9 Pohon Keramat Saksi Sejarah Peradaban Manusia

Seakan tak pernah lekang oleh waktu, pohon-pohon paling tua di dunia ini menjadi saksi kunci berbagai peristiwa penting yang tercatat dalam sejarah peradaban umat manusia. Meski sebagai saksi bisu, namun keberadaan mereka mengingatkan kita pada memori masa-masa jaman dahulu kala. 
Dimana eksistensi mereka sudah ada sejak dimulainya perkembangan umat manusia yang silih berganti dari zaman kuno hingga zaman modern seperti sekarang ini. Berikut 9 pohon keramat yang jadi saksi sejarah penting peradaban umat manusia.
1. Anne Frank Tree, Gadis Cantik Yahudi yang jadi saksi kunci pembantaian Holocaust Nazi Jerman
Sahabat kejadiananeh.com, masih ingatkah kamu dengan kisah Anne Frank? Gadis kecil keturunan Yahudi yang meninggal dalam pembantaian Holocaust oleh Pasukan Nazi Jerman. 
Selama masa-masa persembunyiannya sebelum ia tertangkap pasukan Hitler, Anne menuliskan pengalaman pribadinya yang mengisahkan tentang kekejaman pasukan Nazi dan kejadian-kejadian penting yang dialami oleh para korban Holocaust.

 Pohon Keramat Saksi Sejarah Peradaban Manusia
Photo: Copyright nytimes.com

Melalui buku pribadi itu juga, dunia menjadikan sosok Anne sebagai simbol pengharapan yang hilang bagi anak-anak kecil tak bersalah, dan terpaksa harus menjadi korban kejamnya peperangan. Anne Frank Tree alias Pohon Anne Frank adalah pohon pengharapan bagi Anne ketika ia dan keluarganya bersembunyi dari kejaran tentara Nazi. 

Dalam buku catatan pribadinya The Diary of Young Girl, Anne melukiskan kebahagiaan ketika ia memandang pohon tersebut yang berada tepat di jendela gedung tempat ia dan keluarganya tinggal. 
Ia memiliki harapan yang tak pernah terwujud dalam hidupnya, agar dirinya bisa selalu memandang pohon tersebut sambil menikmati udara segar ketika ia terbangun di pagi hari. Namun tragis, ia pun akhirnya tertangkap dan dibawa ke kamp konsentrasi untuk dibantai. 
2. Pohon Keramat Chankiri yang jadi Saksi Sejarah Kejahatan Pasukan Khmer Merah
Di area tempat “Pohon Keramat” Chankiri ini berada, ribuan warga sipil kamboja tak bersalah dibantai dengan kejinya oleh pasukan Khmer merah. Alibi pembunuhan massal ini karena mereka dianggap sebagai pengkhianat oleh Pasukan Khmer Merah Kamboja. 
Berbagai siksaan kejam pun diberlakukan bagi pria dan wanita, agar mereka terpaksa mengaku dan memberitahukan keberadaan kelompok lainnya yang mereka anggap sebagai pemberontak. Seperti tak mengenal arti kemanusiaan, baik wanita ataupun anak-anak kecil mereka tetap perlakukan sama. 

Photo: Copyright flickr.com

Diperkosa, disayat dengan sendok celurit, dipukul dengan palu, sampai dalam keadaan sekarat pun kepala mereka dihantam ke Pohon Chankiri sampai benar-benar tewas. Alasan mereka kenapa juga harus membinasakan anak-anak kecil yang tak berdaya sebab, keturunan dan generasi inilah yang ditakutkan nantinya oleh Pasukan Khmer Merah, akan membalas kematian orang tua mereka. 

Pohon Chankiri yang dulunya berbau anyir darah dan berserakan bangkai mayat, kini sudah diabadikan menjadi monumen bersejarah bagi rakyat kamboja untuk mengingatkan kebrutalan Rezim Pasukan Khmer Merah dan pohon ini juga sebagai tempat penghormatan untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangan para korban.

Baca juga  Nkadis Niruk, Belalang Jelmaan Pelindung Suku Dayak
3. Pohon Tertua di Dunia
Meski data ini belum akurat, namun para ahli ilmuwan sepakat mengatakan bahwa semua jenis Pohon Cemara paling berumur panjang alias pohon tertua di dunia. Rata-rata umur mereka bisa mencapai ratusan sampai ribuan tahun. Seperti Old Tjikko, pohon Spruce Norwegia yang berada di dataran tinggi Provinsi Dalarna, Swedia.

pohon tertua di dunia
Photo: Copyright wired.com

Saat dilakukan penelitian dengan tes radio karbon melalui sistem akar bawah pohon, diperkirakan usia pohon keramat tersebut sudah berumur 9550 tahun. Wow, sebuah peninggalan peradaban yang jauh lebih tua dari umur bumi, menurut pandangan agama Samawi (Yahudi, Kristen dan Islam).

4. Pohon Sahabi di Yordania, saksi kebesaran Nabi Muhammad SAW
Inilah pohon yang menjadi saksi kebesaran Nabi Muhammad SAW sebelum dirinya diangkat menjadi Rasul. Berada di bagian utara padang pasir Yordania dan sudah bertahan hidup lebih dari 1400 tahun dari ganasnya Gurun pasir Yordania yang terkenal panas terik dan tak bersahabat.

Photo: Copyright petranightstours.blogspot.co.id

Pohon Sahabi ini juga yang satu-satunya masih tegak berdiri sampai sekarang, sebab tak ada pohon lain yang terdapat di tengah Gurun Pasir Yordania. 


5. Pohon Bersejarah Jaya Sri Maha Bodhi di Sri Lanka
Berada di Negara Anuradhapura, Sri Lanka. Jaya Sri Maha Bodhi adalah Pohon yang sangat dikeramatkan penduduk asli Sri Lanka. Ditempat ini dikisahkan bahwa Pohon tersebut adalah cabang pohon asli dari The Bodhi Tree yang berada di Bodh Gaya, India sebagai tempat Sang Buddha Siddharta Gautama mencapai pencerahan setelah bertapa pada 2500 tahun yang lampau.

Photo: Copyright listur.co

Begitu pentingnya situs warisan sejarah ini, sampai melibatkan campur tangan dari pemerintah yang melarang keras rakyatnya untuk membangun rumah atau sarana dan prasarana dalam jarak radius 500 meter dengan keberadaan Pohon bersejarah Jaya Sri Maha Bodhi.

6. Chene Chapelle di Perancis
Pohon Chene Chapelle yang berada di Perancis ini memiliki sejarah penting bagi rakyat Perancis. Dalam legenda diceritakan, selama Revolusi Perancis William Sang Penakluk atau yang dikenal juga dengan nama William I dari Normandia, selalu berteduh dibawah pohon Chene Chapelle ini.

Baca juga  8 Jimat Sakti Milik Presiden Indonesia yang Melegenda
Photo: Copyright kuriositas.com

Dan ketika William menjadi Raja Inggris setelah berhasil memenangkan pertempuran Hastings pada tahun 1066. Para rakyatnya menjadikan Pohon Chene Chapelle ini sebagai simbol pemerintahan baru setelah menggulingkan pemerintahan tirani sebelumnya, yang dikendalikan oleh kediktatoran kerajaan dan campur tangan gereja.

7. Caesarsboom di Belgia, bukti kejayaan Pemerintahan Julius Caesar 
Diperkirakan sudah berumur lebih dari 2000 tahun, Pohon Caesarsboom (Caesar’s Tree) yang berada di Kota Lo-Reninge Provinsi Barat Vlaanderen, Belgia. Menjadi bagian sejarah dari kejayaan Julius Caesar sang penguasa Romawi terhebat, sayangnya terkenal juga dengan kediktatorannya.

Photo: Copyright wikipedia.org

Dibawah pohon Caesarsboom, Julius Caesar sering tidur dibawah rindang lebat daunnya, sambil mengikat kudanya. Pohon ini juga kerap kali selalu dijadikan tempat berteduh oleh Sang Kaisar, saat sedang dirinya memimpin pasukan militer Romawi untuk menaklukkan Kerajaan Belgia.

8. Pohon Kalayaan di Filipina
Meski usia pohon Kalayaan belum terlalu tuwir alias tua namun pohon ini ditanam sendiri oleh Jenderal Emilio Aguainaldo saat berlangsungnya Konvensi Malolos. Di area tempat Pohon Kalayaan ini juga para petinggi militer revolusi Katipunan selalu mengadakan pertemuan, mengatur strategi perang untuk berjuang memerdekakan Filipina dari penjajahan Spanyol.

Photo: Copyright benjielayug.com

Kini pohon Kalayaan resmi dijadikan monumen nasional sebagai lambang sejarah revolusi rakyat Filipina. Berbagai patung pahlawan revolusi dibuat disekeliling pohon keramat tersebut. Untuk selalu mengingatkan rakyat Filipina akan jasa-jasa pejuangnya. 

Berbagai macam patung pahlawan dapat kita jumpai disana seperti Jenderal Isidore Torres, Don Pablo Tecson, pejuang kemerdekaan wanita Dona Basilia Tantoco, Padre Mariano Sevilla, dan yang terakhir Gregorio del Pilar. 
9. Pohon Keramat Suci Sang Buddha Gautama
The Bodhi Tree yang terletak di Bodh Gaya, India dipercaya oleh umat Buddha sebagai tempat Siddaharta Gautama bertapa semedi dan mendapatkan pencerahan (Bodhi) sekitar 2500 tahun yang lampau.

Pohon Keramat
Photo: Copyright theweek.in

Selain menjadi situs sejarah penting bagi umat Buddha, The Bodhi Tree juga dipandang suci oleh umat agama lainnya yakni Hindu dan Jainisme, khususnya
di India. Meski pohon keramat yang sekarang ini bukanlah asli tempat Sang Buddha bertapa dulu. 

Namun para ahli ilmuwan memastikan, pohon tersebut adalah keturunan langsung dari The Bodhi Tree seperti yang terdapat juga di Candi Borobudur Indonesia dan Jaya Sri Maha Bodhi di Sri Lanka. Sahabat kejadiananeh.com itulah 9 pohon keramat di dunia yang tak hanya berusia tua, namun juga menjadi saksi sejarah peradaban umat manusia sepanjang zaman.