Strategi Bisnis Hello Kitty Meraih Kesuksesan Besar

Dalam dunia bisnis tidak ada yang namanya main perasaan, apalagi sampai bermental cengeng, kalah dalam strategi persaingan akhirnya dukun bertindak, main santet sana sini, sudah keluar uang banyak dosa pun makin tambah banyak hahaha. Padahal saingan terberat kita adalah guru paling terbaik untuk meraih kesuksesan dalam hidup kita. Percaya atau tidak prinsip inilah yang selalu saya pegang.
Kembali ke strategi bisnis hello kitty meraih kesuksesan besar, sampai mereka dikenal sebagai salah satu perusahaan raksasa di dunia. Mau tahu seperti apa trik mereka dalam membangun kerajaan bisnisnya dan cara mereka meraup keuntungan besar, siapa tahu saja cara mereka bisa kamu tiru agar bisa meraih mimpi terbesarmu, terutama buat kamu yang berjiwa bisnis!
1. Target Pemasaran Luas Tanpa Batasan Umur
Satu terobosan cemerlang diambil oleh Sanrio, Perusahaan asal Jepang sebagai pemegang paten Hello Kitty. Dijaman itu boneka hanya diciptakan untuk anak-anak kecil saja. Dan mitos yang berkembang, seorang anak kecil perempuan akan meninggalkan boneka kesayangannya, ketika ia menjelang dewasa nanti.

Strategi Bisnis Hello Kitty Meraih Kesuksesan

Langkah inovatif pun diambil agar produk boneka Hello Kitty bisa tetap ‘diminati’ dari anak-anak kecil sampai mereka dewasa nanti. Sanrio akhirnya menjual berbagai produk Hello Kitty, dari boneka, tas, alat tulis, tempat makanan sampai aksesoris yang diperuntukkan tanpa batasan umur. 
Diawal kemajuan karirnya, para wanita seperti tak mengenal kata tabu untuk membawa produk Hello Kitty dari anak kecil sampai kalangan wanita dewasa.
2. Desain Boneka Simple Tanpa Mulut
Shimizu Ikuko adalah perancang dan tokoh utama dibalik kesuksesan Hello Kitty, pada awalnya di tahun 1974 Hello Kity hanya menjual dompet kecil yang disebut Puchi Purse dan dijual seharga 240 Yen. Namun sayangnya, produk yang bernama Hello tanpa Kitty itu dipasaran tidak laku. 
Dan pada tahun 1976 mereka meniru kesuksesan yang diraih oleh Boneka Anjing Snoopy. Mereka pun menciptakan Kitty White, tokoh imajinatif kucing berwarna putih tanpa mulut. 
Alasannya, agar para pemilik bisa bebas menentukan karakter dari boneka yang ia miliki. Bila Donal Bebek menggambarkan emosional konyol, Mickey Mouse menggambarkan perasaan senang, Snoopy bersifat tenang. Lain dengan Hello Kitty, dia tidak memaksakan karakter dirinya sendiri.
3. Menciptakan Sosok Hello Kitty dalam Dunia Nyata
Rahasia kesuksesan Hello Kitty untuk meraih keuntungan besar selanjutnya, adalah menciptakan sosok Hello Kitty pada manusia, terutama para selebriti. Pernah melihat video klip Lisa Loeb yang berjudul Underdog? Dalam video tersebut sosok Hello Kitty juga ikut eksis. 
Belum lagi, Gaun Hello Kitty milik Lady Gaga, Christina Aguilera, aksesoris Hello Kitty yang dipakai oleh Britney Spears dan Mariah Carey, busana Paris Hilton, Kendall Jenner, Mandy Moore sampai Video Klip dari Avril Lavigne yang berjudul Hello Kitty dan pernah dikritik netizen karena dianggap ‘rasis’.

Luar biasa bukan para ‘iklan berjalan’ ini ikut mendulang kesuksesan besar Hello Kitty. Siapa lagi kalau bukan Perusahaan Sanrio yang mensponspori mereka, ataukah mereka memang benar-benar penggemar fanatik Hello Kitty?

Baca juga  Tips menjadi Kaya Raya dengan 10 cara paling malas di dunia
4. Misteri dan Fakta Mengerikan Hello Kitty
Sahabat kejadiananeh.com mungkin sebagian diantara kamu sudah pernah mendengar tentang kisah asli Hello Kitty, yang dikatakan sangat mengerikan. Diceritakan bahwa asal mula boneka kucing yang tidak mempunyai mulut tersebut, berdasarkan legenda di kehidupan masa lalu. 
Jadi, pada tahun 1970 ada seorang wanita yang memiliki anak perempuan dan dirinya menderita kanker mulut. Karena penyakit kanker tersebut sangat mustahil untuk disembuhkan lewat medis kedokteran. Akhirnya sang Ibu membuat ritual perjanjian dengan Iblis agar anaknya disembuhkan.

fakta hello kitty

Permintaan itu akhirnya disanggupi, dengan syarat sang Ibu harus menciptakan sosok karakter yang membuat anak-anak kecil di seluruh dunia terjebak masuk ke dalam penyembahan setan. Kata Kitty sendiri dalam terjemahan bahasa cina mengandung arti Iblis, jadi kalau Hello Kitty adalah Halo Iblis. Intinya semua anak kecil penyuka boneka Hello Kitty adalah anak-anak Iblis. 
Percayakah kamu akan berita hoax ini? Hellow ini sudah tahun 2016, masih saja dibodohi dengan dongeng nenek berondong yang gak jelas, dilihat dari riwayat tahun saja sudah salah, apalagi negara pembuatnya, sudah pasti Jepang bukan Cina jadi terjemahan bahasanya dianggap tidak valid. 
Lagian apa hubungannya coba, anak kecil jika memiliki boneka Hello Kitty = penyembah Iblis, lalu dosanya dimana? 
Kita pun memakai produk-produk buatan Amerika, Yahudi, Jepang. Mulai dari HP, kendaraan, internet, alat sarana Ibadah sampai celana dalam yang kita pakai. Apakah kita berarti menyembah mereka? Atau menjadi kaum mereka? Sebuah logika yang sangat konyol. 
Bukankah ini adalah Black Campaign agar produk-produk Hello Kitty tidak laku dipasaran. Faktanya, dengan pemberitaan Hoax tersebut tidak membuat perusahaan raksasa Hello Kitty jatuh bangkrut, malahan membuat popularitas Hello Kitty semakin terkenal dan semakin dicintai oleh para penggemarnya (Kitty-ra).
5. Menjadi Maskot Dunia
Setelah sukses besar di negerinya sendiri Jepang, Hello Kitty mulai go international untuk membangun kerajaan bisnisnya. 
Bila kita berkunjung ke Kota New York, Amerika Serikat akan selalu ada pemandangan menarik dalam parade Thanksgiving Day yang diselenggarakan tiap tahun. Dimana dalam acara tersebut akan selalu muncul wajah Hello Kitty yang berwujud balon raksasa.

Kepopulerannya semakin bertambah, setiap event olahraga nasional Hello Kitty juga ikut ‘campur tangan’. Salah satu contohnya adalah menjadi maskot sebagai pelempar bola pertama dalam pertandingan baseball di Amerika Serikat serta memberikan souvernir cuma-cuma kepada tim baseball mulai dari Jersey, Topi sampai Chasing Telepon yang tentunya menampilkan si kucing Hello Kitty.
Tak hanya berperan aktif dalam event nasional, Hello Kitty juga menelorkan produk universalnya yakni aksesoris telepon seluler yang bergambar bendera Uni Eropa. 
Dimana makna dalam gambar tersebut, mengandung arti persahabatan baik yang terjalin pada Negara Jepang dengan 28 Negara yang berada di naungan Uni Eropa. Lagi-lagi gambar si kucing tanpa mulut, bersanding mesra dengan lambang persahabatan antar negara tersebut.
6. Membangun Fasilitas Sosial
Tak hanya melulu berkutat untuk meraup keuntungan dan menghasilkan uang sebanyak-banyaknya. Perusahaan Sanrio sebagai pemegang hak cipta resmi Hello Kitty mulai membangun sarana sosial yang diperuntukkan untuk masyarakat.

Rumah sakit di Taiwan adalah salah satu contohnya dimana rumah sakit tersebut menjadi rumah sakit pertama di dunia yang memiliki nuansa tema Hello Kitty. Dari desain rumah sakit yang berlukiskan gambar Hello Kitty raksasa, sampai alat-alat yang digunakan di rumah sakit seperti selimut, tempat tidur, pakaian perawat dan Dokter.

Selain Rumah sakit, Restoran dan Cafe Hello Kitty pun sudah ada yang berlokasi di Cina dan California. Eh ada yang ketinggalan, Bus Umum dan Kereta bawah tanah (Trem) pun juga sudah dibuat yang berada di Australia dan Jepang. 
7. Mengikuti Perkembangan Tren Masa Kini
Salah satu kunci kemenangan Hello Kitty dalam meraih kesuksesan besar adalah selalu mengikuti perkembangan tren masa kini yang sedang booming. 
Dari Fashion pakaian, aksesoris, Chasing HP sampai meluncurkan produk toilet berteknologi tinggi yang dilengkapi dengan kecanggihan penghangat tempat duduk, serta air hangat untuk membasuh bekas kotoran di fantad.

Baca juga  5 Fashion Item Paling Minimal Buat Cowok Saat Pertama Kali Kencan
8. Tidak Melupakan Fans

Seorang Artis, Musisi bahkan seorang Pemimpin Besar pun, pamornya bisa hilang dalam seketika, jika ia sombong dan melupakan para penggemar setianya.

Hal inilah yang mendasari perusahaan Hello Kitty untuk giat melakukan event komunitas, yang mempertemukan para penggemar Hello Kitty setiap tahunnya. Dimana dalam acara tersebut, Hello Kitty menjadi sponsor dan mendanai biaya sepenuhnya.

9. Perjalanan Bisnis Hello Kitty ke Luar Angkasa
Setelah puas berjualan di Bumi, tampaknya Perusahaan Sanrio ingin melebarkan sayapnya dengan menawarkan produk-produk Hello Kitty kepada para Alien dan Makhluk-makhluk misterius yang tinggal di Luar Angkasa. Apakah berita ini benar? Hehehe jelas saja tidak. 
Perjalanan Hello Kitty menembus orbit luar angkasa hanyalah untuk memperingati Ulang tahunnya yang ke 40, sekaligus mempromosikan Industri Teknologi Satelit milik Jepang. Proyek seharga 40 juta dollar tersebut didanai langsung dari hasil kerjasama Perusahaan Sanrio dengan Pemerintah Jepang.

strategi bisnis hello kitty

Kerennya, Miniatur boneka Hello Kitty yang ditempatkan dalam jendela Satelit, mengambil foto selfie si kucing imut tersebut, dengan Bumi sebagai backgroundnya. Sepanjang perjalanan itu pun, Satelit juga dilengkapi dengan papan digital yang akan menampilkan pesan-pesan yang dikirim dari para penggemarnya dalam bahasa Inggris dan Jepang. Wow mantab pisan! 
Sahabat kejadiananeh.com banyak ilmu penting yang bisa kita ambil dari 9 strategi bisnis hello kitty dalam meraih kesuksesannya. Bagaimana perusahaan raksasa ini tidak tinggal diam dalam zona nyaman, dimana kesuksesan tidak membuat mereka terlena. 
Mereka mencontohkan, bahwa bergelut dalam bidang bisnis, harus terus melakukan inovasi-inovasi terbaru, mengikuti perkembangan jaman yang sedang tren. Kalau tidak ingin musnah ditelan waktu, oleh para kompetitornya. Salut untuk Hello Kitty!