Penyebab dan Cara Mudah Menyembuhkan Asam Lambung

Dalam kondisi yang normal, asam lambung diperlukan guna membantu proses pencernaan serta mengolah makanan. Akan tetapi apabila asam ini diproduksi dengan jumlah yang berlebihan, lapisan mukosa akan mengalami iritasi dan lambung terluka. Jadi kalau kamu cowok dan sering merasa mual-mual mau muntah, jangan takut kamu gak hamil kok hahaha.
Penyebab asam lambung sendiri beragam, mulai dari konsumsi makanan terlalu banyak sehingga aktivitas lambung akan terhambat. Ini menyebabkan asam di dalam lambung tidak bersentuhan dengan makanan di tengah lambung. 
Asam lambung juga dapat disebabkan karena makanan yang ditelan masih berbentuk kasar (kurang dikunyah sampai halus) sehingga lambung serta usus halus bekerja terlalu keras untuk mengolahnya. 
Kebiasaan makan secara tergesa-gesa inilah yang kadang menyebabkan penyakit asam lambung. Apabila pada saat tersebut ada asam lambung dalam jumlah besar, sebagiannya akan keluar sebagai udara dan menimbulkan gejala kembung. 
penyebab asam lambung
Photo: Copyright bundoo.com
Radang ataupun luka yang terdapat pada lambung muncul karena adanya sekresi asam lambung atau yang disebut juga pepsin serta mukus yang tak seimbang. Mengatasi asam lambung berlebihan dapat dilakukan dengan cara menggunakan obat maag atau yang biasa disebut antasid. 
Ini karena antasid memiliki kandungan senyawa basa yang sifatnya basa. Senyawa basa mampu menetralkan asam lambung berlebih. Semakin banyak kandungan senyawa basa di dalam obat maag, akan semakin banyak pula asam yang bisa dinetralkan sehingga efeknya akan lebih terasa. 
Beberapa senyawa basa ini meliputi magnesium hiroksida, aluminum karbinat, aluminum hiroksida, natrium bikarbonat dan juga kalisum karbonat. 
Namun, selain dengan menggunakan obat maag, terdapat beberapa cara mudah menyembuhkan asam lambung yang memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar kita. Cara ini terbilang lebih efektif terutama bagi kamu yang sulit mengonsumsi obat. 
Sahabat kejadiananeh.com, yang pertama adalah menggunakan Rebusan Air Daun Sirsak, ini adalah “pengalaman saya menderita sakit asam lambung” yang sudah lama sekali saya mencoba untuk bertahan hidup hahaaha lebay. Boleh dicoba atau tidak, kalau gak yakin ya janganlah, gitu aja kok repot seperti kata eyang Gusdur hehehe! 
Cara membuatnya sangat mudah, ambil 15 sampai 25 daun sirsak, kemudian cuci bersih, jangan disikat atuh sekedar dicebok-cebok aja. Kemudian masukkan ke dalam panci berukuran sedang, lalu taruh air kira-kira hampir penuh. Rebus atau godok sampai volume air berkurang menjadi setengah. Ini bisa untuk pemakaian selama 4 sampai 5 hari. 
Jadi begini, misalkan kamu menaruh air ke panci sebanyak 14 gelas hasil akhirnya adalah 7 gelas. Setelah jadi tunggu airnya sampai dingin, ya kalau emang ‘sakti’ ga takut bibir jontor kaya Mick Jagger silahkan saja hahaha. Boleh ditaruh dalam kulkas biar dingin. Soal rasa dijamin enak banget, seperti minum es teh tanpa gula dan gak ada yang bayarin. 
Photo: Copyright kissmemom.com
Saat kamu meminumnya rasakan sensasi perut seperti sedang dipijat-pijat tangan ghaib. Dan kalau kamu sakit asam lambungnya sudah kronis seperti saya, pasti keringatan sehabis minum air sirsak, selain itu saat pipis juga terasa nikmat.
Beneran loh coba saja kalau gak percaya, saya dulu biasa meminumnya ketika bangun pagi hari sebelum makan dan saat mau tidur. Kamu juga boleh untuk meminumnya sebanyak 3 kali sehari jangan berlebihan! 
Yang kedua adalah kunyit. Konsumsi kunyit tidak akan memberikan efek samping serta dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan, kecuali kunyitnya boleh ngutang di warung tetangga. Tahukah kamu, Kandungan Kurkumin dalam kunyit terbukti mampu mencegah serta mengobati luka yang ada pada lambung. 
Percobaan klinis menggunakan kunyit sebagai obat asam lambung pernah dilakukan pada dua belas orang pasien, di mana lima orang di antaranya sembuh dalam waktu empat minggu sementara tujuh orang lainnya sembuh dalam waktu empat sampai dua belas minggu. 
Cara lain yang bisa digunakan untuk menyembuhkan asam lambung ialah dengan mengunyah permen karet selama tiga puluh menit. Hal ini akan sangat membantu dalam mengurangi kelebihan asam lambung. 
Permen karet mampu membantu merangsang adanya laju pelepasan air liur. Asam yang ada di dalam perut nantinya akan tercuci habis secara cepat. Apabila asam lambung ini sudah hilang, maka gejala naiknya asam lambung juga akan turut menghilang. 
Ketiga, bisa juga digunakan baking soda. Baking soda memiliki sifat basa sehingga bagus digunakan untuk mengurangi asam lambung. Nyeri dada juga bisa dikurangi dengan baking soda ini. 
Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan segelas air. Namun, penting untuk diperhatikan untuk tidak terlalu sering menggunakan baking soda. Kandungan zat sodium bikarbonat dalam baking sod
a dapat menyebabkan mual. 
mengobati asam lambung
Photo: Copyright womenshealthmag.com
Keempat, bahan alami lain yang dapat digunakan ialah lidah buaya. Lidah buaya merupakan salah satu tanaman herbal dengan manfaat yang luar biasa, mulai dari kecantikan hingga kesehatan. Salah satu manfaat lidah buaya ialah mengatasi lebihnya asam lambung di dalam perut. 
Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat anti inflamasi di dalam organ kerongkongan atau esofagus. Lidah buaya dapat mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Cara konsumsinya ialah dengan setengah gelas lidah buaya pada saat sebelum makan. 
Cara alami lainnya yang bisa dicoba ialah dengan menggunakan jahe. Jahe dibersihkan terlebih dahulu dan dipotong-potong menjadi beberapa bagian, lalu direbus sampai benar-benar matang dan air rebusan inilah yang dikonsumsi guna mengatasi asam lambung. 
Cara ini terbilang mudah untuk diterapkan dalam menyembuhkan asam lambung. Salah satu jenis buah-buahan yaitu pisang ternyata juga memiliki manfaat menetralkan asam lambung. Konsumsi pisang secara teratur untuk membantu mengontrol jumlah asam lambung. 
Selain menggunakan buah pisang serta jahe, bahan alami selanjutnya ialah cuka apel. Cuka apel dapat mengatasi naiknya asam lambung karena terbuat dari apel murni. Penggunaan cuka apel sama halnya seperti baking soda dengan mencampurkannya dalam air lalu dikonsumsi. 
Madu ternyata juga bagus digunakan untuk menurunkan kadar asam lambung berlebih. Madu bisa dikonsumsi secara langsung atau dilarutkan terlebih dahulu di dalam air. Selain menurunkan kadar asam lambung, madu juga dapat menghilangkan gejala asam lambung yang membuat penderita seringkali mengeluhkan sakit pada bagian perutnya. 
Bahan alami lain yang dapat digunakan ialah buah apel. Dari sekian banyak varian buah apel, pilihlah apel merah dengan kandungan basa yang tinggi sehingga dapat menetralkan asam lambung. 
Penggunaan bawang putih untuk dikonsumsi langsung juga akan membantu menurunkan asam lambung. Menurunkan asam lambung juga dapat dilakukan dengan cara mematuhi beberapa pantangan sakral sebagai berikut. 
Pertama, hindari konsumsi kopi dalam jumlah berlebihan. Hal ini terutama apabila telah memiliki riwayat penyakit asam lambung. Konsumsi kopi dapat memperparah naiknya asam lambung karena kandungan kafein di dalam kopi. 
Selain itu, hindari pula konsumsi kol dan kubis. Walaupun sayuran memiliki efek yang menyehatkan untuk tubuh, akan tetapi kol dan kubis memiliki kandungan gas yang cukup banyak di dalamnya. Gas ini mampu memicu naiknya asam lambung dalam perut. 
Sementara jenis buah yang harus dihindari adalah pisang ambon serta buah nangka. Sama seperti sayuran kol dan kubis, pisang ambon serta buah nangka juga memiliki kandungan gas yang banyak. 
Makanan lain yang termasuk pantangan bagi penderita asam lambung adalah gorengan. Makanan yang dimasak dengan cara digoreng, apalagi menggunakan minyak yang jarang diganti, akan membuat kadar asam lambung meningkat. 
cara menyembuhkan asam lambung
Photo: Copyright wisegeek.com
Kurangi gorengan akan sangat membantu dalam mengurangi asam lambung di perut. Apabila mengonsumsi gorengan, sebaiknya segera konsumsi air putih agar dapat segera dikeluarkan dalam proses metabolisme. Pantangan selanjutnya adalah rokok. Rokok sebaiknya dihindari agar asam lambung tidak naik. 
Sebab rokok dapat memicu asam lambung berlebih dan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Gejala yang mungkin terjadi dari naiknya asam lambung meliputi perut terasa kembung, nafsu makan menghilang, mual dan merasa ingin muntah. 
Selain dengan menggunakan aneka bahan alami serta menghindari beberapa pantangan di atas, hal lain yang tak kalah penting ialah makan secara teratur dan pastikan bahwa setiap makanan yang ditelan telah dikunyah terlebih dahulu. 
Dengan cara ini maka lambung tidak akan bekerja terlalu keras untuk mengolah makanan serta jumlah asam lambung dapat tetap dikontrol agar tidak berlebihan. Demikian beberapa cara mudah menyembuhkan asam lambung secara alami beserta penyebab dan gejala penyakitnya. 
Sahabat kejadiananeh.com, menerapkan pola hidup sehat adalah kunci dari kesehatan tubuh sehari-hari, sehingga penting untuk tetap mengonsumsi makanan sehat, istirahat teratur, cukup berolahraga sering mentraktir teman serta menghindari beberapa makanan yang kurang sehat.