Kisah Penjelajah Terkenal yang Tidak Pernah Pulang

Menjadi penjelajah atau sang “petualang” untuk menemukan tempat-tempat baru merupakan kegiatan yang umum dilakukan di zaman dahulu. Akan tetapi, nggak semua penjelajah dunia dapat pulang dengan selamat. Beberapa di antaranya justru nggak berhasil pulang kembali karena meninggal akibat penyakit atau bahkan hilang secara misterius entah kemana rimbanya. 
Sahabat kejadiananeh.com, berikut adalah kisah 10 penjelajah terkenal yang tidak pernah pulang dan tak pernah diketahui kabarnya sampai saat ini, meskipun hanya sekedar menemukan jasad dan kuburan mereka. Menyedihkan memang!
Penjelajah Terkenal Yang Tewas Terbunuh
Beberapa penjelajah dunia yang jadi inspirasi bagi banyak orang, dikabarkan nggak sempat pulang kembali ke negara asalnya karena tewas terbunuh, sebagian besarnya justru mengalami kematian akibat tak sengaja terlibat konflik dengan suku pribumi.
Lope de Aguirre
Pertama adalah Lope de Aguirre dari Spanyol. Penjelajah ini memiliki nama julukan El Loco yang berarti Si Gila. Ekspedisi yang dilakukannya ialah menyusuri sungai Amazon demi menemukan kebenaran mengenai mitos El Dorado. Ia tak pernah pulang karena tewas dalam pemberontakan. 
Kisah Penjelajah Terkenal yang Tidak Pernah Pulang
Photo: Copyright wikipedia.org
De Aguirre berusaha untuk menguasai armadanya serta memberontak kepada Raja Spanyol kala itu, Philip II. 
Sayang, De Aguirre kalah dalam pemberontakan ini dan ia dibunuh. Tokoh De Aguirre terkenal sebagai sosok anti hero dalam berbagai seni sastra, terutama karena kejahatannya dalam melakukan pemberontakan dan serangkaian pembunuhan. 
Ferdinand Magellan
Yang kedua adalah Ferdinand Magellan. Penjelajah yang satu ini lahir di Sabrosa, Portugal. Ekspedisi Magellan dilakukan dari tahun 1519 sampai 1522, dimulai dari Samudra Atlantik menuju Samudra Pasifik. 
Photo: Copyright britannica.com
Namanya terkenal sebagai orang pertama yang berhasil menyeberangi Samudra Pasifik. Namun, nasib baik nggak menyertai Magellan karena ia diketahui telah dibunuh oleh penduduk pribumi di tempatnya tiba. 
James Cook
Penjelajah terkenal berikutnya ialah James Cook. Pria asal Inggris ini awalnya ialah seorang pembuat peta, hingga akhirnya ia berhasil naik pangkat menjadi Kapten Angkatan Laut Kerajaan Inggris. James Cook diketahui sebagai penjelajah pertama yang berhasil mencapai garis pantai bagian timur negara Australia serta menemukan Selandia Baru. 
Photo: Copyright wikipedia.org
Latar belakangnya sebagai pembuat peta membuatnya mampu memetakan wilayah dengan sangat rinci. Namun, penjelajah terkenal ini harus meregang nyawa di tangan kepala suku Hawaii, sebagai buntut dari tindakan pencurian perahu yang dilakukan salah satu anggota suku tersebut. 
David Douglas
Sang Petualang selanjutnya yang juga terkenal namun tak pernah pulang bernama David Douglas. Ia adalah anak tukang batu asal Skotlandia yang berhasil melanjutkan pendidikan di bidang botani. Prestasi Douglas di bidang botani membuatnya terpilih untuk melakukan ekspedisi menuju Amerika Utara. 
Photo: Copyright oregonhistoryproject.org
Baca juga  Pengorbanan Ayah Pembohong Ini Buat Jutaan Orang Menangis

Di akhir perjalanannya, Dougas sempat pergi ke Hawaii. Namun, justru di pulau inilah sang penjelajah menemui ajalnya. Douglas secara tak sengaja menginjak tepian perangkap binatang dan jatuh ke dalamnya. 

Ia tewas ta
k lama setelahnya karena diserang binatang liar di perangkap tersebut. Walau tewas secara mengenaskan, nama David Douglas cukup populer karena prestasi dan kecerdasannya. 
Penjelajah Terkenal  di Dunia yang Mati akibat Penyakit
Selain konflik dengan suku pribumi, beberapa penjelajah juga harus meregang nyawa akibat infeksi penyakit yang dideritanya. Hal ini terutama karena pengobatan di masa itu belum secanggih seperti medis kedokteran sekarang. Disamping itu keberadaan tempat-tempat pengobatan yang tidak memungkinkan dan sulit untuk dijangkau.
Dr. David Livingstone
Dr. David Livingstone menjadi penjelajah terkenal yang diketahui nggak pernah pulang. Penjelajah yang lahir pada 1813 ini tewas di tahun 1873 karena wabah. Livingstone nggak pernah kembali ke rumahnya di Skotlandia disebabkan wabah malaria serta pendarahan akibat penyakit disentri akut. 
Photo: Copyright wikimedia.org
Ia merupakan penjelajah terkenal yang mengitari Afrika, sehingga banyak orang mengira bahwa ia tewas sebagai akibat dari serangan singa atau binatang buas lainnya. Selain sebagai penjelajah, nama Dr. David Livingstone juga tercatat sebagai seorang misionaris yang cukup populer, perintis kolonial serta seorang penulis. 
Robert Falcon Scott
Penyakit hypothermia atau kedinginan ekstrem diketahui telah merenggut nyawa Robert Falcon Scott, penjelajah yang telah memimpin hingga dua ekspedisi menuju Antartika. Scott berhasil memimpin ekspedisi keduanya menuju Antartika pada 1912. 
Photo: Copyright wikimedia.org
Akan tetapi, penjelajahan mereka keduluan Roald Amundsen dari Norwegia. Saat memulai perjalanan pulang, Scott dan timnya diketahui tewas akibat hypothermia dan kelelahan serta kelaparan. 
Walau nggak pernah pulang dengan selamat kembali ke Inggris, Scott menjadi salah satu ikon pahlawan dari negaranya. Ada banyak tugu penghormatan yang didirikan untuknya di seluruh Inggris lohh.
Sir Ernest Henry Shackleton
Penjelajah lain yang juga pernah melakukan ekspedisi menuju kutub ialah Sir Ernest Henry Shackleton. Ia diketahui telah menjelajah menuju kutub magnet di selatan serta mencatat serangkaian rute melalui beberapa pegunungan di selatan. 
Nah, catatan Shackleton inilah yang digunakan oleh Robert Falcon Scott dalam melakukan ekspedisinya sendiri. Nama Shackleton terutama terkenal banget sejak kapalnya hancur terjebak es dan ia harus bertahan hidup dengan memakan daging paus, penguin hingga anjing laut. 
Photo: Copyright biography.com
Shackleton memulai perjalanan penuh bahaya demi mencari pertolongan di mana ia menuju tempat perburuan paus bersama lima orang krunya. Setelah setahun terdampar, barulah Shackleton dan krunya berhasil bertemu dengan kapal lain dan mereka bisa menumpang pulang.  Sayang, penjelajah pemberani ini akhirnya tewas karena sakit. 
Penjelajah Terkenal Yang Hilang Dalam Ekspedisi (perjalanan penyelidikan)
Selain tewas akibat penyakit ataupun terbunuh, hilang di tengah laut adalah hal selanjutnya yang menyebabkan seorang penjelajah bisa jadi nggak pulang lagi ke negaranya.
Roald Amundsen
Roald Amundsen asal Norwegia terkenal sebagai salah satu penjelajah yang berhasil melakukan ekspedisi menuju kutub. Bahkan, Amundsen terkenal sebagai penjelajah yang berhasil mencapai dua kutub, utara dan selatan. Ekspedisi Amundsen juga terbilang lancar jika dibandingkan dengan Scott asal Inggris. 
Photo: Copyright wikimedia.org
Bersama dengan anak buahnya, Amundsen berhasil mencapai kutub selatan pada 1911 dan menancapkan bendera di sana. Walau hanya sempat memimpin satu ekspedisi menuju kutub, tapi Amundsen juta diketahui telah menghabiskan sisa hidup demi beberapa penjelajahan lainnya. 
Roald Amundsen baru mengakhi
ri perjalanannya saat ia diketahui hilang di Pulau Beruang. Mirisnya nih, Amundsen menghilang saat ia hendak membantu misi penyelamatan. 

Amelia Mary Earhart
Nggak semua penjelajah terkenal itu pasti laki-laki loh. Ada Amelia Mary Earhart yang merupakan penjelajah perempuan terkenal di Amerika dan dunia. 
Photo: Copyright biography.com
Baca juga  Gores Mobil Lexus 1,4 Miliar Gadis Cantik ini Malah Mendapatkan Hadiah Tak Terduga

Penerbang sekaligus penjelajah wanita ini nggak pernah pulang karena ia hilang di Samudra Pasifik, tepatnya di sekitar Pulau Howland. Saat itu, Earhart hendak melakukan penerbangan circum-navigational pada tahun 1937. Kisah hidup dan karirnya tetap dikenang hingga kini dan menjadi daya tarik tersendiri. 


Donald Crowhurst
Terakhir, ada penjelajah lain bernama Donald Crowhurst. Jika penjelajah lain terkenal akan keberaniannya ketika menjelajah, nama Crowhurst justru lebih dikenal akan kecerobohannya. 
penjelajah terkenal
Photo: Copyright thingkingsidewayspodcast.com
Ia sangat berambisi memenangkan perlombaan untuk mengelilingi dunia dan menggunakan kapal yang bahkan belum dites keamanannya. Ia bahkan sempat berlabuh secara ilegal di Argentina. Dengan kapal yang rusak, Crowhurst sempat dinyatakan hilang sebelum akhirnya mayatnya ditemukan di laut.
Itulah sepuluh penjelajah dunia terkenal yang nggak pernah pulang kembali ke rumah, baik karena penyakit, terbunuh akibat konflik dengan suku pribumi hingga masuk perangkap binatang ataupun hilang di tengah laut.  Keberanian mereka pastinya bisa menginspirasi kita semua dong ya untuk terus berusaha semaksimal mungkin, demi mengejar impian dan mencapai cita-cita dalam hidup.