Penyebab Mimpi Buruk dan Mimpi Indah Saat Tidur

Mengapa kita bisa mengalami mimpi? Jawabannya mudah, sebab kita sedang tidur, kalau gak tidur ya gak bakalan bermimpi (ah elah anak kecil juga tahu vro) Ok kita serius! Tahukah kamu kalau ternyata kita bisa menentukan dan memilih mimpi apa yang mau kita munculkan ketika tidur nanti. 
Ini bukanlah pembahasan tentang arti mimpi aneh seperti dalam buku tafsir primbon, apalagi tentang mimpi basah, melainkan kita akan cari tahu penyebab mimpi buruk dan mimpi indah saat tidur yang sering kita alami. Contohnya mimpi ketindihan setan atau dikenal juga dengan istilah rep repan, mimpi seperti berada ditempat yang indah seperti di taman bunga ataupun disurga. 
Sahabat kejadiananeh.com, ternyata apa yang kita alami semua ini masih berhubungan dengan aktifitas kita sesaat sebelum tidur. Dan pembahasan ini lebih spesifik dilihat dari faktor makanan dan kondisi kesehatan. Lebih jelasnya simak penjelasan 8 penyebab mimpi buruk dan mimpi baik ketika kita sedang tertidur berikut ini:
1.Penyebab mimpi buruk

Percayakah kamu jika makanan selain bisa bikin kenyang dan bikin kebelet boker ternyata juga salah satu biang keladi yang menyebabkan mimpi buruk. Sebab lambung yang dipenuhi makanan bisa mengalami gangguan, akibat efek dari makanan yang kita konsumsi pada waktu sebelum tidur. 

Terutama untuk jenis makanan pedas, asam, pahit, minuman soda, kafein atapun alkohol dan bisa juga karena menghisap beberapa batang rokok sebelum tidur. Beberapa contoh makanan tersebut akan membuat kadar gas serta asam lambung menjadi meningkat tinggi. 

penyebab mimpi buruk dan mimpi indah saat tidur
Photo: Copyright mentalfloss.com

Jadi secara tidak langsung akan membuat tubuh tidak nyaman dan  mempengaruhi alam bawah sadar dengan memberikan sinyal halusinasi buruk. Seperti mimpi ketindihan setan atau dikenal juga dengan istilah “Rep Repan”.

2. Mengkonsumsi obat Anti Depresi/ Penghilang Stres
Seseorang yang rajin meminum obat anti depresi pada awalnya memang akan merasakan nyaman, namun selang seminggu sampai 2 minggu kemudian malahan tingkat stres dan kecemasan akan semakin bertambah tinggih.  Itulah sebabnya betapa penting mengikuti anjuran pemakaian yang tepat dari Dokter. 
Sebab tak jarang orang membeli obat anti depresi dengan sembarangan tanpa memakai resep dokter. Selain bisa memberikan dampak kesehatan yang buruk nantinya. Sudah pasti untuk masalah tidur orang yang kecanduan obat anti depresi paling sering mengalami gelisah, cemas sampai mimpi buruk ketika dirinya sedang tidur.

3. Akibat Pengaruh Film Horor 
Lagi enak-enak mojok berduaan sama pacar tiba-tiba dikejar sama tukang bakso pocong, waduh kebayang bukan seramnya. Untungnya saja semua adegan tersebut hanya di dalam mimpi. Tapi mimpi menyeramkan ini akan sering terjadi terutama bagi kamu yang hobi nonton film horor sebelum tidur.

Baca juga  Cara Mengirim Foto WhatsApp Ukuran Asli dengan Resolusi Tinggi dan Tanpa Dikompres
Photo: Copyright gopixdatabase.com

Dan bukan hanya film saja, mendengar cerita-cerita seram dari teman, membaca buku Thriller hasilnya juga akan sama saja, sebelas duabelas seperti menonton film horror. Ada baiknya jika kamu memang gemar menonton film horror, sebaiknya dilakukan minimal 3 jam sebelum menjelang waktu tidur malam.  

4. Trauma dari kejadian tidak menyenangkan 
Ada kejadian tidak enak atau masalah yang tiba-tiba kamu alami ketika menjalani aktivitas pagi ataupun sore tadi bisa juga menjadi salah satu penyebab mimpi buruk. Namun mimpi yang hadir dalam tidur kamu sudah pasti bukan sebangsa dedemit dan kawan-kawannya. 
Mimpi dikejar-kejar debt collector, mimpi ditilang pak polisi ataupun mimpi mau dibunuh sama orang asing yang tak dikenal adalah beberapa contohnya. Hal ini timbul dengan wajarnya, sebab otak akan merespon dan merekam kejadian siang tadi dan memvisualkan nya ke dalam ‘kisah’ yang berbeda namun sama-sama memiliki arti tidak menyenangkan. 
5. Diet dan Mantan Perokok
Bela-belain gak makan di malam hari demi kesuksesan program diet. Tapi anehnya, terkadang kita suka bermimpi sedang makan hidangan nikmat, biasanya makanan tersebut makanan kesukaan kita sebelum dicekal dari program diet. 
Gak usah heran, ini semua sangat wajar karena alam bawah sadar sedang menyesuaikan pola hidup kita yang baru. Sama halnya seperti seorang mantan perokok,  ketika tidur dirinya terkadang mengalami mimpi sedang merokok seperti yang sering ia lakukan di masa Jahiliyah. 
Meskipun agak tersiksa, namun kita harus beryukur saja, setidaknya sampai detik ini kita masih mampu ‘bertahan’ dari godaan-godaan tersebut.  Biasanya, mimpi tentang kebiasaan buruk yang lama ini akan benar-benar hilang setelah lepas dari 6 bulan sampai 1 tahun.

6. Mimpi Basah gara-gara Tidur Tengkurap
Secara medis, posisi tidur tengkurap memang tidak baik untuk kesehatan. Akan tetapi bila dipandang dari Tafsir Mimpi dalam artian sebenarnya (bukan mitos). Orang yang senang tidur tengkurap paling mudah untuk mengalami mimpi basah, cabul alias mimpi bercinta dengan gebetan, pacar ataupun orang asing.

mimpi indah
Photo: Copyright memecenter.com

Penyebabnya bukan karena posisi alat vital yang langsung bergesekan berdempetan dengan lantai ataupun kasur, melainkan dipicu oleh paru-paru yang tertekan sebagai penopang badan, sehingga membuat nafas agak sedikit sulit. 

Bukan hanya paru-paru saja, kinerja jantung pun akan terganggu dan ini akan memancing hormon seksual pada pria ataupun wanita. 
Itulah sebabnya terjadi mimpi bercinta ataupun mimpi basah, sebab melakukan aktivitas seksual secara mimpi ataupun kenyataan, akan membuat detak jantung menjadi stabil dan hormon yang dihasilkan ini juga berfungsi sebagai pereda rasa nyeri akibat paru-paru tertekan saat tidur.
7. Penyebab Mimpi Indah
Sahabat kejadiananeh.com setelah membahas beberapa hal yang dapat menyebabkan mimpi buruk seperti diatas, saatnya kita cari tahu bagaimana agar kita bisa terus mengalami mimpi-mimpi yang indah dan selalu menyenangkan. 
Dalam studi penelitian, seseorang yang memiliki kamar bersih dengan udara kamar yang wangi sangat sering mengalami mimpi yang indah. Ini pun berlaku buat orang yang selalu menjaga kebersihannya sebelum tidur misalkan mencuci muka, kaki, sikat gigi ataupun mandi sebelum tidur.

Baca juga  Mengungkap Kepribadian Seseorang dari Bentuk Gigi
Photo: Copyright news.com.au

Selain sering mimpi indah, rata-rata mereka pun sangat jarang sekali mengalami mimpi. Ini artinya orang tersebut memiliki kesehatan yang bagus, dalam arti tubuh benar-benar mengalami istirahat atau pemulihan total, tidak dalam keadaan dibawah alam sadar (bermimpi). 

Sehingga setelah terbangun nanti, tubuh akan dijamin tidak mudah lelah ataupun mengantuk meskipun sudah melakukan aktivitas seharian penuh. 
Jadi mulai sekarang usahakan kamar kamu selalu bersih dan jangan lupa semprotkan pewangi kamar sebelum tidur, kalau belum sempat beli pewangi ada cara lain yang lebih mudah yaitu semprotkan saja baygon parfum ke baju tidur kamu. 
8. Cara lain agar selalu bermimpi Indah
Selain menjaga kebersihan kamar dan tubuh. Ada cara lain agar kita selalu mengalami mimpi yang indah-indah. Yakni mengkonsumsi makanan/minuman berserat yang dikenal bersahabat dengan pencernaan perut.

penyebab mimpi buruk
Photo: Copyright cosmopolitan.com

Misalkan minuman temulawak, Yoghurt, agar-agar, buah-buahan ataupun minum segelas susu putih hangat sebelum tidur. Ingat susu putih jangan susu cokelat, sebab banyak orang yang tak cocok minum susu cokelat dimalam hari yang ujung-ujungnya malahan bikin mencret. 

Ini mah namanya apes, bukan mimpi buruk lagi tapi sudah kenyataan pahit, alias tersiksa bolak balik semalaman ke toilet. 
Sahabat kejadiananeh.com itulah beberapa penyebab mimpi buruk dan mimpi baik ketika kita sedang tidur. Jadi sudah tahukan caranya, agar kita selalu bisa mengalami mimpi-mimpi yang indah setiap hari.