Disangka Kuil, Dua Turis Buddha Sembahyang di Masjid

Jemaah Masjid Baitul Iman di Limbang Serawak, Malaysia dihebohkan dengan dua turis wanita asal Vietnam yang sembahyang di dalam Masjid mereka. Pasalnya diketahui mereka non muslim dan beragama Buddha serta menyangka Masjid tersebut adalah sebagai Kuil (Wihara, Klenteng) tempat ibadah umat Buddha. Saat jemaah lain sedang khusyuk sholat, mereka juga ikut khusuk sembahyangnya. Terlihat jelas dalam rekaman video mereka dalam posisi tangan menyembah sembari membungkuk 3 kali seperti yang sering dilakukan oleh penganut Buddha.

Setelah selesai berdoa dan masih dalam posisi berlutut, tiba-tiba pengurus Masjid menegur mereka dengan ramah, dan memberitahu kalau mereka salah tempat ibadah. Ini bukanlah kuil melainkan Masjid tempat ibadah umat Islam. Pengurus Masjid kemudian memberitahukan letak kuil wihara yang sebenarnya. Ternyata letaknya tidak begitu jauh hanya berseberangan jalan saja.

Dua Turis Buddha Sembahyang di Masjid

Dua turis wanita non muslim tersebut tidak bisa bahasa Malaysia, mereka menjawab dalam bahasa Inggris dan barulah si pengurus tahu kalau mereka berasal dari Vietnam. Setelah meminta maaf atas kekeliruan mereka yang menyangka Masjid sebagai Kuil, mereka pun segera pergi sambil tertawa karena merasa malu sudah nyasar.

Sahabat kejadiananeh.com, mungkin dua turis Vietnam ini sendiri juga sempat bertanya dalam hati, kenapa cara ibadah orang lain di sekitarnya berbeda dengan mereka. Yah namanya juga orang gak tahu alias nyasar kita maklumi aja. Dan salut untuk penjaga Masjidnya yang bisa bersikap ramah terhadap penganut agama lain. Btw dulu juga pernah ada kejadian unik turis asal Brunei sholat di dalam Gereja, dan lagi-lagi ini tidaklah dianggap sebagai masalah besar disana.

Video Dua Turis Buddha Asal Vietnam yang Nyasar Sembahyang di Dalam Masjid

Baca juga  Apa? Wanita Boleh Pakai Bikini di Arab Saudi?

Untuk sekedar tahu, Di negara Malaysia meskipun umat Muslimnya mayoritas seperti di negara kita Indonesia namun umat islam dengan agama lain disana toleransi dan kerukunan mereka sangat luar biasa. Di daerah Limbang Serawak serta Sabah sendiri banyak Masjid yang berdampingan dengan Kuil, Wihara maupun Gereja. Sering masyarakat Malaysia disana parkir mobil di Gereja tapi malah Sholat di Masjid, begitupun sebaliknya. Keren ya lihat kerukunan antar umat beragama seperti ini 😀