikan diri dari kejaran musuh (yang dilakukan oleh para Instruktur). Rekayasa pelatihan ini bisa berupa tembakan ataupun dikejar sampai tertangkap.

Photo: Copyright okezone.com

Seperti tak mengenal para siswanya, para prajurit yang tertangkap akan dimasukkan ke dalam sel tahanan, diinterogasi dan disiksa sampai buka mulut. Dan tak hanya dibekali kemampuan berperang di darat. Para prajurit juga ditempa keras dengan pelatihan Maritim, seperti yang sering dilakukan oleh pasukan eliti Kopaska TNI AL. 

Mereka harus mampu berenang di kedalaman laut sambil membawa senjata dan memikul beban perbekalan yang berat, dan mampu bertahan hidup dengan berenang sambil kedua tangan atau kakinya terikat. Sahabat kejadiananeh.com, untuk lebih lengkap dan lebih akurat tentang latihan ekstrim Kopassus ini kamu tanya sendiri deh sama om, kakak, atau pun tetangga kamu hehehe.

Baca juga  13 Desain Rumah Minimalis Unik Tapi Keren
3. Menembak dada sendiri (Pasukan Khusus Rusia)
Larry Vickers, seorang veteran Pasukan Khusus Pertama di Angkatan Darat AS mendemonstrasikan aksi gila yang disajikan dalam menu ayam goreng McDonalds latihan kepercayaan diri pasukan Rusia. Aksi ekstrim yang dimaksud adalah menembak tentara satu sama lain di bagian dada.

Gagasan dibalik latihan gila ini adalah untuk mempersiapkan tentara jika mereka sewaktu-waktu kebelet ke toilet terkena tembakan musuh. Ada kemungkinan, mereka akan terluka atau terlindungi oleh rompi anti peluru. Namun satu hal yang pasti, mereka diharuskan untuk melakukan serangan balasan secara cepat dan akurat.

Tentara tersebut kemudian akan menyuruh warga menjauh sembari menembak dengan keadaan terkapar di atas tanah. Mereka harus dapat menembak target secara akurat meski target tersebut hanya berjarak beberapa centimeter dari relawan yang berperan sebagai warga sipil. Hal ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana tekanan mempengaruhi konsentrasi sang tentara.
4. Latihan Anti Tenggelam/Downproofing (Navy SEALs)
Sebagai salah satu pasukan khusus terbaik di dunia saat ini, Navy SEALs Amerika Serikat memang memiliki menu latihan gila yang tiada hentinya. Namun latihan yang satu ini lebih gila daripada yang lain.
Tentara akan dipaksa untuk bertahan dalam posisi berselancar sambil disiksa. Badan mereka juga akan dilapisi dengan lumpur. Ini adalah menu awal yang diberi nama ‘Pengkondisian air dingin’. Sedangkan menu selanjutnya, adalah diikat kedua kaki dan tangannya untuk menjalani ‘latihan anti tenggelam’ atau yang biasa dikenal dengan istilah Downproofing di Amerika Serikat.

Anggota Navy SEALs diharuskan untuk muncul ke permukaan dan tenggelam sebanyak 20 kali, lalu terapung selama 5 menit. Kemudian tentara akan berenang ke ujung kolam yang lebih dangkal, dan berputar arah tanpa menyentuh dasar kolam. 
Mereka harus berenang kembali ke ujung kolam yang lebih dalam, melakukan salto ke depan dan ke belakang, lalu terakhir, mengambil topeng wajah dari dasar kolam. Kegilaan Navy SEALs belum berakhir sampai disini, para Pelatih akan mendorong dan menenggelamkan tentara yang masih berada di dalam kolam, sebagai simulasi korban tenggelam yang sedang berjuang hidup.
5. Minum Darah Ular Kobra (Marinir AS)
Di Indonesia, minum darah ular kobra dan hewan reptil berbahaya lainnya identik dengan obat kejantanan pria. Namun, bagi marinir AS, minum darah kobra dan memotong kepala ayam dengan menggunakan gigi sendiri adalah bagian dari ‘menu’ latihan mereka.

Setelah diajari oleh pelatih angkatan laut Thailand bagaimana cara membunuh ular kobra berbisa, Marinir AS diminta untuk mencicipi kebiasaan warga setempat yang doyan meminum tuak darah kobra. Banyak diantaranya yang dengan senang hati menenggak darah kobra langsung dari tubuh sang ular yang bernasib tragis.
Sebenarnya, bukan hanya marinir AS saja yang mencoba menu ini. Karena dalam latihan gabungan Cobra Gold tahun 2013 tersebut, Indonesia, Jepang, Malaysia, Korea Selatan, dan Singapura juga ikut serta didalamnya.
6. Berjalan Diatas Jembatan Tiang Besi Sambil Ditembaki AK47 (Baret Merah Belarusia)
Eropa Timur memang penuh dengan pria-pria jantan, dalam artian sebenarnya bukan pria jantan oyehh oyehh. Seperti Pasukan Khusus Kementerian Pertahanan Belarusia yang dikenal dengan baret merah ‘Red Berets’ yang mirip seperti baret merah kepunyaan Kopassus.
Untuk membuktikan kejantanan dan kelayakan pasukan yang ingin bergabung dengan pasukan elit Baret Merah, tiap personil tentara diharuskan mengikuti salah satu latihan militer paling gila di dunia. Menu latihan ini mengikut sertakan lari 10 kilometer cepat, latihan serangan ekstrim, bela diri menggunakan tangan kosong, mengepung bangunan pencakar langit, dan melakukan aksi akrobatik.

Pelatih Baret Merah kemudian membuat menu tambahan yang membuat nyali siapapun akan menciut, yakni mencoba membunuh calon pasukan elit tersebut dalam artian sebenarnya. Masing-masing tentara diharuskan melewati sebuah jembatan tiang besi dan rantai yang dibakar. Kemudian, pelatih akan menembakkan AK47 ke arah tumpukan ban mobil yang ditempatkan di bawah jembatan tiang dan rantai besi tadi. 
Jika ada tentara yang sampai jatuh, tamatlah riwayatnya, karena tumpukan ban mobil yang ditempatkan dibawah tiang tersebut memang ditujukan untuk menjebak siapapun yang jatuh supaya tidak bisa kabur secepatnya.

Tak kalah mengerikannya dengan latihan militer paling ekstrim diatas, para pasukan Belarusia juga dilatih untuk berhadapan dengan senjata kimia, jika mereka gagal melewati tahap ini bukan tidak mungkin nyawa mereka sendiri akan melayang. 
Secara umum, tentara Belarusia butuh lima hingga enam kali percobaan supaya berhasil dan berdiri di jajaran pasukan elit Baret Merah Belarusia, sebagai negeri tetangga Vladimir Putin tersebut.

Baca juga  Kisah Cowok Gendut Punya Istri Cantik yang Rela Jadi Babu
7. Merangkak Diatas Tumpukan Batu dan Karang Tajam (Marinir Taiwan)
Nama program latihan ini memang menyesatkan.  ‘Jalan Menuju Surga’ namanya, yang merupakan tahap terakhir dari Program Latihan Amfibi selama sembilan minggu yang dilakukan di Zuoying, Kaohsiung, Taiwan selatan.

Dalam latihan mengerikan ini, pasukan marinir Taiwan diharuskan untuk melakukan beragam gerakan yang diakhiri dengan me
rangkak diatas tumpukan batu sejauh 50 meter. Lucunya, semua harus dilakukan tanpa menggunakan alas pakaian dan cangcut saja. Sudah kebayang bukan bagaimana nyerinya?
8. Latihan Berat Militer Korea Selatan, Berlatih di Salju dengan suhu minus 4 derajat Celcius
Tanpa menggunakan pakaian sama sekali, South Korea Special Warfare Forces sebagai pasukan milter khusus Korea Selatan, berlatih di kondisi es salju dengan suhu dingin -4 derajat celcius. Hampir seharian mereka ditempa berbagai latihan fisik seperti olahraga, perang combat, menyelam didalam air membeku dan simulasi penyelamatan korban yang terkena gusuran salju.

Tapi anehnya, ketika pelatihan bareng dengan Kopassus dalam kondisi salju yang sama, militer Korea kalah telak. Ini membuktikan bahwa pasukan Kopassus dari Indonesia tak hanya unggul di Hutan Tropis saja, salju pun mereka tetap bisa menguasai.
9. Menunggangi Kuda Melewati Bom Asap Tebal (Pengawal Kehormatan Istana Belanda) 
Meski angkatan militer negara-negara di dunia banyak mempergunakan kendaraan bermesin sebagai bagian dari alutsista mereka, namun kuda, hewan yang dikenal akan ketangguhan, kecepatan, dan ketahanannya ini masih diandalkan oleh banyak tentara di dunia, terutama di wilayah Eropa.

latihan militer paling ekstrim

Pada gambar diatas, terlihat Pasukan Pengawal Kehormatan Istana Belanda (Dutch Royal Guard of Honour) yang berlatih menunggangi kuda sembari melewati kepungan dari bom asap dengan jarak pandang tebal, yang hampir benar-benar sulit terlihat, ini semua adalah bagian dari gladi resik pengamanan pertemuan anggaran Militer Belanda 2014 pada September 2013 dulu.
Sahabat kejadiananeh.com, demikianlah beberapa contoh latihan militer paling esktrim di dunia, yang sebagiannya sudah menjadi menu wajib pelatihan bagi pasukan khusus. Bagi kita mungkin sangat mengerikan dan tidak masuk akal. Namun apa yang mereka lakukan, hanyalah ingin menjadi seorang prajurit tangguh dan terbaik, demi mempertahankan dan membela negaranya masing-masing.