15 Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Mudah

Bau mulut memang cukup mengganggu, bukan hanya untuk kamu saja namun juga orang-orang di sekitar kamu, kasihan kan orang-orang tak bersalah kena imbasnya? hehehe. Menjaga mulut tetap bersih dan segar sepanjang hari sangatlah penting, karena mulut pun merupakan sumber kuman. Mulut yang tidak dibersihkan dengan baik akan menimbulkan kuman yang jika tertelan akan masuk ke dalam tubuh kita. 
Jadi perlu diperhatikan kebersihan mulut kita bukan hanya sekedar untuk menghilangkan bau mulut saja, namun juga untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Sahabat kejadiananeh.com berikut beberapa cara menghilangkan bau mulut yang bisa kita lakukan dengan mudah setiap hari.
1. Gosok Gigi
Menggosok gigi setiap hari khususnya saat bangun tidur sangatlah penting agar kuman dan bakteri yang ada disana bisa hilang. Saat bangun tidur adalah waktu paling penting untuk gosok gigi karena saat itu biasanya bau mulut cukup menyengat dan mulut penuh dengan bakteri. 
Jadi pastikan untuk kita selalu berusaha menggosok gigi saat bangun di pagi hari agar mulut bersih, segar dan bebas bau mulut. Tentunya juga harus diikuti dengan waktu-waktu lainnya, bukan hanya bangun tidur saja, namun sebelum tidur dan saat mandi. Cara menghilangkan bau mulut yang satu ini sangat mudah karena bisa dilakukan setiap hari di rumah.
2. Makan Buah-buahan
Buah yang kaya akan vitamin C bisa membantu mengurangi bau mulut karena dapat memenuhi kebutuhan vitamin di dalam mulut kamu. Biasakan makan buah setiap hari agar tubuh sehat dan bau mulut tetap segar. Tapi ingat makan buah loh bukan ngerujak, nanti kebanyakan malah mulas lagi.

Cara Menghilangkan Bau Mulut dengan Mudah
Photo: Copyright sibiyanqubeko.wordpress.com

3. Gunakan rempah-rempah

Rempah-rempah biasa digunakan dalam masakan untuk meningkatkan cita rasa makanan tersebut. Akan tetapi ternyata rempah seperti daun mint dan cengkeh juga berguna untuk mengurangi bau mulut. Jadi jangan ragu untuk menggunakan rempah di dalam masakan atau kunyah rempah seperti daun mint untuk menyegarkan dan menghilangkan bau mulut.
4. Mengunyah Daun Sirih Terbukti Ampuh untuk Mengatasi Bau Mulut tak Sedap
Cara menghilangkan bau mulut dengan menggunakan daun sirih dapat secara efektif menepis bau menyengat. Khasiat daun sirih memang sudah lama dipercaya ampuh, memiliki kemampuan dalam menghilangkan bau tak sedap sehingga bisa dipastikan mulut pun tetap segar.

Kunyahlah daun sirih saat mulut terasa bau sangat tajam agar bau tersebut hilang terserap oleh daun dan digantikan dengan aroma yang lebih segar.

5. Minum Kopi
Bagi kamu para pecinta kopi, cara menghilangkan bau mulut yang satu ini bisa jadi sangat tepat karena kamu bisa minum minuman favorit kamu sembari menghilangkan bau tidak sedap di dalam mulut. 
Namun jenis kopi yang harus digunakan adalah kopi hitam, bukan kopi susu apalagi kopi sianida. Mau tahu caranya? Jadi, seduh kopi hitam atau boleh makan langsung kopinya tanpa diseduh. Meskipun pahit namun cara ini cukup efektif dan praktis dalam membantu menghilangkan bau mulut yang mengganggu.

6. Minum Susu
Jika kamu tidak suka kopi, coba gunakan susu kental manis, seduh dengan air dan minum untuk memberikan asupan kalsium sambil mengusir bau tak sedap di dalam mulit. Gigi membutuhkan kalsium dan kandungan kalsium pada susu dapat bermanfaat untuk kesehatan gigi kamu. 
Dengan gigi yang sehat, bau mulut pun bisa dikurangi dan dicegah. Minum susu setiap hari juga sangat baik untuk kesehatan, jadi cara menghilangkan bau mulut yang satu ini bisa memberikan banyak manfaat untuk kita.

7. Kumur dengan Air Garam
Percayakah kamu jika Air Garam selain bisa meringankan sakit gigi ternyata juga ampuh untuk mengatasi bau mulut yang tak sedap. Caranya campur sedikit garam dengan segelas air dan gunakan untuk berkumur.

Baca juga  Ubud Bali Peringkat 3 Kota Terbaik di Dunia untuk Travel Blogger

Cara ini cukup praktis jika kamu tidak menemukan berbagai bahan lain seperti diatas untuk menghilangkan bau mulut. Cukup gunakan garam dapur kamu dan bau mulut pun bisa tertatasi.

8. Kunyah Beras
Kunyah sedikit beras di dalam mulut dan buang beras yang sudah dikunyah tersebut dapat menangkal bau tidak sedap di dalam mulut kamu. Cara ini cukup mudah dan praktis apabila kamu hanya punya beras di rumah. Cukup ambil sedikit saja dan cek hasilnya, apakah terbukti khasiatnya atau tidak!

mengatasi bau mulut

9. Berhenti Merokok
Seperti yang kita tahu merokok bukan hanya memiliki dampak buruk bagi kesehatan, namun juga tidak baik untuk kesehatan mulut dan gigi. Seorang perokok cenderung memiliki gigi yang kuning serta bau mulut tidak sedap. Jadi hentikan merokok jika kamu tidak ma
u bau mulut semakin parah dan membuat orang-orang di sekitar serta kamu sendiri merasa tidak nyaman. 
Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan untuk kita berhenti merokok, saya pun pernah mengalaminya menjadi seorang pecandu rokok berat selama bertahun-tahun. Namun demi kesehatan orang-orang yang kita sayangi, mulai dari keluarga ataupun teman-teman yang secara tidak langsung menjadi perokok pasif. Pasti kita bisa berhenti merokok dengan alasan tersebut.

10. Hindari Makanan Berbau Tajam
Ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu bau tajam di dalam mulut misalnya petai dan jengkol. Untuk membuat mulut terhindari dari bau tajam, tentunya kamu harus menghindari makanan-makanan tersebut karena setelah dimakan bisanya bau langsung muncul di dalam mulut dan dapat mengganggu teman atau keluarga yang berada di sekitar kamu. 
Tapi kalau keluarga kamu atau teman memang maniak jengkol, yah apa boleh buat teruskan saja. Awas kejengkolan atuh jangan berlebihan makannya, hehehe.
11. Sarapan Pagi
Banyak orang yang suka meninggalkan sarapan pagi karena terburu-buru berangkat bekerja atau bahkan sedang diet. Sarapan pagi tidak akan membuat kamu gemuk karena justru jam makan paling penting adalah sarapan pagi, sebab asupan karbohidrat di pagi hari dapat membantu tubuh lebih berenergi dalam melakukan aktivitas. 
Jika sarapan ditinggalkan, tubuh akan lesu dan lemas. Selain itu sarapan juga dapat membantu mulut memproduksi air liur dan mengurangi bau mulut tidak sedap. Pastikan untuk selalu menyempatkan sarapan di pagi hari agar tubuh kamu tetap sehat bugar dan mulut pun terhindar dari bau tak sedap.
12. Kumur dengan Air Sirih/Cairan Pembersih Mulut
Kumur dengan air sangat bagus untuk menghilangkan bau mulut. Namun jika bau sudah terlalu menyengat, gunakan bahan lain sebagai campuran air untuk berkumur misalnya daun sirih yang direbus. Selain itu kamu juga bisa gunakan produk mouthwash yang ada di pasaran sebagai air untuk berkumur setiap hari.

Baca juga  GM Diet, Cara Mudah Langsing Tanpa Lapar (Turun 4 Kg Hanya Dalam 4 hari)

Akan jauh lebih baik jika produk mouthwash tersebut sudah mengandung Antiseptic. Agar bukan hanya berfungsi sebagai penyegar mulut saja, tapi ampuh untuk membunuh kuman-kuman, membersihkan plak dan radang gusi.

13. Kunyah Permen Karet
Kebiasaan mengunyah permen karet ternyata bisa menghilangkan bau mulut karena mengunyah dapat membuat mulut menghasilkan air liur penghilang bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut ini terbilang cukup mudah dan menyenangkan karena bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas lainnya. 
Pastinya permen karet hanya untuk dikunyah saja ya, bukan ditelan apalagi buat ngisengin orang. Satu hal yang mungkin belum kamu tahu, bahwa air liur terbukti mampu untuk mematikan bakteri penyebab bau mulut sehingga kebersihan mulut bisa lebih terjaga.

cara menghilangkan bau mulut
Photo: Copyright candiesandcrunches.com

14. Minum Teh

Bukan hanya kopi atau susu saja, namun teh juga mampu menghilangkan bau mulut dengan kandungan polifenol yang ada di dalamnya. Polifenol dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut sehingga minum secangkir teh bisa membuat mulut terbebas dari bau. Jenis teh apa saja baik teh hijau maupun merah semuanya sama-sama mengandung polifenol yang baik untuk mulut.

15. Kunyah Permen Mint

Segarnya mint dalam permen juga bermanfaat untuk “menghilangkan bau mulut”. Setelah mengunyah permen mint mulut akan terasa lebih dingin dan bau mint pun dapat menyamarkan bau mulut yang menyengat. Tapi ingat juga kebanyakan jutru bisa berakibat sebaliknya, terutama bila lupa membersihkan gigi saat tidur malam nanti.
Sahabat kejadiananeh.com, itulah beragam cara menghilangkan bau mulut yang cukup mudah dilakukan agar kamu bisa mengatasi bau tajam dan tidak sedap di dalam mulut kamu dan menjaga kesegaran mulut sepanjang hari. 
Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur tanpa harus membeli penyegar mulut. Selain itu, Kamu juga bisa memperbaiki pola hidup sehat sembari mencegah datangnya bau tak sedap di dalam mulut. Murah, sehat dan segar bukan?, Cobalah untuk memulainya dari sekarang.