13 Universitas Tertua di Dunia

Tahukah kamu? Jika pusat pendidikan tinggi yang tersebar di seluruh penjuru dunia eksistensinya sudah ada sejak ratusan tahun lamanya. Bahkan, Institusi Pendidikan Tinggi ini sudah ada yang berumur sampai ribuan tahun lamanya. Akan tetapi tidak semuanya bertahan hingga kini. Selama ratusan tahun terakhir, banyak Universitas Tua yang telah dibubarkan, baik karena kondisi perang, alasan ekonomi, maupun dimodernisasi dengan cara dipecah belah. 
Namun 13 universitas tertua di dunia ini masih tetap aktif mengajar dan tetap bertahan tanpa dimakan usia zaman, dan menjadi pilihan kampus paling populer bagi mahasiswa yang datang belajar dari seluruh dunia, karena warisan sejarah dan ilmu pengetahuan yang digoreskannya selama berabad-abad. Sahabat kejadian aneh.com berikut adalah daftar 13 Universitas Tertua di Dunia paling Populer dan Terkenal sepanjang Sejarah.

1. Universitas Oxford, Lokasi: Negara Inggris Didirikan Pada Tahun 1096-1167

13 Universitas Tertua di Dunia
Photo: Copyright balliol.ox.ac.uk
Kita mulai dengan universitas tertua paling populer yang di idam-idamkan oleh mahasiswa berprestasi dari seluruh dunia. Alumni Oxford tercatat pernah menjadi Perdana Menteri Inggris sebanyak 26 kali, Uskup Agung Gereja Anglikan sebanyak 20 kali, Santo/Santa dalam Agama Katolik sebanyak 12 orang, pemenang Hadiah Nobel sebanyak 47 orang. 
Dan Stephen William Hawking sendiri sang Profesor terkenal matematika dan ahli fisika teoretis Gravitasi Kuantum, Radiasi Hawking serta Lubang Hitam almamaternya berasal dari Universitas Oxford dan Universitas Cambridge.

Photo: Copyright telegraph.co.uk
Meski tahun pendiriannya kampus Oxford sedikit rancu, namun catatan bukti pengajarannya mengarah ke tahun 1096. Beberapa pihak mengklaim pendirian Universitas Oxford jauh lebih lama ketimbang tahun tersebut. Universitas berperingkat 5 dunia ini setiap tahunnya menerima sekitar 22.000 mahasiswa baru, dan menjalankan lembaga terbitan universitas terbesar di dunia. 
2. Universitas Al-Azhar, Lokasi: Negara Mesir Didirikan Pada Tahun 970

Photo: Copyright bahaifact.files.wordpress.com

Meski baru meraih status Universitas pada tahun 1961, Universitas Al-Azhar dikenal luas sebagai pelopor pendidikan tinggi di dunia, terutama di kalangan cendekiawan Muslim. Didirikan pada awal tahun 970 M (359 H) di Kairo, Ibu Kota Mesir.

Universitas Al-Azhar pada awal mulanya mengusung konsep Lembaga Pendidikan Madrasah yang hanya mengajar siswa dari tingkat pendidikan dasar hingga menengah atas.

Photo: Copyright savitriart.blogspot.co.id

Dan Universitas ini yang awalnya khusus mengajarkan ilmu yang berkaitan dengan Pendidikan Agama Islam, namun lama kelamaan mengembangkan program studi sekuler untuk mempertahankan eksistensinya. Sepanjang sejarah Al-Azhar, Universitas ini sering menjadi korban kekacauan politik. 

Salah satu contooh yang paling fenomenal adalah perang antar Khalifah pada abad ke 12 yang membakar lebih dari 100.000 catatan ilmiah. Al-Azhar tercatat sebagai universitas terbaik ke 701 di dunia, dengan penerimaan 20.000 mahasiswa setiap tahunnya.
3. Universitas Bologna, Lokasi: Negara Italia (bagian Utara) Didirikan Pada Tahun 1088
Universitas ini memiliki slogan ‘Ibu Pembelajaran Yang Mengenyangkan’ dalam Bahasa Latin. Sejak didirikan pada tahun 1088, Universitas Bologna (UNIBO) tidak sekalipun berhenti mendidik para mahasiswa, dan karenanya sering disebut pula sebagai universitas aktif terlama di dunia.

Photo: Copyright wikimedia.org

Pada zaman Abad Pertengahan, universitas ini hanya mengajarkan program studi tingkat doktor, namun kini menawarkan beragam studi di setiap tingkat kesarjanaan.

Setiap tahunnya Universitas Bologna menerima 85.000 mahasiswa baru, dimana 30.000 diantaranya adalah pascasarjana. Universitas ini berada di peringkat 182 dunia. 

Sahabat kejadiananeh.com, ada hal unik dan menarik tent
ang Universitas Bologna, bagi kalian yang mahasiswa pasti tidak asing mendengar kata almamater, berawal dari Universitas inilah kata Almamater muncul, dengan moto Almamater Studi (bahasa latin nya dikenal sebagai alma mater).

Photo: Copyright gtspirit.com

Selain itu Universitas Bologna yang dipisahkan fungsinya dari Gereja ini dianggap sebagai Pionir Universitas yang lahir di wilayah Eropa barat. Dan pada tanggal 18 September tahun 1988, Universitas Bologna dibaptis sebagai Ibu dari seluruh Universitas yang ada diseluruh dunia. 

Melalui Universitas ini juga berbagai kodifikasi hukum dilahirkan salah satunya yang terkenal adalah Liber Paradisus Law yakni Undang-undang yang menghapus perbudakan pada tahun 1256. 
Dengan lahirnya undang-undang tersebut Kota Bologna pun menjadi kota pertama di dunia yang menghapus perbudakan manusia.

Dan peraturan itu pun seakan menjadi arah kiblat bagi seluruh dunia, yang ikut melahirkan Undang-undang Anti Perbudakan Manusia yang memperjuangkan penuh nilai-nilai kemanusian.

4. Universitas Cambridge, Lokasi: Negara Inggris Didirikan Pada Tahun 1209

Photo: Copyright famouswonders.com

Universitas Cambridge juga menjadi salah satu universitas tertua di dunia, begitu populernya sampai Universitas ini menjadi rebutan banyak mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan dari berbagai negara yang ada di seluruh dunia. Mengapa tidak? Karena peringkatnya yang hanya kalah dari Universitas Harvard di peringkat puncak. 

Universitas Cambridge didirikan pada 1209 oleh sekelompok cendekiawan yang kecewa atas konflik politik di Universitas Oxford. Sekarang, peringkatnya lebih tinggi dibandingkan pendahulunya tersebut.

universitas tertua di dunia
Photo Copyright dailymail.co.uk

Selain banyak memiliki kesamaan, kedua universitas ini pun sering bersaing satu sama lain dalam banyak hal, tentunya yang menyehatkan. Cohtohnya seperti, perlombaan balap perahu tahunan. Universitas Cambridge memiliki sekitar 18.000 mahasiswa aktif, dimana 6.000 orang diantaranya adalah pascasarjana.

5. Universitas Al-Qarawiyyin (Al-Karaouine) di Fes Maroco, Didirikan pada tahun 859

Fatima al-Fihria adalah wanita yang paling berjasa bagi Universitas Al-Karaouine. Dirinya mendirikan universitas ini pada tahun 859. Pada awal-awal pendirian, tempat ini memang dikenal sebagai tempat ibadah Masjid.

Photo: Copyright camel76.wordpress.com

Namun banyaknya para pendatang dari berbagai lintas komunitas negara, menjadikan Masjid ini berkembang menjadi tempat pengajaran agama (Al Qur’an dan Fiqih), diskusi politik dan mata pelajaran paling diminati di zaman itu yakni ilmu pengetahuan alam.

Eksistensi Al-Karaouine sebagai Universitas Abad Pertengahan, mendapat restu dan perlindungan penuh dari Sultan sang penguasa Kerajaan Maroco.

Sampai mata pelajaran yang diajarkan di Universitas Al-Karaouine semakin berkembang seperti ilmu kedokteran, seni musik, astronomi, matematika, kimia dll. Akan tetapi, kampus ini baru mendapatkan status sebagai Universitas Modern pada tahun 1947.

6. Universitas Salamanca, Lokasi: Negara Spanyol Berdiri Sejak Tahun 1134

Photo: Copyright linguaserviceworldwide.com

Universitas ini adalah universitas aktif tertua di Spanyol setelah Universitas Palencia yang kini sudah resmi bubar. Letaknya berada di sebelah barat Kota Madrid. 

Disinilah Christopher Columbus pernah meminta dukungan dari bangsawan Spanyol untuk melakukan ekspedisi Hindia untuk mencari rempah-rempah pada akhir abad ke 15. Universitas Salamanca kini menempati peringkat ke 480 di dunia, dan memiliki sekitar 30.000 mahasiswa yang tersebar di 9 kampus.
7. Universitas Paris, Lokasi: Negara Perancis Berdiri Sejak Tahun 1160-1250

Photo: Copyright tpp2014.com

Dikenal juga dengan nama ‘la Sorbonne‘, Universitas ini dikenal sebagai salah satu yang tertua di Eropa. Sepanjang sejarah, Universitas Paris pernah vakum selama lebih dari satu abad, tepatnya pada 1793 hingga 1896, karena Revolusi Prancis yang menggulingkan Raja Louis XVI. 

Universitas ini sudah dipecah belah menjadi 13 universitas mandiri yang keberadaan kampus-kampusnya tersebar di seluruh penjuru wilayah Kota Paris. Beberapa diantaranya yang memiliki peringkat tertinggi adalah Universite Pierre et Marie Curie (peringkat ke 115) dan Universite Paris-Sud (peringkat 209).
8. Universitas Padua, Lokasi: Negara Italia Dirikan Pada: Tahun 1222

Photo: Copyright telegraph.co.uk

UNIPD atau Universita di Padova didirikan pada tahun 1222 dan merupakan salah satu universitas abad pertengahan yang hingga kini masih beroperasi di Italia. Universitas Padua dikenal akan risetnya di bidang astronomi, hukum, obat-obatan, dan filsafat. 

Universitas berperingkat 262 dunia ini memiliki sekitar 40.000 mahasiswa di Kota Padua, yang menjadi latar dalam pertunjukan panggung The Taming of the Shrew karya William Shakespeare. Di kompleks kampusnya juga terdapat 9 museum.

9. Universitas Naples Federico II, Lokasi: Negara Italia Dirikan Pada Tahun 1224

Photo: Copyright st-andrews.ac.uk

Dirikan pada 1224 oleh Frederick II, Kaisar Romawi Suci, Universitas Naples-Federico II terletak di Naples/Napoli, kota ketiga terbesar di Italia dan salah satu kota tertua di dunia.

Universitas ini berada di peringkat 345 dunia dan mengajar banyak program studi kepada lebih dari 100.000 mahasiswa. Salah satu alumnus terkenalnya adalah filsuf dan bapak pendidikan Katolik, Thomas Aquinas.

10. University of Constantinople ( Instanbul University) Didirikan pada tahun 425 Masehi

Sahabat kejadiananeh.com, jika kamu menyangka Universitas Al-Azhar adalah Universitas paling tertua di dunia, sepertinya kamu salah besar. Sebab Universitas Konstantinopel sudah didirikan pada tahun 425 M oleh Kaisar Theodosius II.

Photo: Copyright hurriyetdailynews.com

Dikenal juga dengan nama University of The Palace Hall of Maugnaura, dan kampus ini terkenal dengan 3 jurusan mata kuliahnya yang mendapatkan peringkat akreditasi terbaik dunia, seperti Hukum, Ilmu Filsafat dan Kedokteran.

Namun setelah runtuhnya kejayaan Konstantinopel pada tahun 1453, aktivitas belajar mengajar di kampus ini sempat mengalami mati suri, dan setelah era kepemimpinan Sultan Mehmed II kampus ini kembali dihidupkan serta mengganti namanya menjadi Universitas Istanbul.

Banyak mata kuliah unggulan yang terdapat di universitas  ini selain kurikulum diatas seperti ekonomi, ilmu perpustakaan, politeknik, matematika,astronomi, seni rupa dan lain-lain.

11. Universitas Siena Lokasi: Negara Italia Didirikan Pada Tahun 1240

Photo: Copyright studioarcobalenetour.it

Universitas Siena terletak di sebuah kota kecil di wilayah Tuscany. Saat ini, universitas ini berada di peringkat 471 dunia, dan setiap tahunnya, menerima sekitar 20.000 mahasiswa. Kota Siena pantas dijuluki kota pelajar mungil karena setengah dari populasinya adalah mahasiswa kampus ini. 

Pusat kotanya sendiri sudah dijadikan Situs Warisan Dunia UNESCO dan dikunjungi oleh lebih dari 160.000 wisatawan yang ingin menikmati makanan, karya seni, dan museum peninggalan abad pertengahan setiap tahunnya.
12. Universitas Coimbra, Lokasi: Negara Portugal Didirikan Pada Tahun 1290

Photo Copyright wikimedia.org

Meski awalnya berada di ibukota negara, namun Universitas Coimbra sempat beberapa kali dipindahkan oleh raja yang berkuasa pada masanya, dan akhirnya menetap di Kota Coimbra, yakni kota terbesar ketiga di Portugal dan situs warisan sejarah Kekaisaran Romawi Kuno. 

Dengan jumlah mahasiswa hampir 25.000 orang, Universitas Coimbra banyak mengalami perubahan radikal. Pada abad ke 18, universitas ini pernah menjadi satu-satunya universitas yang aktif di Portugal. Tahun 2013 silam, universitas inipun resmi dijadikan Situs Warisan Sejarah Dunia oleh UNESCO.

13. Universitas Tua dan Paling Kuno di Dunia

Inilah peringkat pertama universitas tertua di dunia yang sudah ada sejak jaman kuno dahulu kala. Universitas Nalanda (Nalanda International University) yang berada di Bihar India Utara, dibangun pada abad ke 5 Sebelum Masehi oleh Raja-raja dari dinasti Kerajaan Buddha Gupta.

Pada masa-masa kejayaannya, Universitas Nalanda memiliki lebih dari 10000 siswa yang melahirkan banyak cendikiawan dan sarjana terkenal di masa itu, seperti Babylon, Tibet, Tiongkok, Suriah, Yunani, Iran sampai Persia.

Namun keberadaan Universitas Nalanda sempat terhenti saat mengalami 3 kali penjajahan, yang terakhir datang dari Turki era Kepemimpinan Jenderal Ikhtiyar Uddin Muhammad bin Bakhtiyar Khilji dan membuat Universitas Kuno Nalanda ini hancur lebur.

Setelah 831 tahun vakum, kini Universitas Nalanda sudah dibuka kembali dan memulai aktivitas akademisnya pada tanggal 1 September 2014 tahun kemarin, kemarinnya lagi.

universitas tua paling kuno
Photo: Copyright nalandauniversity.wordpress.com

Sahabat kejadiananeh.com, kebanyakan universitas tertua di dunia yang masih aktif diatas memang berada di Eropa, terutama karena banyaknya universitas berusia ratusan tahun yang masih beroperasi, dan kultur orang Eropa yang senang mempertahankan bangunan dan institusi kuno.

Meski begitu hendaknya Universitas ini hanya dijadikan patokan apabila kamu memang punya niat dan semangat pada program studi yang mereka tawarkan cocok dengan minat kamu. 

Lagian kalau ada pilihan belajar di Negeri sendiri mengapa tidak, soal kualitas pengajaran di Universitas-universitas yang ada di Indonesia, juga tidak begitu kalah jauh (sepertinya) dibandingkan dengan kualitas pengajaran Universitas ternama dari luar negeri. 
Ok sekian dulu artikel ini sahabat kejadiananeh.com, sebab saya kebelet boker udah diujung tanduk rasanya. Semoga info tentang 13 universitas tertua di dunia paling populer dan terkenal dalam sejarah ini cukup bermanfaat buat kamu.